1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Ilmiah
29 Desember 2016 08:03

Ini yang dilakukan British Petroleum dalam rangka transformasi digital

BP telah berkecimpung dalam bisnis minyak dan gas selama lebih dari 100 tahun.
foto: businessinsider.com

Brilio.net - Untuk perusahaan seperti BP atau British Petroleum, yang telah berkecimpung dalam bisnis minyak dan gas selama lebih dari satu abad, mengadopsi teknologi baru bisa menjadi tugas yang sulit. Tidak hanya membutuhkan waktu bertahun-tahun saja untuk sepenuhnya menyebarkan produk baru, tetapi ada juga isu-isu keamanan yang perlu ditangani sebelum membuat keputusan untuk mengganti teknologi lama dengan teknologi yang baru.

Meski begitu, Ahmed Hashmi, Global Head of Upstream Technology dari BP, mengatakan bahwa seharusnya hal tersebut tidak menghentikan perusahaan dari terus mencari peluang investasi baru.

“Jika kamu tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya, maka lakukanlah sesuatu. Langkah pertama berarti membuka tiga langkah berikutnya untuk Anda, dan kemudian membuka beberapa langkah berikutnya. Itu seperti efek eksponensial,” kata Hashmi di acara GE’s Minds + Machines conference, beberapa waktu lalu.

Inisiatif terbaru BP ini berada di area transformasi digital. Perusahaan ingin mengubah fasilitas yang lama menjadi platform yang lebih berteknologi maju menggunakan cloud dan perangkat lunak analisis.

Misalnya, BP mengumumkan program percontohan baru yang akan menempatkan software Pembangkit Listrik Operasi Advisor (POA) milik General Electric (GE) di salah satu platform yang terbesar di lepas pantai, yang memproduksi minyak di Teluk Meksiko.

Perangkat lunak baru tersebut akan memungkinkan platform produksi lepas pantai untuk mengumpulkan data secara real-time untuk mencegah fasilitas tiba-tiba mati begitu saja. Hal ini tentu saja diharapkan juga untuk bisa meningkatkan efisiensi operasional hingga 4%, yang berpotensi menyebabkan penghematan ratusan juta dolar setiap tahunnya jika diluncurkan secara global.

“Ini tentang meningkatkan dan memahami bagaimana peralatan beroperasi. Sebelum terjadi sesuatu, Anda dapat melakukan intervensi dan memperbaikinya,” lanjut Hashmi.

Chief Digital Officer dari GE, Matthias Heilmann menyamakan software POA ke Fitbit dengan lebih profesional, mengingat GE dapat memonitor kinerja dengan data real-time sehingga mencegah hal-hal buruk terjadi. BP tidak lagi berinvestasi dalam data besar untuk teknologi seismik 2D dan 3D modeling selama tiga dekade terakhir.

“Kami harus mendapatkan embarking yang nyaman pada investasi digital,” kata Hashmi.

Bahkan, BP mengatakan bahwa anggaran perusahaan untuk R&D yang dibelanjakan pada inisiatif digital meningkat tahun lalu, meskipun investasi keseluruhan R&D menyusut karena harga minyak yang lebih rendah. Sebagai contoh, perusahaan kini memiliki komputer super terbesar di dunia untuk penelitian komersial, dan juga telah mengembangkan alat Well Advisor tool yang membantu memantau apa yang terjadi di sumur yang dibor dan siap untuk produksi di permukaan dan bawah laut.

Semua ini secara teoritis dapat membantu perusahaan mencegah bencana yang tak terduga, seperti yang terjadi pada tahun 2010, yakni ledakan di rig minyak Deepwater Horizon Ini juga akan membantu perusahaan beroperasi secara lebih efisien dan efektif pada tahun 2050, seperti yang terlihat pada grafik di bawah ini dari BP:

foto: businessinsider.com

Hashmi juga mengatakan bahwa penting baginya untuk menanamkan pola pikir yang berbeda di BP untuk menjaga budaya inovasi. Dia menunjuk tiga hal yang perlu diingat bagi setiap organisasi yang ingin mendorong perubahan internal:

1. “Kamu tahu bisnismu lebih baik dari orang lain.”

Fokus pada di mana nilai yang bisa diambil, kemudian lakukan apa yang menurut kamu benar, percayalah bahwa suatu invasi akan mengubah bisnismu.


2. “Kamu tahu, percaya diri adalah poin utama yang harus kamu lakukan.”

Meskipun bersama dengan partner, kamu paham bahwa kamu bersama dengan orang-orang dengan keterampilan yang saling melengkapi.


3. “Pilih orang-orang terbaik untuk menjalankan bisnis bersamamu.”

Yang terbaik di sini maksudnya, ia tidak hanya berarti mampu, tetapi mereka dengan perilaku yang luar biasa yang dapat menahan diri, bertanggung jawab, dan memungkinkan orang lain juga untuk menahan diri, serta bertanggung jawab pula.

 

(brl/tin)

Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

Ini yang dilakukan British Petroleum dalam rangka transformasi digital.
BP telah berkecimpung dalam bisnis minyak dan gas selama lebih dari 100 tahun.
https://www.brilio.net/ilmiah/ini-yang-dilakukan-british-petroleum-dalam-rangka-transformasi-digital-161228r.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


Jangan cuma disimpen sendiri,
Posting karyamu dan menangin uang tunai
di platform baru, Brilio Creator!

Ikutan Di Sini
TOP

Would you like to switch to the English Version?