Brilio.net - Jogja memang istimewa, selain dikenal dari makanan khas seperti gudeg, bakmi jawa, dan bakpia, Jogja juga dikenal sebagai kota budaya. Banyak sekali para seniman di kota ini. Pameran seni pun seperti tiada putus terselenggara di kota ini.

Bisa dibilang jika Jogja tak pernah sepi dari event-event menarik. Hal itu pula yang membuat banayk orang selalu kangen untuk mengunjungi Jogja.

Nah, sebagai kota budaya yang tak pernah sepi dari agenda seni, tentu Jogja tak bisa dilepaskan dari keberadaan galeri seni sebagai tempat para seniman memamerkan karyanya. Ada banyak sekali galeri seni yang bisa kamu kunjungi saat liburan ke Jogja.

Berikut brilio.net kasih rekomendasi 10 galeri seni terbaik di Jogja yang dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (7/5).


1. Taman Budaya Yogyakarta (TBY)

10 galeri seni Jogja © 2016 brilio.net foto: youthyakarta.com

Ini merupakan salah satu galeri seni paling terkenal di Yogyakarta. Tempat yang terletak di Jalan Sriwedari Yogyakarta ini tak pernah sepi dari berbagai kegiatan yang berhubungan dengan seni. Mulai dari pameran tunggal, pameran mahasiswa, hingga berbagai event-event seni besar di Yogyakarta. Di bagian atas TBY, terdapat pula Museum Anak Kolong Tangga yang bisa kamu kunjungi.



2. Jogja National Museum (JNM)

10 galeri seni Jogja © 2016 brilio.net foto: pewartayogya.com

Selain TBY, galeri seni besar yang ada di Yogyakarta adalah Jogja National Museum (JNM). Event-event seni besar juga kerap diadakan di galeri yang terletak di Jalan Prof Ki Amri Yahya No. 1, Gampingan, Wirobrajan, Yogyakarta.



3. Bentara Budaya Yogyakarta

10 galeri seni Jogja © 2016 brilio.net foto: bentarabudaya.com

Satu lagi galeri yang tak pernah sepi dari pameran adalah Bentara Budaya Yogyakarta. Terletak di Jalan Suroto 2, Kotabaru, Yogyakarta, tempat ini biasa digunakan sebagai ruang pameran fotografi hingga lukisan. Salah satu agenda tetap di bentara Budaya Yogyakarta adalah Jazz Mben Senen yang diadakan setiap Senin malam.



4. Jogja Gallery

10 galeri seni Jogja © 2016 brilio.net foto: arsip.tembi.net

Menemukan Jogja Gallery bisa dibilang cukup mudah. Galeri ini terletak di dekat Alun-Alun Utara Yogyakarta, tepatnya di Jalan Pekapalan No. 7 Yogyakarta. bangunan ini dulunya merupakan sebuah gedung bioskop 'Soboharsono' yang pertama kali dibangun pada tahun 1929 oleh pemerintah kolonial Belanda. Pada 19 September 2006 kemudian berumah menjadi galeri. Tempat ini sering dijadikan alternatif tempat pameran seni karena lokasinya yang mudah diakses.



5. Ark Galerie

10 galeri seni Jogja © 2016 brilio.net foto: ugountoro.com

Ark Galerie berdiri pada April 2007 di Jakarta. Namun pada Juli 2013, direktur Ark Galerie memilih memindah galeri di Yogyakarta, tepatnya di Jalan Suryodiningratan 36 A Yogyakarta. LOkasi ini berdekatan dengan beberapa ruang seni lain seperti Cemeti Art House, Kedai Kebun Forum, Langgeng Art Foundation dan Indonesian Contemporary Art Network (ICAN).


BACA JUGA: 12 Kedai kopi ini paling top di Jogja, nyaman dan bikin pengen balik lagi!



6. Tembi Rumah Budaya

10 galeri seni Jogja © 2016 brilio.net foto: tembi.net

Tak cuma sebagai galeri yang digunakan untuk pameran karya seni, di Tembi Rumah Budaya juga terdapat sebuah museum yang menyimpan berbagai hal berkaitan dengan tradisi dan budaya Jawa, seperti mainan tradisional, keris hingga wayang kulit. Tembi Rumah Budaya yang terletak di Jalan parangtritis KM 8,4 Bantul ini juga dilengkapi dengan penginapan dengan interior Jawa yang membuat mengunjunginya merasakan kenyamanan hidup di pedesaan.



7. Sangkring Art Space

10 galeri seni Jogja © 2016 brilio.net foto: sangkringartspace.net

Bisa dibilang galeri ini tak berada di pusat kota. Sangkring Art Space terletak di Jalan Nitiprayan 88 RT 01/02, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Sangkring Art Space berdiri pada 31 mei 2007. Nama itu diambil dari nama leluhur Putu Sutawijaya, perupa dan pendiri Sangkring Art Space. Bangunan Sangkring Art Space bisa dibilang cukup keren. Saking kerennya, galeri ini pernah masuk di majalah TIME.



8. Cemeti Art House

10 galeri seni Jogja © 2016 brilio.net foto: archello.com

Cemeti Art House yang juga disebut Rumah Seni Cemeti berada di Jalan DI Panjaitan 41 Yogyakarta. Galeri ini didirikan sejak 1988 oleh Nindityo Adipurnomo dan Mella Jaarsma. Setiap tahun puluhan proyek telah diadakan; baik pameran di ruang galeri maupun proyek site specific, seperti pameran tunggal dan kelompok, performance, diskusi, presentasi dari program residensi dan artist talk yang melibatkan seniman, penulis, aktivis seni, kurator dan manajer, dari dalam maupun luar negeri.



9. Tahun Mas Art Room

10 galeri seni Jogja © 2016 brilio.net foto: tahunmas-artroom.com

Merupakan sebuah ruang pameran untuk mendukung dan menampung segala bentuk seni. Galeri ini terletak di Jl. Sapto Hudoyo Kasongan Yogyakarta. Galeri yang didirikan oleh seniman Timbul Raharjo juga sering dijadikan tempat pameran seni.



10. Langgeng Art Fondation

10 galeri seni Jogja © 2016 brilio.net foto: pegipegi.com

Langgeng Art Foundation (LAF) adalah lembaga seni rupa kontemporer yang memfasilitasi berbagai macam seni, penciptaan presentasi dan diskusi, terutama terhadap cara-cara strategis dalam pertumbuhan dan perkembangan seni rupa kontemporer Indonesia. Langgeng Art Foundation didirikan oleh Deddy Irianto yang merupakan pendiri dan manager Langgeng Gallery, Magelang, Indonesia pada tahun 2010. Letak galeri ini cukup mudah diakses, yakni di Jalan Suryodiningratan 37 Yogyakarta.

Nah, itulah 10 galeri seni di Jogja yang bisa kamu kunjungi. Selain 10 galeri itu, tentu masing banyak sekali galeri-galeri seni di Jogja. Silih berganti galeri-galeri itu mengadakan pameran yang tak ada putusnya. Sebelum kamu mengunjunginya, ada baiknya kamu cek dulu apakah sedang ada pameran atau tidak di galeri yang akan kamu kunjungi.