1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Jalan-Jalan
22 Desember 2017 10:00

7 Trik liburan akhir tahun ke luar negeri dengan budget terbatas

Tak perlu dana hingga berpuluh-puluh juta, asal kamu tahu trik menghemat uang dan waktu.
foto: shutterstock.com

Brilio.net - Berlibur ke luar negeri menawarkan pengalaman yang unik. Selain bisa bersenang-senang, kamu juga bisa belajar tentang budaya baru. Banyak juga wisata kuliner yang akan memanjakan lidahmu. Karenanya, liburan ke luar negeri merupakan impian banyak orang.

Tapi, banyak orang yang takut mencoba karena biaya yang mahal. Padahal sejatinya, liburan ke luar negeri bisa dilakukan dengan budget terbatas. Tak perlu dana hingga berpuluh-puluh juta, asal kamu tahu trik menghemat uang dan waktu. Nah berikut ini, Jumat (22/12) brilio.net ulas tujuh trik hemat liburan ke luar negeri yang bisa kamu terapkan.

1. Mempertimbangkan waktu bepergian.

foto: shutterstock.com

Timing saat merencanakan liburan sangat penting. Pilih waktu untuk traveling saat bukan musimnya liburan. Seringkali tiket pesawat, biaya hotel, dan transportasi naik saat musim liburan seperti Natal atau tahun baru. Budget terbatasmu bisa habis hanya di transportasi saja kalau kamu pilih waktu musim liburan. Makanya, hindari waktu seperti libur nasional dan weekend. Selidiki juga kapan musim liburan di negara yang kamu tuju agar bisa berhemat.

2. Manfaatkan promo tiket.

foto: shutterstock.com

Promo maupun diskon sering ditawarkan maskapai penerbangan jauh hari dari waktu liburan. Lihat dan bandingkan berbagai maskapai agar mendapatkan tiket murah ke negara yang kamu tuju. Biasanya, tiket akan lebih murah bila kamu memesan minimal 3 bulan sebelumnya. Dengan ini, kamu bisa membeli tiket sesuai budgetmu.

3. Kunjungi negara bebas visa.

foto: pixabay.com

Mengurus visa untuk berkunjung ke negara tertentu bisa menghabiskan waktu dan dana yang banyak. Sebelum merencanakan liburan, pilih dulu negara yang bebas visa. Dengan ini kamu bisa liburan ke negara tersebut tanpa harus mengurus visa.

Negara yang bekerja sama membebaskan bisa dengan Indonesia adalah Malaysia, Jepang, Singapura, dan beberapa lainnya. Perhatikan juga masa tinggal di setiap negara. Mereka memiliki peraturan tersendiri mengenai izin tinggal.

4. Mencari penginapan yang memasang harga miring.

foto: shutterstock.com

Hotel biasanya menawarkan promo yang murah bila musim bukan liburan. Sudah mencari tapi belum dapat yang murah juga? Cari juga penginapan lain seperti hostel yang menawarkan harga lebih murah dengan kenyamanan yang mumpuni. Memilih hotel yang sedikit jauh dari destinasi wisata yang kamu tuju tak masalah. Bahkan, kamu mungkin menemukan tempat menarik saat berjalan dari hotel ke destinasi wisata.

5. Gunakan transportasi publik.

foto: shutterstock.com

Transportasi saat di negara tujuan bisa berbeda sekali dengan di Indonesia. Sebagai contoh, Jepang memiliki sistem transportasi yang cepat dan murah bagi penggunanya. Biasanya, ada satu kartu uang elektronik yang bisa kamu pakai di seluruh jaringan transportasi di Jepang. Oleh karena itu, kamu bisa menghemat uang dan waktu bila menggunakan transportasi publik saat mengunjungi destinasi wisata.

6. Makan dan belanja yang nggak nguras kantong.

foto: shutterstock.com

Kuliner di negara yang kamu tuju tentu sangat menggoda. Berbagai jenis masakan baru bisa membuat perutmu keroncongan. Eits tunggu dulu, jangan sembarangan membeli makanan. Kamu bisa saja menghabiskan uang banyak hanya di kuliner karena nggak tahu harga, lho!

Usahakan mencari informasi akurat tentang kuliner di daerah wisatamu. Hati-hati juga saat belanja, pedagang biasanya akan memberi harga mahal bila melihat wisatawan mancanegara. Perhatikan bagaimana caranya orang lokal menawar harga. Kamu juga bisa mencari teman di negara tersebut dan memintanya untuk mendapatkan harga murah.

7. Pastikan nggak ketinggalan pesawat dan selalu on-time.

foto: shutterstock.com

Nah, bagian ini nih yang penting juga untuk kamu perhatikan dalam perencanaan liburan ke luar negeri sesuai budget yang dimiliki.

Maskapai penerbangan umumnya memiliki batas waktu check-in dua jam sebelum keberangkatan ke luar negeri. Liburan yang sudah kamu rencanakan dengan susah payah akan sia-sia bila kamu telat datang ke bandara. Proses check-in ini juga bisa lama karena harus antre di loket check-in atau imigrasi.

Biar nggak bete dan hemat waktu, kamu bisa gunain fitur terbaru dari Traveloka, yaitu Check-in Online. Fitur ini memungkinkan kamu untuk langsung check-in melalui smartphone tanpa harus antre di bandara.

Prosesnya juga cukup mudah. Ketika sudah mendapatkan e-ticket dari Traveloka kamu bisa mengakses menu Check-in Online di Traveloka App. Konfirmasi informasi keberangkatanmu dan kamu akan langsung menerima boarding pass yang juga bisa diakses dari aplikasi mobile Traveloka. Alhasil, kamu bisa nyaman berangkat ke bandara dan nggak perlu mengeluarkan dana dadakan karena ketinggalan pesawat!

Jadi, negara mana yang akan kamu kunjungi untuk liburan akhir tahun? Apa pun pilihannya, pastikan kamu melakukan tujuh trik di atas ya!

 

(brl/tin)

Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    55%

  • Ngakak!

    3%

  • Wow!

    36%

  • Sedih

    3%

  • Marah

    3%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

7 Trik liburan akhir tahun ke luar negeri dengan budget terbatas.
Tak perlu dana hingga berpuluh-puluh juta, asal kamu tahu trik menghemat uang dan waktu.
https://www.brilio.net/jalan-jalan/7-trik-liburan-akhir-tahun-ke-luar-negeri-dengan-budget-terbatas-171219h.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?