Setiap negara pasti ada punya wisata alam yang terkenal bahkan jadi ikon dunia. Namun sayangnya perubahan iklim, pemanasan global, bencana alam, dan gaya hidup manusia kerap jadi ancaman keberlangsungannya.

Dikutip brilio.net dari havehalalwilltravel, Selasa (6/9), menurut UNESCO, hal-hal di atas bahkan mulai mengancam eksistensi sejumlah tempat wisata alam di dunia. Tercatat saat ini ada 15 destinasi wisata alam indah dunia yang keberadaannya mulai terancam punah. Apa saja? Yuk simak. Siapa tahu bisa jadi inspirasi traveling kamu sebelum tempat wisata tersebut hilang termakan zaman.

1. Angkor Wat, Kamboja

wisata punah © 2016 brilio.net

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Adanya pengerukan bawah tanah di dekat Siem Reap menyebabkan beberapa candi abad ke-12 ini tenggelam.

2. Laut Mati, Yordania

wisata punah © 2016 brilio.net

Turis dari beragam negara di dunia kini memang memadati laut ini dan merasakan air yang sangat asin. Namun sensasi itu nggak akan lagi didapat karena adanya penyusutan air garam menurut para ilmuwan yang disebabkan oleh panas matahari di Timur Tengah.

3. Tembok Besar China, China

wisata punah © 2016 brilio.net

Bangunan yang bertujuan untuk melindungi kerajaan ini, sekitar 30% bagiannya sudah menghilang karena adanya erosi dan perusakan oleh manusia.

4. Pulau Komodo, Indonesia

wisata punah © 2016 brilio.net

Siapa yang menyangka kalau Pulau Komodo juga masuk dalam daftar tempat wisata dunia yang hampir punah. Pulau yang tengah memikat hati banyak wisatawan lantaran keindahan alamnya ini terancam punah akibat pemutihan dan pengasaman laut. Kenaikan populasi penduduk lokal dan jumlah kunjungan wisatawan ternyata sedikit banyak juga berkontribusi merusak alam dan mengancam keberadaan pulau ini. Waduh. Cepetan angkat ransel atau kopermu, nikmati perjalanan ke Pulau Komodo yang indah sebelum itu habis ditelan zaman!

5. Venice, Italia

wisata punah © 2016 brilio.net

Terkenal dengan gondola yang romantis sambil menikmati bangunan-bangunan di Kota Venice yang indah tentu jadi impian banyak orang. Tapi siapa sangka, sungai yang semakin surut serta gedung-gedung tersebut juga semakin hari semakin tenggelam. Bahkan menurut penelitian UNESCO, hal itu kini hampir lima kali lebih cepat pertahunnya.

6. Petra, Yordania

wisata punah © 2016 brilio.net

Kota batu yang ada di wilayah Amman, Yordania ini masuk kedalam situs kuno dunia yang paling indah. Sebuah istana yang dipahat di sebuah bukit batu. Diperkirakan manusia menghuni Petra sejak abad ke-2 Masehi. Bangunan yang terbuat dari batuan ini semakin surut karena tergerus angin, hujan dan juga manusia yang mengunjunginya.

7. Maladewa

wisata punah © 2016 brilio.net

Kalau dengar kata Maladewa, kita biasanya bakal membayangkan negeri impian dengan pantai dan juga pemandangan bawah laut yang menawan, ditambah dengan kehadiran resor bintang 5 yang menjadi magnet para wisatawan untuk datang ke negara tersebut.

Tapi perlu ketahui, ternyata Maladewa termasuk dalam deretan kawasan wisata yang terancam punah. Program Lingkungan PBB memprediksi bahwa negara ini bisa menjadi negara pertama yang akan hilang 'ditelan' lautan. Jika permukaan air laut terus naik, pada akhir abad ke-21 diperkirakan Maladewa akan hilang. OMG!

8. Taj Mahal, India

wisata punah © 2016 brilio.net

Taj Mahal ini adalah simbol dari cinta abadi. Namun nggak akan lama, bangunan indah ini hanya bisa kamu nikmati lewat gambar karena kabarnya pemerintah India bakal menutup Taj Mahal untuk umum karena banyaknya turis dan juga polusi.

9. Puncak Kilimanjaro, Tanzania

wisata punah © 2016 brilio.net

Es yang 80% hampir menutupi gunung tertinggi di Afrika tersebut memang mulai berkurang sejak awal 1900an. Dan ilmuwan memprediksi es tersebut akan hilang sepenuhnya pada tahun 2033.

10. Atsinanana, Madagaskar

wisata punah © 2016 brilio.net

Perburuan dan illegal logging telah menempatkan hutan hujan Atsinanana, di Madagaskar yang indah masuk kedalam daftar kekayaan dunia UNESCO yang terancam punah.

11. Rennel Timur, Pulau Solomon

wisata punah © 2016 brilio.net

Rennel Timur adalah bagian dari Pulau Rennel yang berada di sebelah selatan Kepulauan Solomon. Pulau Rennel sendiri adalah pulau atol terbesar di dunia, dengan luas 87 ribu hektar. Pemandangan yang indah berupa pantai dan juga coral membuat daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Namun, sama halnya dengan Atsinanana, tempat wisata yang disebut sebagai surga dunia ini juga diperkirakan akan hilang karena adanya illegal logging.

12. Le Mont-Saint-Michel, Perancis

wisata punah © 2016 brilio.net

Le Mont-Saint-Michel adalah sebuah pulau kecil dengan populasi penduduk sekitar 50 orang. Karena popularitasnya, pulau ini jadi banyak pengunjung dan dinilai oleh UNESCO sudah over-crowded (kepenuhan penduduk). Hal ini juga bikin UNESCO memasukkan situs ini ke dalam daftar situs yang hampir musnah.

13. Seiselensa

wisata punah © 2016 brilio.net

Destinasi wisata yang katanya mirip dengan Indonesia ini memiliki pantai yang indah dan dijuluki "potongan surga". Namun apa daya, koral-koral yang ada didekat pantai kini juga kian hari makin tergerus atau mengalami erosi.

14. Glacier National Park, Amerika Serikat

wisata punah © 2016 brilio.net

Glacier National Park ini hanya tersisa 25 gunung gletser, yang artinya 6 kali lebih kecil daripada seabad yang lalu. Para ilmuwan memprediksi bahwa gunung terbesar akan hilang pada tahun 2020-2030. Miris ya.

Gimana, kalian tentu masih ingin melihat tempat wisata-wisata tersebut kan? Buruan berangkat sebelum mereka menghilang!

(brl/ani)