Brilio.net - Liburan di luar negeri memang terdengar sangat mengasyikkan. Sayangnya nggak semua orang bisa melakukannya karena tentu terkendala biaya. Tapi coba deh kamu tebak gambar-gambar di bawah ini diambil di mana? Terlihat seperti kawasan perkemahan di Eropa kan? Padahal foto-foto tersebut adalah hasil jepretan para traveler yang sedang liburan di Grafika Cikole, Lembang, Bandung.

Mencari tempat berlibur yang oke itu tidak harus selalu ke pantai atau ke gunung. Kamu bisa mencoba kemping di Taman Wisata Grafika Cikole yang terletak di Jalan Raya Tangkuban Perahu, Km 8, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Tempat wisata ini dikelilingi hutan pinus yang lebat, sehingga memiliki suhu yang dingin dan yang pasti suasananya seperti di luar negeri.

Camping asyik ini ada di Eropa? Salah banget, ini Bandung!

Camping asyik ini ada di Eropa? Salah banget, ini Bandung!

Tempat ini tidak hanya menyediakan camping ground saja, namun pengelola tempat tersebut juga bergerak di bidang restoran, hotel, wisata outbond, catering, percetakan dan education consultant. Posisinya yang berada di kaki Gunung Tangkuban Perahu membuat suhu udara di sana sangat sejuk sehingga mendukung untuk melakukan berbagai kegiatan outdoor.

Di sana disediakan pula kamar tipe VIP dan standar untuk wisatawan yang ogah bermalam di dalam tenda. Namun menikmati alam hutan pinus di Grafika Cikole memang lebih asyik jika tidur di dalam tenda.

Selama kemping kamu bisa melakukan banyak hal seru misalnya saja saat malam hari paling asyik membuat api unggun. Kalau perut lapar bisa memasak mi instan atau membakar jagung ramai-ramai sambil main gitar dan bernyanyi bersama. Tidur di dalam tenda di tanah lapang jauh dari penginapan dan pemukiman juga memberikan sensasi serta pengalaman seru tersendiri lho.

Camping asyik ini ada di Eropa? Salah banget, ini Bandung!

Camping asyik ini ada di Eropa? Salah banget, ini Bandung!

Paginya, kamu bisa nyobain aneka outbond yang menantang. Beberapa yang cukup untuk menguji nyali adalah flying fox sepanjang 125 meter, jembatan tali, menuruni tebing, melintasi jaring laba-laba dan masih banyak wahana lainnya. Atau kalau hobi main perang-perangan dan mengatur strategi, kalian bisa mencoba bermain paint ball.

Gimana, asyik banget kan? Wisata itu nggak harus ke luar negeri kok.