×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Nggak cuma menghibur, 10 wisata Singapura ini bikin kamu smart

View Image

0

BRILIO » Jalan-Jalan

Nggak cuma menghibur, 10 wisata Singapura ini bikin kamu smart

foto: gardensbythebay.com.sg

Menyelam sambil minum air, seneng-seneng sambil nambah "nutrisi" otak.

(brl/pep)

05 / 10 / 2016

Brilio.net - Jalan-jalan ke Singapura nggak afdol kalau cuma belanja dan wisata kuliner doang. Cobain dong beberapa tempat wisata Negeri Singa yang nambah wawasanmu. Jadi ceritanya menyelam sambil minum air, seneng-seneng sambil nambah "nutrisi" otak.

Nah, berikut ini ada 10 tempat wisata di Singapura yang bikin kamu tambah smart, sebagaimana dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (5/10). Cek, yuk!

1. Gardens by The Bay.

WISATA SINGAPURA BIKIN SMART © 2016 brilio.net

foto: gardensbythebay.com.sg

Gardens by The Bay adalah tempat wisata yang menggabungkan desain futuristik apik dengan keindahan alam. Berlokasi di Marina Bay Dua, tempat ini bukan cuma menyuguhkan spot-spot menarik seperti supertree groove yang menjulang sekitar 25-50 meter, OCBC Skyway yang menghubungkan supertree grove satu dengan yang lain, dan air terjun terbesar pertama di dalam ruangan, melainkan ada spot-spot yang memuaskan rasa ingin tahu tentang lingkungan dan budaya Singapura di sini.

Kamu bisa ke bagian Gardens by The Bay bernama Heritage Gardens yang berisi keberagaman sejarah dan budaya Singapura terkait tanamannya. Di sini kamu akan menemui taman-taman bertema yang menunjukkan kemajemukan dan sejarah di Singapura, misalnya Taman Chinese, Taman Malay, Taman India, dan Taman Kolonial.

Misalnya di Taman India, kamu akan menemukan tanaman khas tradisi India, yang terpengaruh dengan budaya Hindu. Di Taman Chinese, kamu akan merasakan kentalnya budaya China yang terdiri dari batuan dan pohon-pohon bambu. Sementara di Taman Malay, kamu akan merasakan suasana tropis karena menemui banyak buah tropis seperti rambutan, jambu, sampai durian. Kalau kamu ke Taman Kolonial, kamu akan menemui tanaman-tanaman aromatik pada masa lampau Singapura, seperti cengkeh, kopi, sampai kelapa.

WISATA SINGAPURA BIKIN SMART © 2016 brilio.net

(Searah jarum jam) Taman India, Taman Chinese, Taman Malay, dan Taman Kolonial/foto-foto: gardensbythebay.com.sg

Selanjutnya kamu bisa eksplor lagi Gardens by The Bay ini dengan merasakan sensasi suhu 5 (lima) derajat Celcius, guys! Tepatnya di Cloud Forest, bagian dari konservatori. Lokasinya di dalam bangunan kaca besar nan megah yang tanpa tiang, lho.

Cloud forest ini memberikan sensasi hutan belantara yang mirip aslinya. Saking rendahnya suhu yang disetting di sini, bikin suasana berkabut menambah sensasi seperti di hutan beneran, lho. Selain itu ada sekitar 32.000 tanaman yang mencakup sekitar 160 spesies, kultivas, dan varietas. Ada pula "Cloud Mountain" yang berisikan anggrek, pakis, dan bromelia. Nggak kebayang kan, kamu nemu hutan dan nuansa alam menggigil di tengah canggihnya kota? Pasti asyik kalau piknik sama keluarga atau orang terkasih ke sini. Bikin pikiran jadi segar kembali, setuju?

