Brilio.net - Meski statusnya mengontrak, penghuni rumah tetap harus bertanggung jawab atas kebersihan rumah tersebut. Mereka harus membersihkan dan merawatnya bak rumah sendiri. Meski demikian masih saja banyak orang yang nggak mau tahu soal kebersihan dan perawatan rumah kontrakannya. Semua diserahkan ke pemilik.

Alhasil, kalau pemilik nggak sering-sering ngecek, bisa-bisa bakal jadi kumuh. Seperti yang baru saja dialami oleh pria pemilik rumah kontrakan asal Penang, Malaysia ini. Rumah miliknya jadi lautan sampah usai ditinggal penghuni yang bermasalah.

Diceritakan oleh pengguna Facebook Hang Dhanim, rumah temannya tersebut disewa oleh orang. Awalnya tak ada rasa curiga apa-apa. Namun kemudian, penyewa rumah yang berlokasi di Bukit Gedong Flat, Pulau Pinang itu mulai menunggak bayar bulanan.

Hingga akhirnya orang yang menyewa rumah tersebut pergi begitu saja, tanpa memberikan kunci ke pemilik. Tapi betapa kagetnya ketika pemilik datang untuk mengambil alih rumahnya kembali. Rumah kontrakan tersebut sudah seperti penampungan sampah. Terlihat sampah menggunung di setiap ruangan. Bau busuk juga tercium dari luar rumah.

Seperti pada foto-foto yang diunggah oleh pemilik akun Hang Dhanim, bangunan tersebut sudah tidak pantas disebut rumah. Kondisi rumah sungguh memprihatinkan. Tentu saja kondisi seperti itu membuat sang pemilik bingung harus membersihkan dari mana.

Loading...

Diceritakan juga kalau membersihkan rumah kontrakan itu menghabiskan dana jutaan rupiah. Itu hanya untuk menyewa jasa pembersih rumah dan membeli alat kebutuhan bersih-bersihnya. Belum terhitung untuk biaya perawatan dan penggantian perabot yang banyak di antaranya sudah rusak parah.

Usai diunggah belum lama ini, postingan Hang Dhanim itu menuai banyak reaksi dari warganet. Hingga kini, unggahan itu telah dibagikan lebih dari 3.600 kali. Hang Dhanim dan warganet sepakat kalau menjuluki penyewa rumah itu sebagai 'penyewa dari neraka.'

"Orang macam ini pantasnya tinggal di dekat tempat sampah saja," ujar akun Rozy Abu Bakar.

"Mau tinggal. Mau makan. Tapi kebersihan tidak dijaga," kata akun Afee Reyn.

"OMG gimana dia bisa tinggal di situ? Atau dia sengaja berbuat semacam itu. Aduh aku nggak habis pikir," tulis akun Kak Ngah.