Brilio.net - Kamu yang kerap bepergian dengan pesawat, pasti tahu dong ternyata pesawat terbang juga menggunakan lampu layaknya kendaraan bermotor di jalan raya. Bahkan, lampu di pesawat terbang jenisnya ada beragam. Tapi, pernah nggak kamu bertanya-tanya tentang fungsi dari lampu-lampu itu?

Nah, kalau kendaraan bermotor di jalan raya menggunakan lampu untuk fungsi utama menerangi jalur perjalanan di malam hari dan penanda, sedangkan kalau pesawat lebih bertujuan untuk komunikasi. Makanya, ada beda-beda jenis lampu dengan arti yang berbeda pula. Lampu ini untuk komunikasi dengan petugas Air Traffic Control (ATC) untuk melihat posisi dan kondisi pesawat, maupun dengan pesawat lainnya. Terlebih untuk kepentingan navigasi.

Nah, ini dia beberapa jenis dan fungsi lampu yang ada di badan pesawat seperti dilansir brilio.net dari twitter @_TNIAU.

1. Beacon

lampu pesawat twitter

Terletak di atas dan bawah pesawat, lampu ini membantu pesawat mengetahui keberadaan pesawat yang lain di udara.

2. Wings light

lampu pesawat twitter

Lampu ini membantu pilot melihat kondisi sayap sewaktu penerbangan.

3. Nav dan logo

lampu pesawat twitter

Sedangkan lampu navigasi dan logo membantu orang-orang yang di darat untuk mengetahui arah pesawat. Jika kamu duduk di dalam pesawat, lampu merah ada pada ujung sayap kiri dan lampu hijau di ujung sayap kanan.

4. Take off dan taxi light

lampu pesawat twitter

Berada di bagian rangka roda, lampu ini berfungsi saat lepas landas dan taxi (perjalanan pesawat masuk atau keluar dari landasan pacu). Lampu jarak jauh menyala saat take off, dan lampu jarak pendek menyala ketika melakukan taxiing.

5. Landing light

lampu pesawat twitter

Berada di antara turbin dan kabin pesawat, lampu tersebut digunakan saat pesawat melakukan pendaratan.

6. Turn off lights

lampu pesawat twitter

Lampu ini biasa digunakan pilot untuk melihat kondisi jalan ketika masuk atau keluar landasan pacu.

7. Strobes

lampu pesawat twitter

Lampu strobes adalah lampu berkedip penunjuk aktivitas pesawat.

(mgg/dimas satria putra)