×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Road trip seru ramah kantong jelajahi Perth & 5 spot wisata lain

View Image

0

BRILIO » Jalan-Jalan

Road trip seru ramah kantong jelajahi Perth & 5 spot wisata lain

foto: shutterstock.com

Banyak tempat menakjubkan yang wajib kamu kunjungi.

(brl/tin)

25 / 03 / 2019 16:41

Brilio.net - Australia kerap kali menjadi pilihan destinasi wisata bagi orang Indonesia. Jarak yang dekat dan keindahan alam negara asal suku Aborigin ini jadi daya tarik tersendiri bagi turis mancanegara.

Satu di antara banyaknya kota wisata Australia yang sudah tidak asing adalah Perth. Ibu kota Negara Bagian Australia Barat ini merupakan kota di Australia yang paling dekat dengan Jakarta. Dari Perth, kamu bisa mengunjungi wilayah di Australia Barat lainnya yang memiliki alam menakjubkan.

Nah, biar perjalananmu lebih terasa 'Australia', kamu bisa menyewa mobil dan melakukan road trip bersama teman satu geng atau sahabat menyusuri indahnya alam Australia Barat. Road trip di negara bagian terbesar di Australia ini akan memberi pengalaman berbeda dan penuh petualangan.

Nggak perlu bingung kalau mau sewa mobil di Australia. Sewa mobil di negara kangguru ini ternyata umum banget buat turis. Ada banyak penyewaan mobil yang bisa kamu pilih sesuai budget dan kebutuhanmu. Proses booking-nya pun bisa dilakukan online di situs masing-masing perusahaan rental.

Biaya sewa mobil di Australia bisa mencapai Rp 600 ribu per hari/mobil untuk tipe standard, tapi di luar biaya bensin. Oh ya, tipe mobil dan lama waktu penggunaan juga bisa mempengaruhi biaya sewa. Namun yang perlu diperhatikan saat menyewa mobil di Australia adalah asuransi. Jadi pastikan kamu mengambil add-on insurance yang meng-cover segala risiko sampai AUD 0 atau sampai Rp 0 (nol rupiah).

Selain itu, kamu juga harus menyiapkan SIM internasional yang bisa kamu urus di Indonesia. Australia menganut paham RHD (Right Hand Driver) seperti halnya di Indonesia. Jadi kamu nggak perlu kembali beradaptasi saat menyetir di Australia.

Kalau urusan sewa mobil sudah beres, sekarang saatnya rencanakan perjalanan road trip-mu. Kamu bisa jelajahi Perth dan lima spot wisata lainnya di Australia Barat seperti di bawah ini sebagaimana sudah disarikan Brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (25/3).

Road trip seru ini bisa kamu nikmati selama empat sampai lima hari dengan estimasi biaya yang ramah di kantong, di luar biaya tiket pesawat dan belanja pribadi.

1. Swan Valley.

road trip Perth berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Wilayah yang terletak di sebelah timur laut Perth ini bakal memanjakan para pencinta kuliner. Swan Valley merupakan salah satu tempat primadona kuliner di Australia Barat. Kawasan kebun anggur tertua di negara bagian terbesar Australia ini memiliki ragam tempat produksi produk lokal seperti wine, cokelat, dan madu yang bisa kamu kunjungi.

Spot wisata yang berjarak 25 menit berkendara dari Perth ini menyajikan panorama alam khas kebun anggur yang indah dan udara segar. Di sini kamu bisa menyusuri rute Swan Valley Food and Wine Trail. Jalur wisata melingkar sejauh 32 kilometer ini mencakup lebih dari 150 tempat yang terdiri dari 70 restoran dan kafe, juga berbagai kebun anggur yang bisa disambangi.

Jangan lupa juga untuk berkunjung ke Desa Kolonial Guildford. Gerbang menuju Swan Valley ini memberi pemandangan klasik bergaya kolonial. Di sini kamu bisa belanja berbagai karya seni dan barang antik serta menjelajahi pasar setempat.

