1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Jalan-Jalan
Annisa Amalia Hapsari 11 Februari 2018 08:03

10 Pasar ikan terbaik dunia yang bisa dicontoh untuk Jakarta

Kualitas ikan terjamin dan tetap segar sampai ke tangan konsumen.

Brilio.net - Sudah menjadi rahasia umum bahwa makanan hasil laut merupakan sumber asupan yang kaya akan berbagai nutrisi bagi tubuh. Seperti vitamin, protein, mineral, dan masih banyak lagi. Bahkan tak sedikit pakar kesehatan dan dokter yang menyarankan untuk banyak mengonsumsi makanan hasil laut seperti ikan.

Makanan hasil laut ini biasanya bisa didapatkan di pasar-pasar tradisional maupun pasar swalayan. Namun terkadang ikan dan berbagai macam seafood yang dijual di pasar tradisional atau pasar swalayan ini kualitasnya kurang baik dan segar. Lantaran telah melalui beberapa perantara, sebelum akhirnya sampai ke tangan penjual.

Berbeda halnya jika membeli hasil tangkapan laut langsung di pasar ikan yang biasanya berdekatan dengan laut. Pasar ikan sendiri merupakan tempat dimana makanan hasil laut di jual dengan harga yang lebih wajar.

Para nelayan datang ke pasar yang biasanya buka dipagi hari ini untuk kemudian melanjutkan menjual ikan dan makanan hasil laut lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (11/2), brilio.net sudah merangkum 10 pasar ikan terbaik di dunia yang bisa dijadikan contoh untuk pasar ikan di Jakarta.

1. Pasar ikan Tsukiji, Tokyo, Jepang.

foto: travel.sygic.com

Pasar ikan Tsukiji merupakan pasar ikan terbesar di dunia dalam hal ukuran dan jumlah makanan hasil laut. Bahkan pasar ikan ini dapat menjual hasil laut sebanyak 660 ribu ton per tahun.

Pasar ini terletak di pusat kota Tokyo. Para wisatawan bisa mendapatkan akses untuk mendapatkan berbagai macam makanan laut yang dijual dengan kualitas terbaik.

2. Pasar ikan koperasi Busan, Busan, Korea Selatan.

foto: airvan.kr

Pasar ikan koperasi Busan bukan hanya merupakan salah satu pasar ikan yang memiliki hasil laut terbaik di dunia, tetapi juga menjadi salah satu pasar yang menarik di Korea Selatan.

Pasar ikan ini sering dijadikan tujuan wisata bagi turis yang tengah berlibur ke Korea Selatan. Dibuka pada tahun 1963, kini pasar ikan ini dikunjungi oleh ribuan orang tiap tahunnya.

3. Pasar ikan La Nueva Viga, Meksiko.

foto: abc.net.au dan timeoutmexico.mx

Merupakan pasar ikan terbesar kedua di dunia. Setiap tahunnya, pasar ikan ini dapat menjual hingga 550 ribu ton. Terletak di Iztapalapa, yang berada di wilayah ibukota Meksiko. Pasar ikan menjual lebih dari 500 spesies laut dan mayoritas berasal dari Teluk Meksiko.

4. Pasar ikan Sydney, Sydney, Australia.

foto: weekendnotes.com dan sydney.com

Berbasis di Australia, pasar ikan ini diketahui memiliki lebih dari 200 spesies ikan. Pasar ikan Sydney menjadi pasar ikan terbesar di belahan bumi Selatan.

Pasar ikan terbesar ketiga di dunia ini menggabungkan pelabuhan perikanan, pasar ikan, lokasi pelelangan hasil laut, tempat untuk membeli makanan laut, hingga toko suvenir.

5. Pasar ikan Noryangjin, Seoul, Korea Selatan.

foto: traveloutlandish.com

Pasar ikan yang terletak di jalan Uiju, Seoul, Korea Selatan ini menjual lebih dari 370 jenis produk dan hasil laut. Pasar ikan Noryangjin merupakan salah satu pasar ikan terbesar di Korea Selatan.

Setiap harinya jumlah pengunjung pasar ini dapat mencapai 30 ribu orang dan dapat menjual hingga 100 ribu ton hasil laut per tahunnya. Hidangan terkenal dari pasar ini adalah menikmati gurita yang dimakan hidup-hidup.

6. Pasar Billingsgate, London, Inggris.

foto: ibtimes.co.uk

Didirikan pada abad ke-19, pasar ikan ini merupakan yang terbesar di Inggris. Di pasar ini makanan hasil laut dengan kualitas terbaik dijual dengan harga yang wajar. Kebanyakan hasil laut di pasar ini berasal dari pelabuhan laut Aberdeen.

7. Pasar ikan Fulton, New York, Amerika Serikat.

foto: ediblemanhattan.com

Psar ikan Fulton terletak di Hunts Point, Bronx dan didirikan pada tahun 1822. Pada awalnya pasar ikan ini sama seperti pasar-pasar lainnya yang melakukan transaksi secara offline, namun dengan kemajuan teknologi yang ada kini pasar ikan ini melakukan transaksi secara online dan telah meluncurkan websitenya sendiri pada tahun 2014 lalu.

Semenjak itu, para penjual menerima pesanan secara online untuk restoran di seluruh Amerika Serikat dan pesanan pelanggan secara langsung.   

8. Pasar Feskekorka, Gothenburg, Swedia.

foto: tripadvisor.com

Pasar ikan segar ini terletak tidak jauh dari kota tua Haga. Dengan bangunan bergaya arsitektur gereja gothic, dari luar bangunan ini tidak nampak seperti sebuah pasar ikan.

Pasar yang didirikan pada tahun 1874 ini merupakan pasar ikan indoor yang menjual berbagai hasil laut segar dan terdapat restoran yang menyajikan berbagai hidangan olahan makanan laut.

9. Pasar ikan Mercamadrid, Madrid, Spanyol.

foto: spanishabored.com

Pasar ikan Mercamadrid merupakan pasar ikan terbesar ketiga di dunia. Setiap tahunnya pasar ikan ini dapat menjual hingga 220 ton hasil laut.

10. Pasar ikan Hamburg, Jerman.

foto: henri-hotel.com

Merupakan salah satu pasar ikan tertua yang sudah ada sejak tahun 1703. terletak di bagian kota Altona. Pasar ikan Hamburg juga dikenal menjadi pasar ikan terbesar di Jerman. Lebih dari 5 juta orang mengunjungi pasar ini tiap tahunnya.  

(brl/ton)

YOU MAY ALSO LIKE

Indonesia Wicara - Ngopi Dulu Baru Bisa Mikir
Minum kopi atau ngopi sudah jadi kebiasaan orang Indonesia. Brilio bertanya tentang kebiasaan-kebiasaan orang Indonesia dalam menikmati kopi. Kira-kira ...
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    57%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    29%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    14%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

10 Pasar ikan terbaik dunia yang bisa dicontoh untuk Jakarta.
Kualitas ikan terjamin dan tetap segar sampai ke tangan konsumen.
https://www.brilio.net/jalan-jalan/10-pasar-ikan-terbaik-dunia-yang-bisa-dicontoh-untuk-jakarta-1802107.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP