×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
8 Festival Nasional ini bisa jadi alternatif liburan di Bulan Juli

View Image

0

BRILIO » Jalan-Jalan

8 Festival Nasional ini bisa jadi alternatif liburan di Bulan Juli

Bisa jadi referensi kamu yang masih liburan di bulan Juli.

02 / 07 / 2018

Brilio.net - Sepanjang tahun 2018 ini, tercatat ada sekitar 3 ribu acara yang akan diselenggarakan di berbagai daerah di Tanah Air. Dari ribuan acara tersebut, Kemenpar pun menyeleksi 100 acara menarik untuk dipromosikan dalam program '100 Wonderful Events Indonesia 2018'.

Perilisan '100 Wonderful Events Indonesia 2018' tersebut dimaksudkan bisa menjadi referensi wisata bagi masyarakat luas. Selain itu, pemerintah setempat pun dapat memanfaatkannya sebagai panduan menyusun program terkait pariwisata.

Di Bulan Juli ini sendiri terdapat 8 acara yang telah dipilih Kemenpar sebagai Festival Nasional. Penasaran apa saja? Yuk, intip rangkuman brilio.net berikut ini, dilansir dari berbagai sumber, Senin (2/7). Bisa jadi alternatifmu untuk berlibur lho.

1. Biak Munara Wampasi, Papua Barat.

Loading...

foto: 100 Wonder Calender of Event 2018 Kemenpar

Event ini telah dimulai pada 1 Juli kemarin dan akan berakhir pada 4 Juli mendatang. Acara yang digelar di Kabupaten Biak Numfor ini memiliki beberapa rangkaian, antara lain snap mor (menangkap ikan di air laut saat surut), apen beyeren (berjalan di atas batu panas), lari Biak 10 km, dan perjalanan dengan kapal pesiar ke beberapa objek wisata.

2. Aceh International Rapa’i Festival, Aceh.

foto: 100 Wonder Calender of Event 2018 Kemenpar

Acara musik perkusi bertaraf internasional ini akan dilaksanakan pada 12-15 Juli mendatang. Perhelatan Aceh International Rapa’i Festival ini merupakan wujud komitmen Pemerintah Aceh dalam melestarikan kesenian tradisi Aceh.

3. Al Mizan Sufi Music Festival, Jawa Barat.

foto: festival-indonesia.id

Festival Musik dan Pertunjukan di Pesantren Al Mizan Majalengka ini akan digelar pada 14 Juli esok. Festival ini sendiri sebetulnya telah berlangsung selama satu dekade. Di sini, kamu bisa menikmati berbagai jenis musik sufi dan kesenian lain yang akan memperkaya ekspresi religiusitas dari berbagai tradisi.

4. Festival Lima Gunung, Magelang, Jawa Tengah.

foto: 100 Wonder Calender of Event 2018 Kemenpar

Festival ini merupakan agenda tahunan yang digelar secara swadaya oleh seniman petani Komunitas Lima Gunung di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Acara ini akan berlangsung pada 20-22 Juli tersebut. Di sini, kamu bisa menyaksikan berbagai atraksi seni, kirab budaya, dan pameran seni rupa.

5. Erau Adat Kutai and International Folk Art Festival, Kalimantan Timur.

foto: festival-indonesia.id

Erau yang berarti ramai dan penuh sukacita ini sebetulnya merupakan tradisi upacara adat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Mulanya, upacara ini dilakukan dalam prosesi 'Tijak Tanah' Aji Batara Agung dewa Sakti saar berusia 5 tahun dan saat ia diangkat menjadi raja pertama Kerajaan Kutai. Sejak itu, Erau dilakukan untuk penobatan raja dan untuk acara-acara lain atas titah raja. Nah, festival ini bisa kamu saksikan pada 21-29 Juli nanti.

6. Matasora World Music Festival.

foto: festival-indonesia.id

Acara yang akan digelar di Bandung pada 21-22 Juli mendatang ini akan menampilkan berbagai macam jenis musik yang dibangun dari elemen-elemen yang unik. Musisi-musisi yang akan tampil pun tak hanya musisi Tanah Air, tapi juga musisi mancanegara.

Lebih dari itu, festival ini juga menyuguhkan dialog multikultural, diskusi tentang isu-isu pedesaan dan perkotaan, dan workshop berkait seni dan budaya. Hal tersebut dimaksudkan guna membuka pikiran wisatawan pada lanskap budaya dunia yang kaya.

7. Festival Pesona Bunaken, Sulawesi Utara.

foto: cakraloka.com

Festival tahunan yang akan digelar di beberapa titik di Manado ini akan berlangsung pada tanggal 26-27 Juli mendatang. Selain dimeriahkan dengan pesta musik, di festival ini kamu bisa mengikuri berbagai perlombaan, seperti memancing di Pantai Megamas dan lomba foto bawah laut. Kamu juga bisa menyaksikan seni tari Maengket, musik bambu dan kolintang, seta pemilihan Putra-Putri Bunaken.

8. Cheng Ho Festival, Semarang, Jawa Tengah.

foto: festival-indonesia.id

Cheng Ho Festival merupakan perayaan peringatan kedayangan Laksamana Cheng Ho di Kota Semarang pada ratusan tahun silam. Dalam festival budaya tersebut, Pemprov Jawa Tengah bersama dengan pemuka Klenteng Tay Kak Sie dan Klenteng Sam Poo Kong akan mengarak patung Laksamana Cheng Ho sejak 6 km. Ingin lihat keseruannya? Kamu bisa menyaksikannya di Semarang pada 29 Juli besok.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more