WISATA SINGAPURA BIKIN SMART © 2016 brilio.net

Air terjun buatan dalam ruangan terbesar yang bikin kamu takjub bukan main/foto: gardensbythebay.com.sg

2. Art Science Musem.

Jangan lupa mampir ke 10 tempat ini saat ke Singapura, bikin kian hits © 2016 brilio.net

foto: Istimewa

ArtScience Museum adalah tempat yang berfungsi sebagai galeri seni yang nggak cuma menyuguhkan keindahan tapi juga ilmu pengetahuan. Keunikan dari tempat ini adalah desain bangunannya yang seperti tangan terbuka. Maknanya pun senada dengan tangan terbuka, yakni Singapura terbuka bagi kedatangan wisatawan yang berkunjung. Ujung-ujung "jari" bangunan ini difilter dengan cahaya alami untuk menampilkan cahaya terbaik.

Di sini kamu dan keluarga atau temen-temen bakal menemukan yang namanya Future World. Future World sendiri berkonsep sebuah pameran permanen baru. Di sini kamu akan menemui 15 instalasi seni spektakuler yang dihidupkan dan berevolusi dalam waktu nyata melalui interaksi dengan pengunjung. Ada empat tema yang ada di sini, yakni Nature, Town, Park, dan Space.

3. Marina Barrage.

10 tempat hits Singapura © 2016 brilio.net

foto: yoursingapore.com

Marina Barrage adalah waduk atau bendungan modern, bertatanan artistik, dan berteknologi tinggi yang berfungsi untuk membantu meringankan banjir di beberapa daerah dataran rendah di Singapura. Waduk ini juga memasok sekitar 10% kebutuhan air warga Singapura, lho.

Keunikan waduk ini adalah selain bermanfaat untuk hajat hidup masyarakat Singapura, tempat rekreasi di area outdoornya, ternyata juga memberikan wawasan keilmuan. Di dalam bangunan Marina Barrage terdapat galeri yang disebut Sustainable Singapore Gallery (SSG) yang memberikan informasi dan pengalaman nggak terlupakan tentang upaya Singapura mampu menopang atau mengelola lingkungan.

SSG terbagi menjadi enam galeri, yang memberikan informasi tentang pengelolaan lingkungan di Singapura. Pertama, galeri informasi yang menunjukkan bagaimana tantangan lingkungan sekarang ini. Di tengah galeri terdapat "organic tree". Galeri ini memiliki permainan warna sebanyak tiga warna yang menyimbolkan ketidakpastian lingkungan alam sekarang ini.

WISATA SINGAPURA BIKIN SMART © 2016 brilio.net

foto: pub.gov.sg

Kedua, galeri yang mengajak kembali ke masa lalu tentang Sungai Singapura dan Kallang. Pada tahun 1970-an, kedua sungai tersebut begitu kumuh penuh sampah, serta bau yang nggak sedap. Berkat Perdana Menteri Lee Kuan Yew, masyarakat Singapura diajak untuk membersihkan sungai dan menata lingkungan supaya lebih bersih dan nyaman ditinggali. Di galeri inilah simbol sejarah itu terasa.

WISATA SINGAPURA BIKIN SMART © 2016 brilio.net

foto: pub.gov.sg

Ketiga, galeri yang berisi tentang pengetahuan membuat saluran air bersih di seluruh sudut Singapura. Bahkan kalau kamu ke sini, kamu juga bisa mendapatkan informasi untuk menerapkan cara membuat saluran air ideal sendiri di rumah, lho. Program bernama Active, Beautiful, Clean Waters ini diluncurkan oleh badan di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Air Singapura, PUB. Tugasnya adalah mengelola pasokan air Singapura, resapan air, dan air yang digunakan secara terintegrasi di Singapura.

WISATA SINGAPURA BIKIN SMART © 2016 brilio.net

foto: pub.gov.sg

Keempat, galeri yang menyuguhkan wawasan Marina Barrage bekerja. Jadi, kamu bakal tahu gimana konstruksi dan cara operasi dari bendungan satu ini. Mulai dari hujan turun dan air "dikelola" di waduk, semuanya ada di galeri empat ini.

