Brilio.net - Sumatera Barat memang terkenal dengan Provinsi Seribu Destinasi Wisata. Karena dari 19 kabupaten kota selalu terselip keindahan alam yang menawan, mulai dari pemandangan dari atas bukit hingga dalamnya lautan.

Nah salah satu keindahan alam di Sumatera Barat, yaitu Mentawai juga tak kalah indahnya. Bahkan, Mentawai menjadi salah satu destinasi wisata olahraga kelas dunia. Ombaknya yang indah membuat para peselancar menjadikan Mentawai salah satu destinasi untuk surfing.

Mentawai © 2016 brilio.net

Ombaknya memanjakan peselancar (foto: Instagram/@felipealvarez)

Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sumatera Barat, Syafruddin, mengatakan pulau yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia itu memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Secara natural, pariwisata selancar memiliki potensi ekonomi yang besar. Sebab, dengan adanya peselancar yang traveling untuk mencari air bersih membuat banyak resort hadir di sana,” ujar Syafruddin kepada brilio.net saat ditemui di konferensi pers Sumatera Barat Expo 2016 di Jakarta.

Mentawai © 2016 brilio.net

Wajar jadi spot favorit peselancar (foto: Instagram/@tiago_kerber)

Untuk para peselancar yang ingin menikmati gelombang setinggi 3-4 meter di pulau ini, tak perlu menunggu musim ombak. Setiap pengunjung bisa menikmatinya sepanjang tahun. “Tak perlu menunggu April sampai Oktober, karena gulungan ombak yang menawan tersebut ada sepanjang tahun,” jelasnya.

Ternyata, bukan hanya berselancar saja, wisatawan yang ingin menikmati keindahan bawah laut juga bisa di pulau ini. “Di sana wisatawan bisa merasakan sensasi kayak, snorkling, diving, memancing, bahkan menelusuri pantai. Semua aktivitas juga bisa dinikmati wisatawan nusantara maupun manca negara,” katanya.

Mentawai © 2016 brilio.net

Jadi betah berlama-lama di pulau kecil ini (foto: Instagram/@abuwls)

Namun, jika mencari tempat hiburan mungkin Mentawai tidak memiliki banyak atraksi, karena pulau di sini sangatlah kecil maka atraksi tempat hiburan seperti pub, restoran atau club akan jarang ditemui di sini.

Tak hanya menikmati sensasi pantai saja, kamu juga bisa belajar budaya dari suku asli di pulau yang menjadi lahirnya tato tertua di dunia. Mereka masih hidup dengan budaya tradisional, dan tinggal di dalam hutan.

Kamu berminat ke Mentawai?