2. Fremantle.

road trip Perth berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Fremantle adalah kota pelabuhan bersejarah yang berada di muara Swan River. Berlokasi di selatan Perth, kamu bisa berkendara melintasi Stirling Highway hanya dalam waktu setengah jam dari pusat kota Perth.

Di wilayah ini kamu bisa menyusuri bangunan-bangunan tua yang menyimpan sejarah. Seperti World Heritage Fremantle Prison, penjara pertama di negara bagian ini merupakan bangunan terbesar yang dibangun narapidana. Atau berkunjung ke Museum Maritim Australia Barat yang menghadap ke Samudera Hindia. Di museum ini kamu bisa melihat yacht pemenang America's Cup, Australia II, sebuah kapal selam kelas Oberon dan bangkai kapal Batavia Belanda dari abad ke-17 yang kondang.

Kunjungi juga restoran dan kafe di sepanjang Fishing Boat Harbour untuk mencicipi hidangan laut Fremantle yang terkenal. Jangan lewatkan berfoto ‘bersama’ mendiang vokalis utama band legenda rock 'n' roll AC/DC, Bon Scott. Ya, kamu bisa mengabadikan momen dengan patung perunggu Scott yang terletak di Fishing Boat Harbour.

Perjalananmu akan semakin seru dengan warna-warni lukisan mural di sekitar kota yang akan memanjakan penglihatanmu selama berada di Fremantle. Belum lagi, ketika kamu mengunjungi Cappucino Strip, deretan kafe dan restoran outdoor bisa kamu temukan di pusat hiburan Fremantle ini. Datanglah saat weekend pada malam hari untuk merasakan suasana riuhnya Cappucino Strip sembari menikmati makan malam.

Tidak jauh dari Cappucino Strip, terdapat Fremantle Markets. Pasar yang hanya beroperasi pada weekend ini menyajikan lebih dari 150 kios yang menawarkan beragam produk. Mulai dari sayur mayur segar, jajanan lokal, perhiasan, suvenir, hingga fashion. Bukan sembarang pasar, Fremantle Markets merupakan bangunan cagar budaya yang kaya sejarah.

3. Nature’s Window, Kalbarri.

road trip Perth berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Spot wisata alam yang terletak di Kalbarri National Park ini adalah salah satu pesona alam paling ikonik di Australia Barat. Nature’s Window merupakan lengkungan batu alam yang terbentuk dari tumpukan batu paras Tumblagooda.

Jangan lewatkan mengabadikan momen di depan Nature’s Window untuk hasil foto memukau dan Instagramable. Pastikan kamu menggunakan sepatu gunung, pakaian yang nyaman, dan topi ketika mengunjunginya. Jangan lupa juga membawa bekal air putih yang banyak. Pasalnya kamu akan hiking dengan jarak rute perjalanan 8 km pulang-pergi.

Untuk menuju Nature’s Window membutuhkan waktu perjalanan sekitar 6-7 jam dari Perth. Meski memakan waktu lama, panorama yang disajikan destinasi alam satu ini akan membayar semua rasa lelah selama di perjalanan.

4. The Pinnacles.

road trip Perth berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Berlokasi di Nambung National Park, kamu akan merasa berada di planet lain ketika mengunjungi The Pinnacles. Fenomena alam yang membentuk bebatuan berusia 30 ribu tahun di hamparan gurun berpasir kuning ini akan membuatmu terkagum-kagum.

Dengan ukuran dan bentuk bermacam-macam, ribuan susunan batu kapur alami ini membuatmu merasa berada di bulan. Kamu bisa berkendara atau berjalan kaki di sepanjang jalan melalui ribuan susunan batu tersebut, untuk melihat semakin dekat dan jelas. Keindahan alam ini semakin lengkap dengan pemandangan samudra sebagai latar belakangnya.

Memakan waktu perjalanan sekitar dua jam berkendara dari Perth, untuk memasuki kawasan wisata alam unik ini kamu harus merogoh kocek sebanyak AUD 11,55 atau Rp 116.500 per mobil. Harga yang tidak seberapa untuk pemandangan menakjubkan. Oh ya, pastikan kamu datang saat sunset untuk mendapat suasana dan panorama yang lebih cantik.

