Brilio.net - Kamu pasti sudah sering mendapati dan merasakan sendiri ketika menguap lalu teman di sebelahmu juga ikut-ikutan menguap? Ya kan? Gejala normal tubuh itu memang bisa menular dan mewabah dalam satu ruangan hanya dalam waktu hitungan detik.

Tapi tahukah kamu kalau cewek lebih gampang ketularan kuap daripada cowok? Hayo, nggak nyangka kan?

Dilansir brilio.net dari dailymail, Minggu (7/2), selama percobaan yang dilakukan di Universitas Pisa di Italia itu, para peneliti menemukan bahwa laki-laki dan perempuan memiliki rata-rata spontanitas menguap yang setara, namun wanita cenderung menguap untuk 'membalas' kuap orang lain.

BACA JUGA: Menguap bisa menular, para ilmuwan mengaku belum bisa pecahkan

Menguap karena merespons orang lain adalah pertanda adanya rasa empati, yang menunjukkan bahwa wanita lebih banyak memiliki empati dan lebih bisa akrab dengan orang lain ketimbang pria.

Loading...

Empati adalah kemampuan untuk memahami dan berbagi kondisi emosi internal dari orang lain dan riset sebelumnya telah menunjukkan bahwa wanita lebih baik dalam hal ini ketimbang laki-laki.

Contohnya, riset mengungkapkan para wanita lebih sering menirukan ekspresi muka orang lain, menunjukkan bahwa wanita memperhatikan kondisi pikiran orang lain.

Tim yang dipimpin oleh Elisabetta Palagi tersebut juga meneliti apakah perempuan cenderung secara tak sadar meniru kuap orang lain. Guna mengetes teori itu, para ahli secara diam-diam mengamati orang-orang di ratusan situasi sosial dan tempat kerja selama lima tahun.

Para peneliti secara khusus mencatat kalau subyek 'membalas' kuap orang lain dalam waktu tiga menit.

Kalau kamu, sudah menguap berapa kali hari ini?