Brilio.net - Selama ini mungkin kota kecil Karanganyar sama sekali tidak pernah menjadi destinasi rencana perjalananmu. Padahal kabupaten yang terletak di sebelah timur Kota Solo ini sebenarnya menyimpan potensi wisata yang ciamik lho! Sebagian besar wilayah Kabupaten Karanganyar berada di lereng Gunung Lawu sehingga tidak heran juga sebagian besar tempat wisatanya berhawa sejuk. Lalu, kira-kira mana saja ya tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di sana?

1. Grojogan Sewu

Jangan remehkan Karanganyar, kota kecil ini punya tempat wisata ciamikfoto: Gesit Yoga Ambarasakti

Kalau orang Sunda menyebut air terjun dengan kata 'curug' maka orang Jawa menyebutnya 'grojogan'. Di Karanganyar terdapat tempat wisata yang sangat terkenal yaitu Grojogan Sewu. Grojogan Sewu terdapat di lereng Gunung Lawu dan termasuk dalam daerah wisata Tawangmangu. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 80 meter. Untuk bisa sampai ke lokasi pengunjung harus melewati anak tangga yang jumlahnya mencapai 1.250.

"Lumayan capek sih, tapi terbayar kok dengan pemandangannya. Nanti di sana bisa makan sate kelinci yang jadi jajanan khasnya," ujar Gesit Yoga, wisatawan asal Jogja yang menelusuri wisata Karanganyar

Loading...

2. Candi Cetho

Jangan remehkan Karanganyar, kota kecil ini punya tempat wisata ciamikfoto: databudaya.net

Melihat Candi dengan latar belakang pegunungan yang diselimuti kabut tentu akan jadi pemandangan yang menakjubkan. Candi cetho namanya, terletak di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, candi ini masih aktif digunakan untuk beribadah umat Hindu hingga saat ini. Perjalanan menuju candi ini tak akan pernah membosankan karena melewati hamparan hijau perkebunan teh yang menyejukkan mata.

3. Air Terjun Jumog

Jangan remehkan Karanganyar, kota kecil ini punya tempat wisata ciamikfoto: alonbiker.com

Air Terjun Jumog lokasinya juga berada di lereng gunung Lawu. Air terjun ini berasal dari salah satu aliran sungai lereng gunung Lawu yang jatuh dari ketinggian. Air Terjun Jumog ini lokasinya berada di Kecamatan Ngargoyoso tepatnya di Desa Berjo. Suasana di sekitar air terjun ini juga sangat sejuk. Banyak pengunjung yang datang ke sini untuk sekedar menikmati hawa sejuk di sekitar air terjun. Untuk sampai ke lokasi pengunjung terlebih dahulu harus melewati 116 anak tangga.

4. Candi Sukuh

Jangan remehkan Karanganyar, kota kecil ini punya tempat wisata ciamikfoto: Gesit Yoga Ambarasakti

Kalau kamu ingin menikmati Piramid Maya di Meksiko tapi belum kesampaian, coba deh kamu mengunjungi Candi Sukuh yang bentuknya mirip dengan konstruksi Piramid Maya. Sama seperti Candi Cetho, Candi Sukuh juga merupakan candi bercorak Hindu yang terletak di lereng Lawu.

"Yang unik menurut saya, patung dan reliefnya semua menggambarkan hal-hal yang erotis. Seperti patung-patung tanpa pakaian dan beberapa relief alat kelamin laki-laki dan perempuan. Tapi semua ada sejarahnya kan," ujarnya Gesit Yoga sambil sedikit tertawa geli.

Setelah ditelisik ternyata Candi Sukuh adalah candi yang dibuat sebagai simbol kesuburan.

5. Rumah Teh Ndoro Donker

Jangan remehkan Karanganyar, kota kecil ini punya tempat wisata ciamikfoto: Gesit Yoga Ambarasakti

Suasana pegunungan benar-benar terasa di sini. Untuk menikmati pemandangan di kebuh teh Kemuning kamu bisa mencari spot terbaik yang terdapat di beberapa titik. Salah satunya di area perkebunan teh ini terdapat sebuah resto yang cukup populer yakni Rumah Teh Ndoro Dongker. Di sana kamu bisa menikmati berbagai racikan teh asli hasil dari perkebunan teh tersebut.

6. Bumi Perkemahan Sekipan

Jangan remehkan Karanganyar, kota kecil ini punya tempat wisata ciamikfoto: yukpiknik.com

Selain Grojogan Sewu, di Tawangmangu juga terdapat sebuah tempat wisata yang tak kalah seru, yaitu Bumi Perkemahan Sekipan. Tempat ini cocok banget untuk kamu yang suka camping di lereng gunung. Walau begitu tak hanya untuk tujuan camping, pada saat liburan tiba banyak juga yang sekedar datang untuk menikmati pemandangan berupa jajaran pohon pinus yang sangat indah. Coba deh, kamu datang sama pacar pasti jadi seperti Bella dan Edward di film Twilight.

7. Astana Girilayu

Jangan remehkan Karanganyar, kota kecil ini punya tempat wisata ciamikfoto: yukpegi.com

Bagi kamu yang suka wisata sejarah dan ziarah, tidak ada salahnya mengunjungi tempat ini. Objek wisata religi ini merupakan salah satu kompleks pemakaman raja-raja Mangkunegaran. Area pemakaman ini memiliki luas yang tidak cukup luas, hanya seperti halaman saja. Namun tempat ini cukup dikenali karena gedungnya yang sangat besar dan megah dengan arsitektur Eropa. Tapi ingat ya, kalau kamu ke sana hanya boleh mendoakan para almarhum, jangan malah minta wangsit!

8. Agrowisata Sondokoro

Jangan remehkan Karanganyar, kota kecil ini punya tempat wisata ciamikfoto: wisata.surakarta.info

Di Karanganyar terdapat sebuah pabrik gula yang masih dalam naungan PTPN IX Jawa Tengah yaitu Pabrik Gula Tasikmadu. Pabrik gula ini merupakan salah satu pabrik peninggalan zaman Belanda. Saat ini manajemen PTPN IX membuka agrowisata di sekitar pabrik Gang digunakan untuk wisata keluarga bernama Agrowisata Sondokoro. Di area ini kamu dapat menikmati berbagai macam fasilitas permainan yang disediakan misalnya flying fox, waterboom dan arena bermain lainnya. Menariknya kamu juga dapat mengelilingi kawasan wisata dengan menggunakan kereta tua yang sangat unik dan antik yang dulunya digunakan pada masa penjajahan Belanda.

Menarik kan? Kalau kamu ingin jadi traveler antimainstream, cobalah kunjungi kota kecil Karanganyar.