Brilio.net - Cewek dan cowok memang ditakdirkan berbeda. Bukan sekadar fisik, kebiasaan pun juga pasti berbeda. Tapi kamu nyadar nggak sih, perbedaan itu kadang bikin kamu senyum-senyum sendiri, Sobat Brilio? Bahkan gemes sambil manggut-manggut.

Mau tahu buktinya? Berikut ini brilio.net udah merangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/6), beberapa ilustrasi perbedaan cewek dan cowok dalam belanja, beserta penjelasan singkatnya. Kamu pasti bakal ngaminin deh, ya.

1. Kalau belanja di toko, begini jadinya...

beda belanja Istimewa

foto: pinterest.com

Cewek kalau belanja di toko, keliling dulu dari sudut ke sudut. Nggak peduli kaki pegel-pegel. Belum tentu juga banyak item dibeli. Sementara itu, cowok yang dasarnya suka to the point, apa yang dibutuhkan, ya itu yang dibeli.

2. Jumlah item yang dibeli.

beda belanja Istimewa

foto: trollzy.com

Umumnya, cewek suka koleksi sesuatu, baik itu baju, tas, atau sepatu. Maka dari itu, kalau beli sesuatu sekalian banyak, kendati yang dipakai hanya itu-itu aja. Soalnya, walaupun isi lemari udah mau 'meledak', tetep aja ngerasa seakan stok baju, tas, atau sepatu kurang-kurang. "Siapa tahu suatu waktu kepake," kilah cewek.

Nah, kalau cowok, yang disuka dan dibeli ya sesuai kebutuhan mereka. Semisal beli baju, ya sesuai kebutuhan aja.

3. Riset sebelum membeli produk.

beda belanja Istimewa

foto: floo

Baik cewek maupun cowok kalau mau beli sesuatu, sama-sama melakukan riset terlebih dahulu. Bedanya, kalau cewek bakal mencari tahu barang yang dibutuhkan di banyak sumber. Misalnya mau beli tas, dia bakal lihat di toko A-Z, dilihat satu per satu. Hal ini berlaku baik toko fisik maupun toko online.

Lain cerita kalau cowok. Sekalinya nemu barang bagus di satu tempat, mereka langsung beli. Nggak perlu lagi membanding-bandingkan dari toko A sampai Z.

Termasuk kalau soal merek produk. Cewek dikenal paling fokus sama merek saat membeli sesuatu. Mereka bakal menganalisis mereknya, baru memilih produk yang dibutuhkan. Kalau cowok, merek bukan perkara genting. Asal produknya sesuai yang mereka butuhkan dan pengen, sikat aja.

4. Soal temen belanja.

beda belanja Istimewa

foto: Istimewa

Cewek paling demen belanja ngajakin temennya. Soalnya bisa minta bahan pertimbangan langsung di tempat belanja. Lebih seru juga gara-gara sesama cewek demen belanja. Rasanya ada yang kurang kalau nggak ada temennya. Soalnya kalau minta ditemenin pacar, si cowok bakal ngeluh, "Beib, lama amat sih beli gitu aja," yang justru ngeganggu kekhidmatan cewek belanja.

Nah, kalau cowok mah mau belanja apa pun, tanpa temen juga fine-fine aja. Soalnya cowok simple, nggak perlu banyak pertimbangan, apalagi dari banyak pihak. Yang dibutuh apa, sekiranya berkualitas, beli dah...

5. Perkara diskon.

beda belanja Istimewa

foto: blamethe1st.deviantart.com; makeameme.org

Kalau poin satu ini jangan ditanya siapa yang lebih menggilainya? Jelas cewek. Cewek paling demen kalau ada diskon. Sementara cowok, cenderung bodo amat. Lagi-lagi, kalau produknya yang dimau dan dibutuhkan berkualitas bagus, cowok bakal ambil.

6. Belanja online.

beda belanja Istimewa

foto: smbforum.web.com

Baik cewek maupun cowok sama-sama senang belanja online. Bahkan berdasarkan sebuah riset oleh BI Intelligence di Amerika Serikat tahun 2013, sebagaimana dikutip dari Crobox, perbedaan persentase cowok vs cewek belanja online tipis, dalam hal ini belanja via mobile device, yakni sebesar 57% cewek suka belanja online, sedangkan cowok 52%.

Namun ada temuan menarik lainnya dari riset SeeWhy yakni cowok melakukan pembelian lewat smartphone sebesar 22%, sementara cewek hanya 18%. Itu artinya, cowok pada faktanya melakukan belanja online lebih sering ketimbang cewek. Sebagai contoh lebih riil, Ecommerce-Platforms.com menunjukkan persentase perbandingan belanja online cewek dan cowok via smartphone terhadap beberapa kategori produk sebagai berikut:

- Elektronik: cewek 8%, cowok 27%
- Makanan dan minuman: cewek 8%, cowok 13%
- Tiket film dan acara-acara: cewek 11%, cowok 23%
- Konten digital: cewek 20%, cowok 30%

Namun yang perlu menjadi catatan, data di atas nggak mencakup produk yang berorientasi pada cewek seperti komestik atau fashion.

Nah, walaupun hasil riset di atas sedikit mematahkan anggapan cewek gila belanja termasuk belanja secara online, kamu cewek maupun cowok tetep bisa menikmati belanja online seru, dalam hal ini khusus untuk konten digital di Telkomsel.

Kamu bisa #JajanOnline langsung di Google Play™ dengan pulsa Telkomsel buat beli aplikasi favorit kamu. Nggak cuma aplikasi lho, kamu bisa beli musik, game, sampai film. Selain itu, ada festival #JajanOnline di Google Play, dengan hadiah tiket liburan ke Disneyland Hongkong. Periodenya dari 27 Februari 2017 sampai 6 Agustus 2017. Keren, kan? Penasaran? Cek yuk di sini.

7. Jenis produk yang dibeli, bahkan saat mood jelek.

beda belanja Istimewa

foto: dailymail.co.uk; footage.framepool.com

Ini juga jadi perbedaan, lho. Umumnya cewek lebih suka beli barang-barang terkait fashion, sedangkan cowok terkait teknologi.

Nah, kalau belanja terkait saat mood jelek, cewek kalau lagi mood jelek bakal mengandalkan terapi ritel dan toko pakaian. Nggak heran dong, kalau ada yang bilang, "Jalan-jalan ke mal adalah terapi stres paling manjur." Itu jadi sinyal awal, nantinya belanja pakaian atau barang-barang kesukaan bisa jadi terapi bad mood tersendiri buat mereka.

Sedangkan kalau cowok lagi bad mood, mereka cenderung belanja makanan dan minuman. Hmmm... kamu juga, guys?

7 Ilustrasi perbedaan cewek vs cowok kalau lagi belanja