Brilio.net - Menikmati hidup yang sementara ini tentu sangat bernilai lebih bila kamu bisa memberi manfaat untuk sekitar. Lingkungan masyarakat yang majemuk, interaksi sosial sehari-hari sudah menjadi rutinitas tak terlewatkan. Namun kesibukan dalam sebuah pekerjaan, misalnya, dapat menyedot waktumu di kantor, sehingga kamu tak bisa lagi berinteraksi langsung di lingkunganmu.

Kamu tak perlu risau dengan segala aktivitasmu yang serba padat, banyak hal yang bisa kamu lakukan di waktu senggangmu. Selain baik buat hidupmu, kamu juga bisa bermanfaat dan kehadiranmu begitu bermakna bagi orang lain. Butuh sedikit kesiapan mental dan kedisiplinan untuk menerapkan hal sekecil apapun yang terbaik buatmu.

Bagaimana sih yang sebenarnya yang bisa dilakukan untuk membuat hidupmu begitu bermakna bagi orang lain. Yuk simak di bawah ini, Rabu (23/3).

1. Lakukan rutinitas positif

lenovo turbo © 2016 brilio.net

foto: quotesgram.com

Rutinitas positif banyak caranya, misalnya kamu bisa mengawali hari-harimu dengan lari pagi keliling komplek. Ikut kegiatan bersih-bersih jalan, dan tentunya sangat baik jika kamu bisa ikut aktif dalam kegiatan sosial masyarakat di sekitar tempat tinggalmu.

2. Genjot produktivitas

lenovo turbo © 2016 brilio.net

foto: lmt-lss.com

Sangat bagus jika kamu bisa fokus dan meningkatkan produktivitasmu sehari-hari. Bakal banyak kemudahan yang akan kamu temui, bahkan kamu bisa memberikan bantuan untuk orang lain yang kesulitan berkembang. Tergantung dalam pekerjaan seperti apa yang kamu garap dan juga

3. Jalin silaturahmi

lenovo turbo © 2016 brilio.net

foto: veganurbanite.com

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk mempererat hubungan dengan orang lain yaitu dengan menjaga tali silaturahmi, baik dengan tetangga maupun masyarakat di lingkunganmu, dengan teman kerja, dan keluarga besar tentunya. Hal ini bisa menjadi jalan buatmu untuk tetap ikut dan peduli akan pentingnya interaksi sosial. Saat ini, kamu juga bisa menjalin komunikasi dengan sanak saudara yang jauh menggunakan perangkat telekomunikasi seperti smartphone.

Tidak hanya berkomunikasi dengan suara, kamu bisa melakukan video call. Tergantung smartphone yang kamu miliki dan performa yang menjadi bawaannya. Seperti halnya smartphone Lenovo VIBE P1 Turbo yang memberikan fitur dual kamera mumpuni.

4. Memahami dan lakukan tanggung jawab di lingkunganmu

lenovo turbo © 2016 brilio.net

foto: blogs.unpad.ac.id

Ikut andil dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan dan turut memberikan kontribusi sesuai kewajiban adalah hal penting. Kamu akan mendapatkan tempat tersendiri di hati orang-orang sekitar yang merasa kontribusimu bisa berdampak positif, sekecil apapun itu.

5. Tunjukkan ekspresimu

lenovo turbo © 2016 brilio.net

foto: wargaberdaya.wordpress.com

Tak usah ragu untuk menunjukkan eksperesi, hal tersebut demi kebaikan bersama. Terutama akan sebuah keputusan maupun kebijakan yang kamu kira bisa lebih baik, atau dengan sumbangan ide yang membangun demi kemaslahatan bersama.

6. Buka diri

lenovo turbo © 2016 brilio.net

foto: alfikronline.com

Bergaul dengan orang lain tak ada salahnya, perhatian dan respons seperti apapun akan sangat mengena di mata orang yang baru kamu kenal. Apalagi dengan masyarakat lingkunganmu yang sudah lama hidup dan bersua setiap harinya. Yakin deh, kamu akan diterima baik seperti apapun keadaanmu.

7. Berpartisipasi dalam kegiatan sosial

lenovo turbo © 2016 brilio.net

foto: humaspolresbantul.blogspot.com

Kegiatan sosial menjadi wadah yang baik untuk memberikan kontribusi langsung kepada orang lain, tak hanya terbatas di lingkunganmu semata. Banyak kegitan sosial yang bisa kamu ikuti. Sedikit aksimu dalam kegiatan sosial pun tentu sangat berguna dan bermakna, tanda kepedulianmu terhadap sesama.

8. Tak malu meminta tolong

lenovo turbo © 2016 brilio.net

foto: sheroes.in

Saling bantu membantu adalah hal lumrah, apalagi salah satu dari orang di sekitarmu mengalami kesulitan. Tak terkecuali kamu yang suatu saat bisa saja ditimpa kesulitan, sehingga tak salahnya untuk meminta tolong orang lain. Saling meringankan beban orang lain cukup baik dan sangat bermanfaat, terutama dalah hidupmu.

9. Bergaul

lenovo turbo © 2016 brilio.net

foto: blogs.fco.gov.uk

Tak usah pandang bulu untuk sekedar berinteraksi, dari lapisan bawah hingga atas tak ada bedanya. Siapa saja bisa kamu ajak bergaul untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru. Tutur kata dan obrolan ringan memiliki dampak dan respon yang baik, kamu bisa mengetahui apa saja hal yang sedang terjadi di sekitar.

10. Kamu siap menjadi pendengar yang baik

lenovo turbo © 2016 brilio.net

foto: askavocalcoach.com

Setiap orang memiliki keluh kesah tersendiri, baik di dalam diri kamu maupun orang lain. Menjadi pendengar yang baik bisa membuat orang yang berbicara kepadamu merasa dihargai dan dimengerti, paling tidak kamu bisa memberikan sedikit solusi yang baik untuk hal-hal yang menjadi topik pembicaraan.

Biar interaksi jarak jauh kamu dengan orang-orang tersayang lebih efektif dan menyenangkan, pastikan kamu memakai gadget yang mendukung. Kamu bisa klik di sini untuk rekomendasi terbaik.