5. Margaret River.

road trip Perth berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Cukup berkendara selama tiga jam ke selatan Perth, kawasan Margaret River akan menyajikan panorama alam paling bervariasi di Australia. Kawasan yang dikenal dengan suguhan anggur, pantai, dan pausnya ini akan menyempurnakan perjalanan road trip-mu.
Kamu bisa menjelajahi Meelup Beach dan pantai-pantai lain yang sangat pas untuk berenang, snorkeling, atau sekadar berjalan santai sambil menikmati hembusan angin pantai.

Jangan lewatkan juga kesempatan menyaksikan pemandangan terbenamnya matahari di sepanjang garis cakrawala dari ketinggian di puncak Cape Leeuwin Lighthouse di Augusta. Mercusuar tertinggi di pulau utama Australia ini merupakan tempat terbaik untuk menyaksikan migrasi paus dari Mei hingga September.

Margaret River juga menawarkan pemandangan hamparan bunga liar terbaik di Cape Naturaliste. Memiliki jalur pejalan dengan beragam jarak dan tingkat kesulitan, di sini kamu juga dapat menjumpai beberapa paus di sepanjang Whale Lookout Walk. Dengan medan yang tidak sulit ditempuh, jalur pejalan paling termasyhur di Cape Naturaliste ini mempunyai pemandangan elok garis pantai yang dramatis.

6. The Pink Lake di Hutt Lagoon.

road trip Perth berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Hutt Lagoon atau yang lebih dikenal dengan The Pink Lake ini terletak di muara Hutt River. Warna merah jambu dari danau seluas 70 km ini masih berasal dari alga Dunaliella salina. Mikroba penghuni Pink Lake ini mengandung beta karoten yang biasa digunakan untuk mewarnai makanan dan sumber vitamin A pada produk kosmetik.

Danau ini merupakan penemuan dalam penjelajahan George Grey pada 1839. Warna merah muda danau ini akan berubah-ubah tergantung waktu dan musim. Warnanya terkadang seperti merah muda permen karet atau bisa juga berubah jadi merah muda keunguan.

Waktu terbaik menikmati keindahan The Pink Lake adalah ketika waktu matahari terbit dan terbenam. Dibutuhkan waktu sekitar 5-6 jam perjalanan berkendara untuk melihat danau pink ini secara langsung.

Nah, itu tadi beberapa spot wisata yang bisa jadi tujuanmu saat road trip di Australia Barat. Gimana nih? Jadi nggak sabar untuk road trip bareng teman dan keluarga, kan?

Untuk total biaya kasar road trip di Perth dan sekitarnya seperti di atas adalah sebesar Rp 4,5 juta. Jumlah ini sudah termasuk biaya sewa mobil sebesar Rp 3 juta (asumsi Rp 600.000 untuk 5 hari) dan biaya sewa sharing hotel bintang 3 bareng 4 orang teman sebesar Rp 1,5 juta per orang selama 5 hari. Atau jika nggak sampai 5 hari, kamu bisa dikenai biaya mencapai Rp 1,2 juta/malam per orang.

Sisa Rp 1,5 juta dari bugdet Rp 6 juta bisa kamu gunakan untuk biaya makan, camilan, parkir, bensin, dan tiket masuk The Pinnacles, mengingat destinasi lainnya bisa kamu nikmati gratis. Perlu diingat juga jika total biaya bisa berubah tergantung musim keberangkatan.

Nah, perjalananmu menjelajahi Perth dan spot wisata menarik lain di Australia Barat akan semakin hemat dan mudah dengan menggunakan AirAsia, lho.

#BikinJadiNyata impianmu melakukan road trip di Australia Barat dengan tiket ramah di kantong dari AirAsia. Dapatkan tiketnya dengan mengunjungi airasia.com atau langsung pesan di aplikasi AirAsia.

Jadi, sudah siap road trip menjelajahi indahnya alam #SuatuHaridiAustraliaBarat?Untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi www.westernaustralia.com/IN.

 



Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

MORE
Wave more