WISATA SINGAPURA BIKIN SMART © 2016 brilio.net

foto: pub.gov.sg

Kelima, galeri ini menunjukkan bagaimana Singapura sebagai sebuah negara berupaya dalam mengelola lingkungan hidup yang bemanfaat bagi warganya. Kamu akan tahu gimana Singapura merencanakan secara matang pengelolaan lahan terbatas dan memaksimalkan potensinya, sekaligus cerita pembangunan berkelanjutan Singapura yang terdiri dari lima lokasi berbeda, yakni Central Business District, Punggol 21+, Semakau Landfill, Jurong Island dan Central Catchment.

WISATA SINGAPURA BIKIN SMART © 2016 brilio.net

foto: pub.gov.sg

Nah, galeri keenam ini akan semakin memuaskan hasrat keingintahuanmu tentang gimana pemerintah Singapura merangkul seluruh elemen di masyarakat dan pihak swasta sebagai investor untuk berkomitmen merawat lingkungan dan air.

WISATA SINGAPURA BIKIN SMART © 2016 brilio.net

foto: pub.gov.sg

Galeri-galeri di atas ditata apik sedemikian rupa supaya kamu bisa dengan nyaman dan mudah menerima informasi yang disuguhkan. Rasanya jadi nggak pengen buru-buru keluar dari galeri Marina Barrage deh, kalau galeri pengetahuannya sebagus di atas. Setuju, kan?

4. Civic District.

WISATA SINGAPURA BIKIN SMART © 2016 brilio.net

Gedung parlemen tua yang dulu berfungsi sebagai kantor pemerintah dan pengadilan/foto: yoursingapore.com

Ke Singapura nggak lengkap kalau nggak belajar tentang gimana Singapura modern pertama kali dimulai. Civic District adalah jawaban rasa penasaranmu tentang titik awal Singapura semaju sekarang.

Kawasan ini adalah master plan urban terbaik yang dirancang Sir Stamford Raffles pada tahun 1822. Berlokasi di dekat Sungai Singapura, di salah satu sudut Civic District terdapat gedung bersejarah yang klasik sekaligus artistik. Gedung ini adalah gedung parlemen Singapura yang dibangun pada tahun 1827 untuk kantor pemerintah dan pengadilan. Nah, malam harinya di sekeliling Civic District penuh cahaya lampu indah yang bikin suasana jadi megah untuk diabadikan dalam foto.

Perlu kamu ketahui, selain gedung parlemen dan jembatan Sungai Singapura yang bisa kamu nikmati keindahannya, Civic District ini juga menjadi "rumah" untuk National Museum Singapore dan Singapore Art Museum, lho. Di dua tempat ini kamu akan menemukan wawasan baru tentang sisi lain Singapura.

5. National Gallery Singapore.

WISATA SINGAPURA BIKIN SMART © 2016 brilio.net

Bangunan neo-klasik National Museum Singapore/foto: nationalgallery.sg

Apa yang kamu tahu tentang sejarah Singapura? Hanya soal sejarah bahwa Singapura didirikan oleh Thomas Stamford Raffles? Kalau ingin tahu sejarah Singapura lebih banyak, kamu bisa ke National Gallery Singapore. Museum tertua di Singapura ini akan membawamu ke Singapura tahun 1887. Kamu juga disuguhi gambaran kehidupan masa kini Singapura lewat karya seni yang ada.

Bangunan museum yang sering jadi tuan rumah acara seni sampai film ini juga punya struktur yang menggabungkan unsur bangunan lama dan baru. Bangunan ala Eropa bercampur modernitas yang bikin kesan neo-klasik tambah asyik untuk menemani "belajar" sejarah Singapura.

