Brilio.net - Kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau membuat negeri ini dikaruniai alam yang indah. Tak ayal ada banyak sekali taman nasional di Indonesia yang siap untuk dijelajahi. Taman nasional ini ada beberapa yang digunakan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan juga rekreasi.

Dari beberapa taman nasional yang ada, rata-rata terdiri dari daratan hutan lebat. Dan sebagian merupakan perairan indah yang bisa kamu jelajahi. Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Rabu (27/1), 15 taman nasional di Indonesia paling indah yang dijamin bikin pengen kamu jelajahi. Cek deh!

BACA JUGA: 45 Lokasi di Indonesia ini jadi kandidat taman wisata dunia

1. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Keindahan 15 taman nasional ini bikin pengen cepat-cepat piknik!

Loading...

foto: triptrus.com

Mulai dari tanah papua di sebelah timur Indonesia, ada Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang bisa kamu jelajahi. Taman Nasional Teluk Cenderawasih merupakan taman laut terluas di Indonesia dengan spesies yang beragam. Lokasinya berada di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Teluk Wondama dan Kabupaten Nabire. Daya tarik utamanya adalah berenang bersama hiu paus. Selain itu kamu juga bisa menikmati pantai, air terjun, dan kolam air panas yang ada di sekitar taman nasional ini.

2. Taman Nasional Komodo

Keindahan 15 taman nasional ini bikin pengen cepat-cepat piknik!

foto: jalan2.com

Menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO, Taman Nasional Komodo memiliki luas 173.300 hektare are. Luas ini meliputi wilayah daratan dan lautan dengan lima pulau utama yakni Pulau Komodo, Padar, Rinca, Gili Motang, Nusa Kode dan juga pulau-pulau kecil lainnya. Taman nasional yang terletak di perbatasan Provinsi NTB dan NTT ini sesuai namanya merupakan tempat konservasi untuk melindungi spesies komodo.

Selain dapat menikmati keindahan alam dari Taman Nasional Komodo, kamu juga bisa mencoba menantang adrenalinmu untuk berhadapan langsung dengan komodo. Nggak hanya komodo, kamu juga dapat menyaksikan setidaknya 254 spesies tumbuhan yang berasal dari Asia dan Australia di Taman Nasional Komodo. Selain itu, juga terdapat 58 jenis binatang dan 128 jenis burung. Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Nasional Pulau Komodo adalah dari bulan Maret hingga Juni atau dari bulan Oktober hingga Desember. Yuk, mulai tandai kalendermu!

3. Taman Nasional Alas Purwo

Keindahan 15 taman nasional ini bikin pengen cepat-cepat piknik!

foto: indonesia.travel

Terbang menuju Pulau Jawa tepatnya di ujung timur, di sana ada Taman Nasional Alas Purwo. Taman ini terletak di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Kawasan yang terkenal mistis ini sebenarnya menyimpan keindahan yang eksotis. Menelusuri hutan di kawasan ini mirip menelusuri sebuah etalase rimba raya. Sepanjang perjalanan diisi pepohonan kayu dengan batang besar dan tua berusia ratusan tahun.

Selain rimbunnya hutan, Alas Purwo juga memiliki satu spot yang sangat menarik untuk dikunjungi, yaitu Pantai G-Land. Pantai ini sangat terkenal akan keindahan ombaknya. Tak ayal para wisatawan asing banyak mengunjungi pantai ini dan menjadi tempat berselancar paling menarik selain Bali.

4. Taman Nasional Baluran

Keindahan 15 taman nasional ini bikin pengen cepat-cepat piknik!

foto: ijenvolcanotour.com

Selain Alas Purwo, daerah Jawa Timur masih memiliki beberapa taman nasional lainnya, salah satunya yaitu Taman Nasional Baluran. Taman Nasional yang terletak di Situbondo dan Banyuwangi, Jawa Timur ini terkenal dengan sebutan Africa van Java. Sebutan ini memang nggak salah, pasalnya di sana memang terkenal dengan keindahan savananya, persis seperti yang ditemui di Benua Afrika. Bahkan Savana Baluran seluas 10.000 hektare saat ini menjadi savana terluas di Pulau Jawa.

5. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Keindahan 15 taman nasional ini bikin pengen cepat-cepat piknik!

foto: travel.nationalgeographic.com

Siapa yang nggak kenal Gunung Bromo dan Semeru? Semua orang rasanya sangat mengenal dua gunung paling sering dikunjungi ini. Dua gunung ini sama-sama terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Taman nasional yang juga masih berada di Provinsi Jawa Timur ini memiliki luas wilayah sekitar 50.276,3 hektare are. Bersama dengan gunung lainnya seperti Gunung Arjuno, Semeru dan Bromo menjulang dengan gagah di kawasan ini.

6. Taman Nasional Gunung Leuser

Keindahan 15 taman nasional ini bikin pengen cepat-cepat piknik!

foto: panal.net

Taman Nasional Gunung Leuser terletak di antara Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Tamiang, Provinsi Aceh dan Kabupaten Dairi, Karo, Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Taman Nasional Gunung Leuser ini ditetapkan sebagai Cagar Biosfer pada tahun 1980 oleh UNESCO.

Taman nasional ini menjadi lokasi konservasi dan pembangunan keanekaragaman hayati. Di taman nasional ini, kamu dapat merasakan serunya sensasi menjelejah membelah hutan lebat dan menemukan sungai dan air terjun. Jika kamu beruntung kamu bisa menjumpai satwa liar yang dilindungi seperti orang utan dan gajah sumatera ketika mengunjungi tempat ini.

7. Taman Nasional Way Kambas

Keindahan 15 taman nasional ini bikin pengen cepat-cepat piknik!

foto: penabiru.com

Jika kamu ingin mengenal lebih dekat dengan gajah, maka Taman Nasional Way Kambas adalah tempat yang tepat untuk kamu kunjungi. Taman nasional yang terletak di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur ini memang berfungsi sebagai pusat perlindungan gajah. Selain itu, kawasan seluas 125.621 hektare ini juga merupakan ekosistem hutan dataran rendah yang terdiri dari hutan rawa air tawar, padang alang-alang, dan hutan pantai.

Waktu yang tepat untuk menjelajahi Way Kambas adalah pada bulan Juli hingga September. Selain itu, di taman nasional ini juga terdapat International Rhino Foundation yang berguna untuk menjaga badak agar nggak punah.

8. Taman Nasional Ujung Kulon

Keindahan 15 taman nasional ini bikin pengen cepat-cepat piknik!

foto: thousandisland.co.id

Pindah ke ujung barat Pulau Jawa, kamu bisa mengunjungi Taman Nasional Ujung Kulon. Kawasan ini menjadi habitat asli sekaligus perlindungan bagi badak jawa yang saat ini sudah tinggal puluhan ekor saja yang tersisa. Istimewanya, kawasan seluas 122.956 hektare ini telah mendapat penghargaan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1991.

Ketika mengunjungi taman nasional ini, kamu akan pertama kali bertemu dengan Pulau Peucang. Pulau Peucang merupakan pulau pertama yang akan ditemui oleh para wisatawan yang hendak berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon. Di Pulau Peucang ini kamu dapat menemukan pantai berpasir putih yang indah dan menanti untuk kamu sambangi.