Brilio.net - Lupakan sebentar tentang indahnya Bali. Karena kamu wajib melipir sebentar ke eksotisnya Pulau Sumbawa yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pulau yang dibatasi oleh Selat Alas di sebelah barat, Selat Sape di sebelah timur, Samudra Hindia di sebelah selatan, serta Laut Flores di sebelah utara ini rupanya memiliki keindahan tak terbantahkan lho. IiSebab letaknya yang dibatasi oleh banyak perairan, membuat Pulau Sumbawa menjadi salah satu pulau yang kaya akan tempat-tempat wisata yang menarik, unik, dan cantik.

Berikut ini adalah 10 tempat wisata eksotis yang wajib kamu sambangi ketika mengunjungi Sumbawa, yang berhasil dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (20/3). Check this out!


1. Pulau Moyo

foto: lombok.panduanwisata.id

Pulau Moyo, pulau tersembunyi dengan beragam keindahan alamnya yang memikat. Pulau ini terletak di sebelah utara Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat. Perlu diketahui, pulau ini merupakan salah satu tujuan wisata internasional yang sudah sangat mendunia, bahkan mendiang Putri Diana juga pernah merasakan eksotisme pulau mungil ini.


2. Pulau Kenawa

foto: wisatapriangan.co.id

Pulau Kenawa dapat ditempuh dari Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur menuju Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa Barat menaiki kapal feri dengan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan. Selanjutnya dari Pelabuhan Poto Tano menuju pelabuhan nelayan yang menyediakan jasa penyeberangan menuju Pulau Kenawa dengan tarif sekitar 400.000 rupiah yang dapat memuat sekitar 15 penumpang sekali angkut untuk perjalanan pulang pergi tanpa batas waktu.  


3. Pulau Paserang

foto: indonesia.style.com

Pulau Paserang merupakan salah satu pulau dari gugusan pulau yang diberi nama Gili Balu dengan delapan pulau berjajar di muka Pelabuhan Poto Tano. Untuk mencapainya hanya memerlukan lima belas menit menggunakan speed boat kecepatan sedang.


4. Pantai Sekongkang

foto: panoramio.com

Serupa permata, pantai yang berada di sudut Pulau Sumbawa ini belum banyak diketahui orang. Itulah sebabnya pantai ini terkesan eksotis dan seperti pantai pribadi. Pantai Sekongkang berada di Desa Sekongkang Bawah, Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Pantai Sekongkang ini tergolong pantai yang tersembunyi di sudut barat daya Pulau Sumbawa lho.


5. Pantai Sili-Maci

foto: ngadem.com

Pantai Sili dan Maci berlokasi di Dusun Teloi, Desa Mata, Kecamatan Tarano, Kabupaten Sumbawa. Dua pantai ini letaknya memang sangat berdekatan sehingga lebih sering disebut sebagai Pantai Sili – Maci. Pantai Sili – Maci ini dikenal memiliki gulungan ombak yang besar dan panjang sehingga pantai ini menjadi salah satu tujuan surfing.

TUH, YAKIN BELUM MINAT MENCOBA PIKNIK KE SUMBAWA JUGA?

CEK FOTO-FOTO WISATA BERIKUTNYA.. DIJAMIN BIKIN TAMBAH KAMU PENGEN SEGERA KE SANA

KLIK NEXT

2 dari 2 halaman



6. Pelabuhan Tano

foto: www.flickr.com

Pelabuhan Tano berada di sebelah barat Pulau Sumbawa. Pelabuhan ini adalah pelabuhan yang menjadi gerbang utama dan pintu masuk wisatawan yang akan mengunjungi Sumbawa dari Lombok. Cantiknya? Tak perlu ditanya. Hamparan laut biru dipagari bukit-bukit yang hijau nan gagah menjadi daya tarik tersendiri bagi Pelabuhan Tano ini.


7. Pantai Yoyo

foto: takwasajidin.blogspot.com

Pantai Yoyo merupakan pantai  eksotis yang sering menjadi tempat bertelurnya berbagai jenis penyu. Banyak sekali jenis penyu yang mendarat di sana untuk bertelur lalu menyimpan dan memendam telur tersebut di pasir pantainya.


8. Danau Satonda

foto: kemanaajaboleeh.com

Danau Satonda yang terletak di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat ini punya air yang rasanya lebih asin dari air laut. Tingkat kebasaan air danau ini lebih tinggi dari air laut. Kenapa air danau ini bisa asin? Pada saat letusan besar Gunung Tambora beberapa ratus tahun lalu, air laut yang berada di sekitar danau ini meluap dan terperangkap dalam danau.


9. Dalam Loka

foto: sumbawaku.com

Sejarah ternyata tidak pernah tidak meninggalkan peninggalan yang memiliki nilai seni tinggi. Salah satunya bangunan Istana Tua Dalam Loka di Sumbawa ini. Istana yang berdiri kokoh di tengah Kota Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat, ini merupakan saksi sejarah yang memperlihatkan kejayaan Kesultanan Sumbawa pada zaman dulu.


10. Pantai Maluk

foto: triptrus.com

Pantai Maluk terdapat di Desa Maluk, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat. Dari Pantai Maluk ini wisatawan bisa melihat pesona keindahan Teluk Maluk. Bukan hanya itu, Pantai Maluk kerap dijadikan oleh wisatawan sebagai arena berselancar. Pecahan ombak di pantai ini menggulung hingga ketinggian di atas dua meter. Ombak tersebut terus bergulung-gulung hingga seolah menyedot para peselancar yang mencoba menaklukkannya. Tak heran apabila peselancar kelas dunia senantiasa mengagendakan kegiatan di Pantai Maluk.