×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Siap-siap, malam ini ada supermoon teristimewa terjadi 68 tahun sekali

View Image

0

BRILIO » Ilmiah

Siap-siap, malam ini ada supermoon teristimewa terjadi 68 tahun sekali

Supermoon malam ini akan menjadi yang terdekat, terbesar, dan paling terang sejak tahun 1948 atau setelah hampir 70 tahun.

14 / 11 / 2016

Brilio.net - Tahun ini bisa jadi adalah keberuntungan bagi negara kita, Indonesia. Kamu tentu masih ingat bahwa Indonesia juga menjadi negara yang strategis untuk menyaksikan gerhana matahari total pada bulan Maret lalu. Serta kejadian alam lainnya seperti gerhana bulan yang juga bisa kita lihat di Indonesia.

supermoon november © 2016 brilio.net

foto : fourmilab.ch-Peta saat Supermoon malam ini terjadi

Dan kini Indonesia ternyata juga bakal menjadi lokasi ideal untuk menyaksikan supermoon pada 14 November 2014 ini lho.

Dilansir brilio.net dari National Geographic, Senin (14/11), supermoon biasanya terjadi saat bulan mencapai fase purnama di titik terdekat dari Bumi atau yang disebut dengan perigee. Karena berada di titik terdekat maka purnama akan terlihat sedikit lebih besar dan terang.

Loading...

Nah, istimewanya supermoon yang akan terjadi malam ini akan menjadi yang terdekat, terbesar, dan paling terang sejak tahun 1948 atau setelah hampir 70 tahun. Supermoon nanti malam akan terlihat 14% lebih besar dan 30% lebih terang dibanding purnama di titik terjauh dari Bumi atau yang disebut dengan apogee.    

Orbit bulan mengelilingi bumi berbentuk elips sehingga jarak bumi dan bulan bervariasi. Kadang, bulan berada pada titik terjauh (apogee) dan kadang berada pada titik terdekat (perigee).

Supermoon sebelumnya yang terjadi pada tahun 1948 lalu memang merupakan yang paling istimewa karena merupakan yang terbesar hingga saat ini. Pada saat itu, jarak bumi dan bulan mencapai 356.461 kilometer.

supermoon november © 2016 brilio.net

foto: @ladzinski via twistedsifter.com/National Geographic

Sementara untuk malam ini, jarak bumi dan bulan adalah 356.500 kilometer. Perbedaan ukuran antara supermoon besok dengan tahun 1948 sangat sedikit mengingat jarak bulan pada kedua waktu itu hanya selisih 39 kilometer.

Waktu ideal untuk melihat supermoon ini, khususnya di Indonesia adalah pada waktu puncak perigee yang berlangsung pada pukul 19:27 WIB. Lalu dilanjutkan dengan puncak purnama pada jam 20:52 WIB. Pada waktu bulan sudah terbit di Indonesia, bulan tersebut sudah berada cukup tinggi di horison. Hal ini juga jadi keuntungan bagi negara kita, karena seluruh Indonesia bisa menyaksikan keindahan supermoon ini.

Wah, jadi nggak sabar kan?





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    50%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more