6. Singapore Art Museum.

WISATA SINGAPURA BIKIN SMART © 2016 brilio.net

Bangunan Singapore Art Museum yang elegan/foto: themuse.com.sg

Kamu yang suka banget sama seni, bisa nambah wawasan seni di Singapore Art Museum, lho. Di sini kamu akan disuguhi seni kontemporer Asia Tenggara. Ada pameran-pameran seni yang menyertakan seniman sekaligus kurator andal di sini. Tentu aja pamerannya berganti-ganti setiap beberapa bulan. Ada yang berupa seni lukisan, patung, maupun karya seni tiga dimensi dan media bergerak. Tak jarang juga ada pameran internasional hasil kerja sama dengan museum terkemuka di dunia.

Nah, bangunan Singapore Art Museum sendiri memiliki arsitektur kuno Eropa yang dulunya berfungsi sebagai sekolah misi, St Joseph's Institute. Meski dibangun sejak 1867, bangunan ini masih berdiri kokoh dan mendapatkan perawatan yang baik. Usai melihat-lihat karya seni yang ada, kamu bisa tuh foto-foto di sekitar gedung Singapore Art Museum bareng keluarga, temen, atau kekasih.

7. MINT Museum of Toys.

WISATA SINGAPURA BIKIN SMART © 2016 brilio.net

foto: yoursingapore.com

Bosen sama museum berbau sejarah? Kamu bisa nambah wawasanmu ke museum Moment of Imagination with Toys (MINT) Museum of Toys di kawasan Seah Street, Singapura. Museum yang memiliki koleksi mainan vintage dan memorabilia dari seluruh dunia ini diyakini sebagai museum dengan koleksi terbesar dari jenisnya se-Asia Tenggara.

Usut punya usut, koleksi berbagai macam mainan dan memorabilia tersebut milik warga Singapura bernama Chang Yang Fa. Museum pribadi ini menawarkan setidaknya 50.000 buah mainan vintage, lho. Umur dari mainan tersebut beberapa di antaranya sudah 100 tahun! Untuk memorabilia sendiri berasal dari 40 negara, salah satunya yang jauh adalah dari Bulgaria.

Di MINT Museum of Toys kamu bisa melihat koleksi mainan Batman, Astro Boy, sampai komik vintage sekaligus disertai kisah pada era di mana mereka diciptakan. Wah, bikin nostalgia mainan zaman dulu makin gereget, nih. Sekalian kalau main ke sini, kamu bisa ajakin keponakan atau anakmu. Biar mereka tahu mainan generasi sebelum-sebelumnya yang legend abis.

8. Books Actually.

WISATA SINGAPURA BIKIN SMART © 2016 brilio.net

Beragam jenis buku dijual di sini/foto: bluesyemre.com

Untuk menambah asupan "nutrisi" otak dan koleksi perpustakaanmu, dateng ke Books Actually. Toko buku ini menyediakan beragam genre buku yang dijual. Bukan cuma buku, peralatan tulis, CD atau DVD, sampai tote bag juga ada di sini. Kamu yang mau kirim kado buat temen di luar negeri, bisa tuh shipping ke luar negeri langsung dari Books Actually.

Nilai plus toko buku yang didirikan oleh Kenny Leck dan Karen Wai ini udah bikin vending machine buku, lho. Mesin ini sudah ada di National Museum of Singapore dan Singapore Visitor Centre, Orchard Road. Kamu nggak pengen ke sana?

9. Singapore Botanic Gardens.

WISATA SINGAPURA BIKIN SMART © 2016 brilio.net

Spot untuk perform konser musik klasik yang menyatukan musik dan alam/foto: yoursingapore.com

Kamu pengen piknik sekeluarga atau sama temen ke taman raya? Mending ke Singapore Botanic Gardens. Bukan hanya piknik, kamu bisa joging bahkan ngajakin hewan kesayangan jalan-jalan merasakan kesegaran di sini. Soalnya ada hamparan 60.000 lebih tanaman.

