Brilio.net - Kamu pasti sering mendengar orang berkata, "Duh, mending pusing karena sibuk daripada nganggur!", ya kan? Kok, orang lebih memilih sibuk sih ketimbang menganggur? Bukankah dengan menganggur orang bisa bersantai melakukan apa yang disukainya di luar pekerjaan, ya?

Sebuah studi baru dalam jurnal Frontiers in Aging Neuroscience menyatakan bahwa kesibukan justru baik bagi fungsi otak, lho. Tim peneliti dari University of Texas, Dallas, Amerika Serikat melihat perbedaan memori dan fungsi otak lainnya pada pria dan wanita berusia 50-89 tahun saat mereka sibuk dan nggak sibuk.

"Orang-orang yang melaporkan tingkat kesibukan tinggi cenderung punya kognisi yang lebih baik, khususnya terkait memori untuk informasi yang baru dipelajari. Ini menunjukkan memiliki gaya hidup sibuk memunculkan manfaat bagi fungsi mental," ujar pemimpin peneliti Sara Festini pada media Huffington Post, sebagaimana dikutip brilio.net, Rabu (27/7).

BACA JUGA: Kamu kurang kerjaan, mungkin kamu pernah ngalamin 1 dari 12 foto ini

Ada 330 partisipan yang menjalani sejumlah tes neuropsikologi dan menyelesaikan survei di rumah, yang mengukur hal-hal seperti pemanggilan kembali memori, kosa kata, penalaran, dan kecepatan pemrosesan otak. Dari aktivitas ini, ditemukan bahwa orang-orang yang sibuk cenderung menikmati fungsi kognisi tersebut lebih baik secara keseluruhan, terutama ketika dia mengingat peristiwa masa lalu, tanpa memandang usia.

Loading...

"Secara keseluruhan, temuan kami memberikan dorongan untuk mempertahankan keaktifan, gaya hidup sibuk sepanjang usia tengah dan akhir dewasa," lanjut Festini.

Sibuk di sini bukan berarti sampai nggak kenal waktu istirahat lho, guys. Melainkan lebih melakukan kegiatan bermanfaat sepanjang usia. Soalnya para tim peneliti menyatakan alasan orang yang sibuk memiliki kognisi lebih bagus bisa jadi akibat dia punya lebih banyak tugas, suka belajar hal baru apa aja, suka tantangan baru, belajar keterampilan berbeda, dan sebagainya. Tim peneliti pun menambahkan bahwa perlu ada studi lebih lanjut untuk memahami fenomena ini.

Jadi, kamu sibuk ngapain, guys?