Brilio.net - Pulau Kemaro berada di Perairan Musi, Sumatera Selatan. Dari Kota Palembang hanya butuh waktu kisaran 15 menit untuk sampai ke pulau yang menyimpan cerita cinta Pangeran Tan Bun An dari China dan Putri Kerajaan Palembang Siti Fatimah ini. Konon, pulau ini tidak tenggelam walaupun air sungai Musi sedang pasang.

Kisah cinta melegenda dua orang ini berawal dari Tan Bun An yang awalnya berdagang di palembang namun ketika melihat Putri Raja Palembang Siti Fatimah, langsung jatuh hati. Begitupun dengan fatimah. Mereka yang berniat ke pelaminan pergi ke daratan China untuk mendapat restu dari orangtua Tan Bun An.

BACA JUGA: 5 Rahasia Natasha Wilona yang terungkap di Nonolive

Setelah beberapa lama di China, mereka kembali ke Palembang, dibekali tujuh buah guci. Sesampai di muara Sungai Musi, Tan Bun An ingin melihat isi guci-guci tersebut. Namun alangkah kagetnya karena yang dilihatnya adalah sayuran sawi-sawi asin. Tanpa pikir panjang Tan Bun An membuang guci-guci tersebut ke air.

Namun dia menyesal ketika guci terakhir yang terjatuh di atas dek dan pecah mengeluarkan kumpulan emas. Dia lantas terjun ke dalam sungai untuk mengambil emas-emas dalam guci yang sudah dibuangnya. Salah seorang pengawalnya juga ikut terjun untuk membantu, tetapi keduanya tidak kunjung muncul. Akhirnya Siti Fatimah turut terjun ke Sungai Musi. Untuk mengenang mereka bertiga dibangunlah sebuah kuil dan makam untuk ketiga orang tersebut di Pulau Kemaro.

Dari Palembang, kamu bisa menyusuri Jalan RE Martadinata, terus ke Jalan Mayor Zen hingga Jalan Dr Sutami dan berhenti tepat di penyeberangan ke Pulau kemaro. Untuk menyeberang kamu butuh merogoh kocek Rp 50.000 untuk perjalanan pergi-pulang.

Berikut ini forto-foto keindahan Pulau Kemaro yang instragamable abis, seperti dirilis brilio.net dari Instagram, Minggu (31/7).

1. Dilihat dari daratan seberang.  

foto: Instagram/@palembanginsta


2. Unggulannya nih, pagoda 9 lantai.

foto: Instagram/@raarinta


3. Di depan tangga masuk ada patung ini.

foto: Instagram/@yolandasya_


4. Dari sisi samping pagoda ada ilustrasi indah ini.

foto: instagram/@hocykomradputeh


5. Bagian dari bangunan kuil.  

foto: Instagram/@ervinadivin


6. Beautiful!

foto: instagram/@bahanataufan


7. Nama klentengnya Hok Tjing Rio.

foto: instagram/@naardina


8. Instagrammable!

foto: instagram/@ini_palembang


9. Salah satu bagian bangunan kuil.

foto: instagram/@resttria


10. Rame-rame biar seru.

foto: instagram/@k_sandi12


Penyeberangan ke Pulau Kemaro juga keren. KLIK NEXT

2 dari 2 halaman


11. Cool!

foto: instagram/@indapuspitarani


12. Posenya nggak nahan om.

foto: instagram/@plg_repost


13. Nuansa Tionghoa-nya terasa sekali.

foto: instagram/@restiantyzarmie


14. Patung Dewa Rejeki.

foto: instagram/@imanlagi


15. Nikmati juga perjalanan menyeberang menuju Pulau Kemaro.  

foto: instagram/@shanty5061