Ada beberapa alasan lain kenapa kamu kudu main ke taman tertua di Singapura yang pernah menjadi situs warisan dunia UNESCO ini. Pertama, kamu bisa melihat tanaman yang termasuk tanaman eksklusif seperti anggrek dengan nama tokoh terkemuka dan selebritis yang telah berkunjung, yakni Vanda William Catherine (terinspirasi nama Pangeran William dan Kate, sang istri) dan Paravanda Nelson Mandela (tokoh anti-apartheid Afrika Selatan).

Kedua, kamu bisa foto selfie sama pohon Tembusu. Apa kelebihannya? Pohon Tembusu adalah pohon asli Singapura yang hidup tumbuh dan subur si Botanic Gardens. Pohon inilah yang ada di lembar pecahan 5 dolar Singapura. Ketiga, kamu bisa berkunjung ke tempat awal mulai terjadi ledakan karet di Asia Tenggara. Ledakan di sini maksudnya produksi karet yang gila-gilaan dan membawa kemakmuran ekonomi di wilayah Asia Tenggara. Kawasan Botanic Gardens ini memang titik mula pembibitan karet pada tahun 1877. Sejak saat itu, penanaman karet semakin berkembang antara tahun 1880 sampai 1890-an.

Keempat, kamu yang pengen banget ke negeri asal Pangeran Harry, ke Botanic Gardens aja dulu. Soalnya kebun raya rancangan Lawrence Niven pada tahun 1859 ini adalah satu-satunya di Asia Tenggara yang bernuansa gaya Inggris, dengan permukaan tanah yang lembut, jalanan berkelok, dan penyebaran tanaman secara alami.

Kelima, kamu bisa kencan antimainstream di sini! Iya, soalnya berdasarkan sejarahnya pada tahun 1950 dan 1960-an, Botanic Gardens adalah tempat bertemunya keluarga yang akan menjodohkan anggota keluarganya dengan orang pilihan. Selain itu juga tempat bertemu secara rahasia pasangan-pasangan kekasih. Sekarang ini juga ada spot untuk konser musik klasik. Jadi, kamu bisa nonton langsung Singapore Symphony Orchestra di tengah taman nan hijau. Asyik kan, buat kencan romantis?

10. Esplanade.

WISATA SINGAPURA BIKIN SMART © 2016 brilio.net

Esplanade memiliki 1.600 kursi Concert Hall dan 2.000 kursi Teater/foto: yoursingapore.com

Bentuk bangunannya unik seperti buah durian—demikian masyarakat Singapura menyebutnya—Esplanade merupakan tempat pertunjukan musik, tarian, dan teater tersohor. Kamu yang pengen menikmati sekaligus belajar tentang pertunjukan musik, tarian, dan teater, wajib ke sini.

Pertunjukan yang disuguhkan di sini terdiri dari pertunjukan lintas budaya dan genre. Ada konser yang dibawakan New York Philharmonic Orchestra sampai teater drama Tionghoa yang terinspirasi oleh sesepuh teater Tionghoa Singapura, Kuo Pao Ku. Berlokasi di Marina Bay, bikin suasana menonton karya seni bareng orang terkasih makin romantis.

WISATA SINGAPURA BIKIN SMART © 2016 brilio.net

Lokasinya di bibir kawasan perairan, bikin pertunjukan yang berlangsung makin indah/foto: yoursingapore.com

Selain itu, kamu bisa mengelilingi kompleks Esplanade dengan mengambil tur Esplanade Walk. Kamu akan diguide mengelilingi Concert Hall, Teater, dan fasilitas-fasilitas di sini. Kamu juga akan mendapatkan informasi tentang sejarah gedung dan informasi lain tentang pertunjukan yang pernah ada di sini.

Wah, keren-keren semua 10 tempat di atas! Jadi, kapan kamu mau piknik ke 10 tempat tersebut? Jangan lupa up date info lengkap soal traveling ke Singapura di sini

 

Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    50%

  • Love

    0%

MORE
Wave more