Brilio.net - Indonesia dikenal sebagai salah satu negara maritim terbesar di dunia. Jadi tentunya masyarakat Indonesia sudah tak asing lagi dengan keberadaan pelabuhan yang bisa dijumpai hampir di setiap provinsi.

Saat ini layanan penyeberangan air pun semakin baik. Hal ini membuat masyarakat pun semakin nyaman pelesir dengan menggunakan jasa kapal. Bahkan tidak sekedar menjadi tempat penyeberangan, kini pelabuhan bisa jadi spot foto yang sangat nyaman dan Instagrammable.

Nggak percaya?

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (6/8), berikut 10 pelabuhan terbaik di Indonesia yang sangat cocok buat kamu yang hobi foto.


1. Pelabuhan Tamperan, Pacitan.

foto: instagram/@anisubekti

Berpose dengan breakwater serta lautan lepas yang biru jadi favorit anak muda yang mengabadikan momen kebahagiaan saat berada di Pelabuhan Tamperan, Pacitan. Kamu kalau mampir ke tempat ini, jangan lupa selfie lho.


2. Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta.

foto: instagram/@emandline

Nggak cuma jadi tempat bongkar muat muatan atau aktivitas pelayaran, kini Pelabuhan Sunda Kelapa jadi salah satu destinasi wisata lho, jika ada wisatawan berkunjung ke ibu kota Jakarta. Terlebih lagi setelah tempat ini menjadi tempat pidato pertama Joko Widodo sebagai presiden RI. Wah, makin istimewa ya?


3. Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

foto: instagram/@habisakit

Udah nggak zamannya lagi kamu hanya duduk di kapal dan menunggu keberangkatan. Kamu harus coba nih, berkeliling ke beberapa spot Instagrammable yang ada di Pelabuhan Tanjung Priok. Dijamin kamu bakal sangat menikmati perjalananmu.


4. Tanjung Perak, Surabaya.

foto: instagram/@faidah_hdayati

Surabaya pun punya pelabuhan yang nggak kalah menariknya, yaitu Tanjung Perak. Selain jadi tulang punggung pelayaran di dalam negeri, Tanjung Perak juga jadi tempat kunjungan tersendiri bagi anak muda kekinian yang doyan foto-foto untuk koleksi Instagram. Cocok banget!


5. Pelabuhan Tanjung Merak, Banten.

foto: instagram/@destalita

Berikutnya adalah Pelabuhan Tanjung Merak yang memiliki berbagai spot unik nan menakjubkan. Biar foto Instagrammu nggak gitu-gitu aja, kamu bisa foto di pelabuhan satu ini.




Gimana guys? Udah ngiler pengen nyobain ke sana juga nggak? Cek lima pelabuhan terakhir, dijamin bikin tambah 'kebelet piknik'.. KLIK NEXT

2 dari 2 halaman




6. Pelabuhan Belawan, Medan.

foto: instagram/@sammypattikawa

Kamu yang sedang berencana berpelesir ke Medan, maka kamu jangan sampai melewatkan Pelabuhan Belawan. Sebab pelabuhan ini masuk dalam deretan pelabuhan di Indonesia yang memiliki banyak spot buat foto. Kece-kece semua deh!


7. Pelabuhan Sorong, Papua.

foto: instagram/@cenjkt

Salah satu pelabuhan yang tidak kalah menariknya adalah Pelabuhan Sorong yang berada di timur Indonesia.  Di sini kamu akan disuguhkan hiruk pikuk kegiatan penyeberangan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Wajib foto-foto pokoknya!


8. Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa.

foto: instagram/@litadestya

Keindahan alam Sumbawa nggak bisa dipungkiri lagi, setuju? Ya, perbukitan indah dengan laut yang begitu jernih tersaji untuk kamu di Pelabuhan Poto Tano. So, jangan lupa foto-foto ya, kalau kamu sedang berada di Pelabuhan Poto Tano.


9. Dermaga Pelabuhan Timur Kamal Bangkalan, Madura.

foto: instagram/@dennisdirga

Meski ukurannya tak sebesar pelabuhan lainnya, namun pelabuhan yang sempat memiliki peran sangat penting sebelum jembatan Suramadu berdiri ini jadi salah satu pelabuhan terbaik bagi para penggemar seni fotografi. Gimana nggak, hampir setiap sudut dermaga akan menghadirkan spot yang unik dan tentunya sangat keren untuk segala angle foto.


10. Pelabuhan Teluk Lamong, Surabaya.

foto: instagram/@satyawinnie

Kalau keindahan Pelabuhan Teluk Lamong udah jadi rahasia umum kan ya? Bahkan beberapa blogger udah bikin banyak review yang memuji keindahan alam serta kecanggihan pelabuhan ini untuk lokasi foto-foto.