×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tau nggak sih? Dulunya tempat-tempat ini bangunan sejarah lho!

View Image

0

BRILIO » Jalan-Jalan

Tau nggak sih? Dulunya tempat-tempat ini bangunan sejarah lho!

CHIJMES/foto: yoursingapore.com

Menyuguhkan eksotisnya sejarah yang dibalut dalam bangunan-bangunan unik.

(brl/pep)

31 / 10 / 2016

Brilio.net - Mengunjungi Singapura, kamu tak akan bisa berkata-kata karena kagum akan pesona yang ditawarkan oleh negara ini. Keindahan alam hingga kotanya dijamin akan membuat kamu takjub dan betah, serta tak ingin cepat-cepat pulang saat berlibur di sana.

Tak hanya menyuguhkan kecantikan saja, Singapura ternyata juga menyuguhkan eksotisnya sejarah yang dibalut dalam bangunan-bangunan unik. Tak kamu sadari, dulunya, tempat-tempat dan bangunan berikut ini memiliki sejarah, lho. Penasaran bangunan apa saja?

Yuk, intip bangunan-bangunan di Singapura yang bersejarah berikut ini, yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (31/10) khusus buat kamu. Check this out!

1. National Gallery Singapore.

Tempat Bersejarah Singapore © 2016 brilio.net

foto: nationalgallery.sg

Kalau ke Singapura, jangan lupa untuk mengunjungi National Gallery Singapore. National Gallery Singapore ini ialah institusi seni visual baru dengan koleksi seni modern Singapura dan Asia Tenggara yang sayang banget kamu lewatkan.

Gallery ini mendatangkan lebih dari 8.000 koleksi Nasional Singapura, yang menjadikannya salah satu koleksi publik terakbar dan paling berharga di dunia dalam seni modern Singapura dan Asia Tenggara sejak abad ke-19 hingga sekarang.

Nah, National Gallery Singapore ini terletak secara strategis di jantung Civic District, di City Hall, dan eks Old Parliament House, yakni dua bangunan ikonis yang memainkan peran monumental dalam sejarah Singapura.

2. Gillman Barracks.

Tempat Bersejarah Singapore © 2016 brilio.net

foto: yoursingapore.com

Kalau kamu hobi melihat pertunjukan seni dan pameran, tak ada salahnya kamu mengunjungi Gillman Barracks saat berada di Singapura. Terletak di tengah kota, area Gillman Barracks mempunyai luas sekitar 6,4 hektar dan belasan gedung bekas barak. Nama Gillman Barracks sendiri berasal dari nama seorang tentara ternama Inggris Sir Webb Gillman.

Tempat ini awalnya adalah hutan dan rawa yang dibangun untuk menempatkan batalion pertama, dan resimen menengah yang dikirim untuk melipatgandakan kekuatan infanteri tentara Inggris di Singapura. Tempat ini menjadi ajang pertempuran sengit antara resimen Inggris dan tentara Jepang selama tiga hari, sebelum Singapura jatuh ke tangan Jepang pada 1942 pada masa Perang Dunia II, lho.

3. CHIJMES

Tempat Bersejarah Singapore © 2016 brilio.net

foto: yoursingapore.com

Jangan lupa juga untuk mengunjungi CHIJMES kalau kamu liburan ke Singapura. CHIJMES adalah sebuah bangunan bergaya Neo-Klasik yang kini menjadi salah satu rumah makan paling estetis dan unik di Singapura, sekaligus menjadi tempat hiburan.

Berada di samping Raffles Hotel, CHIJMES adalah versi lain dari London's Covent Garden, dengan halaman rumput hijau, air terjun marmer dan halaman spasial bukti keanggunan dunia kuno, lho.

Dirancang oleh George Coleman (yang juga merancang Old Parliament House dan Armenian Church), awalnya CHIJMES ini adalah Caldwell House, rumah tinggal ajudan Hakim Senior. Kemudian, dijadikan rumah para biarawati dan rumah Ibu Negara sebelum menjadi dua bangunan tambahan, yakni panti asuhan dan kapel bergaya Gothic.

4. Fullerton Hotel

Tempat Bersejarah Singapore © 2016 brilio.net

foto: thefullertonheritage.com

Nggak cuma jalan-jalan, kamu juga bisa menginap di salah satu hotel unik yang ada di Singapura ini. Namanya The Fullerton Hotel Singapore. Hotel ini adalah sebuah hotel mewah bintang lima di dekat mulut Singapore River, Downtown Core, Central Area, Singapura. Kebayang kan indahnya hotel ini. Gedung ini awalnya bernama The Fullerton Building dan General Post Office.

Nama Gedung Fullerton diambil dari nama Robert Fullerton, gubernur pertama Negeri-Negeri Selat (1826–1829). Awalnya, bangunan ini dirancang sebagai gedung kantor oleh Major P.H. Keys dari Keys & Dowdeswell, sebuah kantor arsitek dari Shanghai, yang memenangi proyek tersebut dalam suatu kompetisi arsitektur.

Pada hari-hari terakhir sebelum Inggris menyerah kepada Jepang pada tahun 1942, gedung ini digunakan sebagai rumah sakit. Selama pendudukan Jepang di Singapura, Gubernur Sir Shenton Thomas dan istrinya mengungsi di ruang tidur milik Singapore Club di gedung ini, lho.

5. Raffles Hotel

Tempat Bersejarah Singapore © 2016 brilio.net

foto: yoursingapore.com

Hotel lain yang juga bersejarah di Singapura adalah Raffles Hotel. Hotel ini dinamai berdasarkan pendiri Singapura, Sir Thomas Stamford Raffles. Hotel ini dibangun oleh Sarkies Brothers yang juga mengelola hotel mewah lainnya di wilayah ini selama era kolonial.

Meskipun Raffles Hotel Singapura dibuka pada tahun 1887, namun tata letaknya terus berubah, dengan sayap hotel, suite, dan fasilitas lainnya yang mengalami penambahan selama bertahun-tahun. Saat ini, Raffles Hotel Singapura adalah ikon warisan, dan keanggunan yang termahsyur. Pokoknya sayang banget kalau kamu nggak mengunjungi hotel ini ketika ke Singapura.

Tempat-tempat bersejarah yang menarik, ya? Kamu bisa lho mengunjungi tempat-tempat bersejarah nan unik tersebut, dan juga bisa banget liburan ke sananya bareng sama artis idolamu. Kok bisa?

Bisa banget! Kamu tinggal ikutan Travel Battle #SGAduSeru. Caranya juga gampang banget, kamu tinggal mengupload foto seru kamu di Instagram untuk memenangkan hadiah traveling ke Singapura. Jangan lupa sertakan hashtag #SGAduSeru, ya. Info lengkapnya bisa kamu lihat di sini. Dan jangan lupa untuk up date info traveling di Singapura hanya di sini.

 

Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    25%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    25%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

MORE
Wave more