Brilio.net - Masih kebayang dong gimana susahnya menghafalkan tabel periodik waktu pelajaran kimia di SMA? Kamu punya cara kreatif nggak untuk menghafalkannya? Nah, ada nih seorang ibu yang kreatif mengajarkan tabel periodik kimia pada anaknya dengan permainan Battleship atau kapal perang. Karyn Tripp namanya.

Saat masih kecil atau mungkin malah sekarang, kamu pernah nggak bermain kapal perang? Permainan ini biasanya dilakukan dengan membuat tabel berukuran tertentu pada kertas. Kamu perlu menentukan di mana lokasi "kapal perang" kamu pada tabel itu. Nah, permainan dilakukan dengan cara menebak di mana lokasi "kapal perang" milik musuh. Siapa yang pertama kali menghancurkan semua kapal lawan berarti menang.

Permainan ini rupanya sangat sering dimainkan oleh Karyn Tripp dan anak-anaknya. Karyn adalah seorang ibu dari empat anak yang sudah mendidik anak-anaknya dengan cara homeschooling selama tujuh tahun terakhir.

"Saya sedang belajar kimia dengan anak-anak saya dan kami berusaha untuk menghafal tabel periodik. Tiba-tiba ide untuk menghafalkan tabel kimia dengan permainan kapal muncul begitu saja," tutur Karyn Tripp seperti dilansir brilio.net dari Huffingtonpost, Senin (25/1).

tabel periodik © 2016 brilio.net

Loading...

Dalam game buatan Karyn ini mereka akan bermain kapal perang dengan tabel periodik. Jadi setiap kali mengincar kapal lawan, kamu harus menyebutkan elemen yang kamu tebak kemudian lawan harus mencari di mana letak elemen itu. Cara yang efektif dan menarik bukan?

Gegara metode ini, anak Karyn yang berusia 11 tahun sekarang menjadi pecinta ilmu kimia. Ia bahkan memiliki poster tabel periodik kimia yang ditempel pada dinding kamarnya.

Gimana, kamu juga berniat untuk mencoba game kapal perang dengan tabel periodik ini?