Brilio.net - Beberapa waktu lalu, tepatnya Senin 11 Juli 2016, NASA Dynamics Observatory menemukan sebuah lubang baru di bawah sinar matahari yang besar dan berwarna hitam di korona matahari. Lubang ini konon diramalkan akan muncul dari waktu ke waktu. Wah..

"Sebuah lubang koronal adalah tempat di mana medan magnet matahari terbuka ke ruang antar planet, yang memungkinkan material panas dari korona untuk mempercepat keluarnya panas tersebut. Akibatnya, daerah ini memiliki sangat sedikit plasma panas dibandingkan dengan panas di lingkungan yang lebih cerah. Sehingga mereka tampak jauh lebih gelap." ujar Tom Yulsman dari ImaGeo di catatan blog-nya.

seperti dilansir brilio.net dari huffingtonpost.com, Kamis (14/7), NASA mengatakan bahwa ini adalah lubang koronal yang dapat muncul selama beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan pada satu waktu, dan dapat mengambil sebanyak seperempat dari permukaan matahari.

Sementara lubang di bawah sinar matahari sebenarnya tidak berbahaya, hanya saja dapat menyebabkan masalah di bumi, yakni angin surya dari korona dapat membentuk badai matahari, yang dapat mengganggu sistem satelit dan komunikasi radio.

Tetapi, di sisi lain, mereka juga dapat menghasilkan beberapa aurora yang cukup menakjubkan. Seperti apa?

Loading...

Cek gambar-gambar menakjubkan yang baru dirilis oleh NASA di halaman selanjutnya. Bikin kagum.. KLIK NEXT