Brilio.net - Masih ingat dengan para jurnalis Jepang yang terkagum-kagum dengan keindahan alam Banyuwangi, Jawa Timur? Ternyata alam Indonesia memang sangat elok nan cantik. Setelah Banyuwangi, kini giliran Labuan Bajo, Flores yang dikagumi sembilan wartawan dari China.

BACA JUGA: Ketika jurnalis Jepang mengagumi keindahan alam Banyuwangi

Para jurnalis Negeri Tirai Bambu ini begitu terkesima dengan kecantikan gunung dan pemandangan bawah laut Labuan Bajo yang sudah kesohor di seantero dunia. Sejak pertengahan Juni lalu mereka mengikuti acara familiarization trip yang digelar Kementerian Pariwisata (Kemenpar).  

Mereka nggak cuma merasakan sensasi keindahan Labun Bajo tapi juga bisa menikmati eksotisnya binatang purba komodo di habitat aslinya. Keindahan bawah laut Labuan Bajo bahkan baru-baru ini mendapat penghargaan sebagai tempat snorkeling kedua terbaik di dunia setelah Raja Ampat versi CNN International.

“Saya tidak menyesal dengan hasil itu. Karena nomor satunya Raja Ampat, sama-sama Indonesia. Keduanya mengalahkan kepulauan Galapagos di Pasifik Selatan,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya saat ditemui awak media di Gedung Sapta Pesona beberapa waktu lalu.

Labuan © 2016 brilio.net

Tahun ini, Kemenpar menargetkan kunjungan 1,7 juta wisatawan asal China, 275.000 orang dari Taiwan dan 125.000 orang dari Hong Kong. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar, I Gede Pitana mengaku sangat percaya diri target tersebut bias dicapai. Maklum, orang Tiongkok sangat suka dengan wisata bahari.

“Kebetulan tujuh dari 10 destinasi prioritas adalah wisata bahari. Jadi ya sekalian saja kami giring ke salah satu destinasi prioritas seperti Labuan Bajo. Responnya sangat bagus. Umumnya mengaku sangat terpesona dengan keindahan Labuan Bajo,” ujar Pitana.

Wah Labuan Bajo tampaknya bakal jadi Bali baru di Indonesia. Salut deh.