Brilio.net - Terlepasnya ikatan pada tali sepatu selama ini dianggap hal yang sangat wajar terjadi. Apalagi jika kamu melakukan aktivitas yang lumayan berat seperti berlari atau berjalan cepat. Namun kini, kamu bisa tahu kenapa ikatan tali sepatu tersebut sering lepas, tentu dengan penjelasan yang ilmiah, bukan jawaban asal-asalan.

Seperti laporan yang dimuat Proceedings of the Royal Society, grup ilmuwan dari University of California, Berkeley, Amerika Serikat (AS) yang terdiri dari Christopher Daily-Diamond, Christine Gregg dan Oliver O’Reilly mengemukakan hasil penelitian mereka selama dua tahun tersebut. "Ada dua faktor yang menyebabkan tali sepatu kendor sendiri, yaitu hentakan kaki dan ujung tali sepatu yang menjunta. Kaki yang menghentak akan jadi pemicu utama dan tali yang menjuntai akan semakin mengendorkannya," ulas mereka seperti dilansir brilio.net dari economist, Selasa (18/4).

Hasil tersebut didapat setelah melakukan pengamatan selama 100 jam dengan kamera berkecepatan tinggi dan menggunakan alat yang disebut Accelometer kepada seorang atlet yang berlari di atas treadmill. Yang mengejutkan, didapat fakta bahwa gaya yang bekerja pada ujung tali sepatu atlet yang sedang berlari atau berjalan cepat lebih kuat dibandingkan dengan roller coaster berkecepatan tinggi.

Lalu bagaimana teknik ikatan yang paling oke biar ikatan tali sepatu nggak gampang lepas? O'Reilly menjelaskan, ikatlah tali sepatu yang membuat ikatan dan ujung tali sepatu mengarah tegak lurus terhadap kaki.

Berikut ilustrasi mengikat tali sepatu agar lebih kuat yang brilio.net lansir dari Proceedings of the Royal Society.

Loading...

Tali sepatu © 2017 economist.com

Selamat mencoba mengikat tali sepatu dengan gaya baru. Meski sedikit terasa asing, tapi nggak ada salahnya dicoba, Guys.