Brilio.net - Sadar atau tidak, dalam kehidupan sehari-hari terkadang ketika kita sedang bercakap-cakap dengan orang lain, kita tidak sengaja mengatakan sesuatu hal yang bisa menyinggung mereka. Meski terdengar halus ketika diucapkan tetapi apa yang dirasakan orang lain seringkali berbeda.

Nah dilansir dari laman brightside.me, Selasa (18/7), berikut ini ada 9 ucapan simpel yang nggak kamu sadari bisa menyakiti hati orang lain dan membuat mereka bete. Apa aja? Yuk simak di bawah ini.

1. "Sudah dibilangin kan!" / "Sudah kuduga pasti kayak gini!".

ilustrasi bikin tersinggung © 2017 brilio.net

Ketika seseorang melakukan kesalahan dan kita sudah mengingatkan sebelumnya. Namun apakah kita perlu untuk menunjukkan betapa pintarnya kita dan tahu semuanya daripada orang lain?

Loading...

Hal ini akan membuat orang tersebut semakin terpuruk dan merasa kecil hati. Alternatifnya, lebih baik tunjukkan dukunganmu terhadap mereka, jangan malah menambahi beban di hati mereka.

2. Mengatakan "Oke" tanpa memperhatikan lawan bicara.

ilustrasi bikin tersinggung © 2017 brilio.net

Jika kita mengatakan "Oke" dengan tatapan kosong, jangan heran jika orang lain tidak mempercayai apa yang kita katakan tadi. Karena "Oke" yang kita katakan tadi bisa berarti "Oke, nanti kukerjain" atau "Oke, aku nggak mau tahu lagi".

3. "Kamu nggak bakal tertarik deh / kamu nggak bakal ngerti kok!"

ilustrasi bikin tersinggung © 2017 brilio.net

Ketika kita sedang menyukai sesuatu dan orang lain juga penasaran dengan apa yang menjadi menarik buatmu. Kita menjawabnya dengan ucapan 'Kamu nggak bakal tertarik deh', secara nggak langsung kamu telah meremehkan kemampuan orang tersebut.

4. "Kamu kok nggak bilang-bilang!"

ilustrasi bikin tersinggung © 2017 brilio.net

Hal ini seringkali terjadi ketika kita tidak memperhatikan orang lain yang berbicara pada kita. Mereka sudah menjelaskan panjang lebar, dan ketika hal yang mereka katakan terjadi, terkadang kita malah balik mengatakan hal yang bisa menyakiti hatinya.

5. "Iya aku ngerti" / "Iya aku denger".

ilustrasi bikin tersinggung © 2017 brilio.net

Ketika orang lain sedang bercerita, mereka akan menunggu bagaimana reaksi kita. Namun adanya kalimat yang datar-datar saja dari kita bisa membuat mereka berpikir "Apa aku menghabiskan waktunya ya?"

6. "Santai aja!"

ilustrasi bikin tersinggung © 2017 brilio.net

Kalimat ini biasanya akan menggiring orang lain untuk bertindak sebaliknya. Coba tunjukkan support dan kalimat yang mengembalikan rasa percaya diri mereka jangan hanya mengatakan "santai aja lho".

7. "Hmm.. mulai deh!"

ilustrasi bikin tersinggung © 2017 brilio.net

Ketika orang lain sedang menasihati atau memberikan saran padamu, coba dengarkan. Jika kita mengatakan hal demikian, hal ini membuat orang lain merasa kita tidak ingin berada di dekatnya.

8. "Udah ngapain beli mahal-mahal, kamu lho udah cantik".

ilustrasi bikin tersinggung © 2017 brilio.net

Kita seakan meremehkan kemampuan orang lain dalam membeli sesuatu sesuai dengan kemampuan mereka. Seakan membeli suatu hal yang mahal adalah suatu kesalahan yang ada di dunia ini.

9. "Maaf-maaf kata nih ya, tapi..."

ilustrasi bikin tersinggung © 2017 brilio.net

Kalimat ini biasanya akan diikuti oleh kalimat yang tidak menyenangkan. Mengatakan maaf di awal, tapi kemudian secara tidak langsung menyakiti hati mereka.

Bonus!

Kalimat "Terserah kamu deh..."

ilustrasi bikin tersinggung © 2017 brilio.net

Kalimat ini sebisa mungkin kita hindari karena ini menandakan kita malas untuk berpikir dan berkontribusi pada percakapan. Ini juga bisa membuat orang lain akan kecewa dengan jawaban kita.