1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Kepribadian
Kurnia Putri Utomo 06 Oktober 2017 07:02

10 Cara ampuh menenangkan diri sendiri, generasi galau wajib coba

Biasanya kelelahan dalam hidup dialami oleh generasi muda berusia 20-30 tahun. Fase ini secara psikologis disebut sebagai 'quarter life crisis'.

Brilio.net - Ada masa dimana orang merasa payah dalam hidupnya. Biasanya kelelahan dalam hidup dialami oleh generasi muda berusia 20-30 tahun. Fase ini secara psikologis disebut sebagai 'quarter life crisis'. Jika tidak bisa bertahan pada fase ini, seseorang bisa putus asa hingga depresi.

Mengutip dari Theguardian, Kamis (5/10), sekitar 86% dari 1.100 orang menyatakan merasa depresi di usia menuju 30 tahun. Nah depresi tersebut bisa karena kesibukan yang semakin padat dan juga resah akan pilihan hidup.

Jika orang tidak bisa mengatasi 'quarter life crisis', akibatnya akan kehilangan semangat hidup. Maka dari itu perlu upaya untuk menenangkan diri sendiri. Yuk simak 10 caranya di bawah ini.

1. Makan apapun yang kamu inginkan.

foto: successyeti.com

Jika sudah merasa lelah, coba manjakan dirimu dengan makanan. Ingat-ingat lagi makanan apa yang paling kamu sukai. Nah langsung beli aja, jangan tunda-tunda sampai stres memuncak. Konon makanan dapat meredakan amarah.

2. Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain.

foto: Pinterest/@Alyson Ashman

Setiap orang memiliki karakter bawaan dan ciri khas sendiri. Cara seseorang untuk bersinar juga berbeda. Jika kamu tidak bisa mencapai apa yang orang lain capai, jangan bersedih. Kamu sudah sempurna dengan caramu.

3. Bercermin dan semangati diri sendiri.

foto: Pinterest/@NPR Pins

Melalui cermin kamu dapat melihat seluruh tubuh dan juga rona wajahmu. Tersenyumlah di depan cermin sehingga bayanganmu seolah ikut tersenyum kepadamu.

Amati segala yang kamu dapatkan saat ini dan syukuri bahwa kamu bisa sehebat sosok yang di cermin itu. Cara sederhana ini bisa membangkitkan semangat lho.

4. Membaca buku.

foto: Pinterest/2etsy.com

Melalui buku, kita dapat membuka pikiran tentang perpektif yang berbeda. Hal ini berguna untuk mengalihkan perhatian sejenak dari kehidupan yang kacau. Melalui buku, kamu dapat berimajinasi sehingga membebaskan beban pikiran yang diderita selama ini.

5. Habiskan waktu dengan orang-orang yang menyenangkan.

foto: colourbox.com

Stimulus emosi dari orang-orang tercinta dapat meningkatkan semangat. Hal ini karena kita merasa disayangi dan juga ada seseorang yang mendampingi dalam keadaan apapun. Maka dari itu jika merasa stres, segera datangi orang-orang tercinta.

BRILIO VIDEO

Pria Beruntung, Lolos Dari Tabrakan Maut
Duh, hampir saja ketabrak.

6. Jangan stres dengan apa yang tidak bisa kamu ubah.

foto: thoughtco.com

Untuk merubah sesuatu butuh proses dan kesabaran. Itu pun tidak selalu berhasil. Apabila kamu sudah berusaha dalam kerjaan dan hasilnya tidak sesuai, tidak masalah. Terima hasilnya dan belajar dari kesalahan. Siapkan rencana dan harapan baru.

7. Habiskan waktu bersama diri sendiri.

foto: ioufinancial.com

Hampir setiap hari kamu berjumpa dengan banyak orang dan melakukan kegiatan bersama. Di tengah kesibukan itu, terkadang kamu lupa untuk memanjakan diri sediri.

Nah coba deh agak menarik diri dari kesibukan dan rawatlah dirimu. Misalnya dengan melakukan spa, berendam dan lain sebagainya. Pastikan kegiatan itu eksklusif, hanya untuk diri sendiri ya.

8. Lakukan kegiatan sesuai passionmu.

foto: marketfinance.co.in

Jika saat ini kamu masih mengeluh dengan kesibukanmu, coba ingat-ingat lagi. Apakah kesibukanmu saat ini ialah yang kamu harapkan dan sesuai pasionmu?

Jika tidak maka segera akhiri saja kesibukan itu. Menjadi bahagia itu gampang. Temukan kesibukan sesuai passionmu dan lakukan dengan bahagia.

9. Lakukan hal-hal yang menantang.

foto: lifeadventure.us

Coba cek jadwal liburan, dan atur agenda untuk melakukan hal-hal menantang. Misalnya mencoba naik gunung, berselancar, atau ke taman wisata dan naik wahana yang menantang. Hal itu dapat meningkatkan adrenalin, sehingga segala emosi keluar. Nggak ada beban terpendam deh.

10. Jujur.

foto: wikihow.com

Jika kamu tipe orang yang kerap memendam perasaan, mulai sekarang ubahlah kebiasan itu. Beranikan diri untuk mengatakan apapun yang kamu rasakan. Siapa tahu ada jalan keluar dari keresahanmu itu.

Tidak masalah orang berkata apa, yang penting kamu sudah mencoba jujur minimal pada diri sendiri. Diam dengan berjuta gelisah bukan menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah lho.

(brl/ton)

YOU MAY ALSO LIKE

Deretan Coffee Shop InstaGenic di Jogja
Deretan Coffee shop di Jogja yang keren ini bisa jadi rekomendasi buat kamu. -SUBSCRIBE- http://bit.ly/1S5PBgw -WEBSITE- http://brilio.net -FACEBOOK- http://bit.ly/1Uicrop -TWITTER- https://twitter.com/brilionet?lang=id -INSTAGRAM- https://www.instagram.com/brilionet/?...
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    33%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    33%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    33%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

10 Cara ampuh menenangkan diri sendiri, generasi galau wajib coba.
Biasanya kelelahan dalam hidup dialami oleh generasi muda berusia 20-30 tahun. Fase ini secara psikologis disebut sebagai 'quarter life crisis'.
https://www.brilio.net/kepribadian/10-cara-ampuh-menenangkan-diri-sendiri-generasi-galau-wajib-coba-171005p.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


Jangan cuma disimpen sendiri,
Posting karyamu dan menangin uang tunai
di platform baru, Brilio Creator!

Ikutan Di Sini
TOP

Would you like to switch to the English Version?