Brilio.net - Salah satu cara meningkatkan kunjungan wisatawan untuk bisa datang ke suatu daerah adalah dengan mengadakan berbagai acara yang mengangkat budaya di daerah tersebut.

Seperti halnya dengan acara Tidung Festival 2017. Acara yang berlangsung pada 19-20 Agustus 2017 ini menawarkan berbagai kegiatan seru yang menarik. Salah satunya adalah lomba kreasi kapal dan lomba kreasi warna homestay. Pulau Tidung, Jakarta, akan lebih menarik dengan sentuhan warna pada berbagai fasilitas pendukungnya, sehingga dapat menjadi destinasi wisata pilihan para wisatawan lokal maupun asing.

Rupanya, acara yang digelar di jembatan cinta itu tak lepas dari dukungan salah satu perusahaan cat ternama di Indonesia. Perusahaan tersebut menyediakan 375 kilogram Cat Kayu dan Besi yang digunakan untuk lomba kreasi 30 kapal dan 500 kilogram Cat Tembok untuk lomba kreasi warna 40 homestay. Lomba ini telah dimulai tanggal 16 Agustus 2017 dan akan dipilih masing-masing 3 pemenang untuk tiap kategorinya.

Tidung © 2017 brilio.net


"Tujuan utama dari kegiatan ini adalah mengajak penduduk Pulau Tidung untuk memberi warna baru pada kapal serta hunian homestay sehingga mampu menjadi ikon Pulau Tidung dan sekaligus dapat menjadi objek foto para wisatawan. Kami selalu mendukung perkembangan pariwisata Indonesia, mengingat pertumbuhan sektor pariwisata semakin mengarah positif," ungkap Novi Christiana, Deputy Marketing Director Avian Brands dalam siaran pers yang diterima brilio.net, Sabtu (19/8).

Lebih lanjut, Novi menyatakan bahwa dengan adanya Tidung Festival, Avian Brands mendukung penuh pengembangan wisata lokal yang tentunya menjadi hal membanggakan untuk pariwisata Indonesia. Tidak hanya itu, kegiatan ini pun sebagai wujud semangat CSR (Corporate Social Responsibility) yang dilakukan Avian Brands dengan memberikan produk cat terbaik dan berkualitas.

Acara ini resmi dibuka oleh Bupati Kepulauan Seribu, Drs. H. Irmansyah, M.Sc. bersama dengan Staf Khusus Bidang Multikultural Kementerian Pariwisata, Dr. Hari Untoro Derajat, M.A, yang dihadiri oleh Asisten Departemen Bidang Budaya Provinsi DKI Jakarta, Usmayadi, serta Asisten Bidang Pariwisata Provinsi DKI Jakarta, Eldi Andi.

Tidung © 2017 brilio.net


Acara yang menargetkan 10.000 wisatawan ini juga menyediakan kegiatan lain seperti Festival Musik, Festival Budaya, Festival Permainan Tradisional, dan Festival Kuliner. Penduduk dan wisatawan juga disuguhi dengan berbagai macam kegiatan lomba dan aktivitas peduli lingkungan dengan menanam 10.000 bibit mangrove, serta aksi bersih pantai.

Beragam lomba kreasi unik juga ikut meramaikan kegiatan Tidung Festival, yaitu lomba memasak, lomba vlog dan selfie, lomba fotografi, lomba tari betawi, lomba permainan tradisional, lomba mural homestay, lomba kreasi kapal, dan parade sepeda hias.