Brilio.net - Kalau kamu berpikir Bumi itu sudah sangat luas, maka luar angkasa tentu lebih luas lagi. Bayangkan saja, masih ada banyak planet yang berada di ruang angkasa.

Selama bertahun-tahun, para astronom telah menjelajahi antariksa untuk menemukan planet mirip Bumi di sistem bintang asing atau yang disebut dengan ekstrasurya. Mereka berharap menemukan planet yang dapat menyokong kehidupan manusia.

Penjelajahan tersebut menghasilkan banyak penemuan planet di antaranya ada beberapa yang memiliki kemiripan dengan Bumi. Dilansir brilio.net dari National Geographic, Rabu (31/8), ini dia 8 planet yang memiliki banyak kemiripan dengan Bumi:

1. Kepler-186f.

planet mirip bumi  © 2016 brilio.net

Loading...

Planet seukuran Bumi ini berada sekitar 500 tahun cahaya dari Bumi, tepatnya pada konstelasi Cygnus. Kepler-186F berada dalam zona Goldilocks yaitu zona planet yang bisa dihuni karena berada cukup dekat dengan matahari tempat ia mengorbit.

2. TRAPPIST-1.

planet mirip bumi  © 2016 brilio.net

Bintang ultra dingin yang disebut TRAPPIST-1 menjadi rumah bagi setidaknya tiga planet mirip Bumi. Planet-planet yang ukuran dan suhunya mirip Venus dan Bumi ini terletak sekitar 40 tahun cahaya.

3. Kepler-438b.

planet mirip bumi  © 2016 brilio.net

Ukuran dan suhu planet Kepler-438b memang sama dengan Bumi. Hanya saja jarak dengan bintang Katai Merah dengan orbitnya lebih dekat dibanding jarak Bumi ke Matahari. Planet ini disebut tak layak huni karena badai matahari rutin terjadi dari bintang Katai Merah.

4. OGLE-2013-BLG-0341LBb.

planet mirip bumi  © 2016 brilio.net

Planet ini memiliki massa sekitar dua kalinya Bumi dan terletak hampir 3000 tahun cahaya di konstelasi Sagittarius. Planet tersebut mengorbit salah satu dari dua sistem bintang ganda, dan jarak planet dengan bintang induknya juga tak terlalu jauh.

Sayangnya, bintang planet tersebut lebih redup dibandingkan matahari kita, sehingga tidak menghasilkan banyak panas. Dengan demikian, planet tersebut menjadi tak layak huni.

5. Gliese 667Cc.

planet mirip bumi  © 2016 brilio.net

Planet ini memiliki jarak yang cukup dekat dengan Bumi, jaraknya hanya 22 tahun cahaya di rasi bintang Scorpius. Yang membuat planet ini aneh adalah lokasinya, menurut para ilmuwan, sangat sulit menyelidiki planet di sekitar bintang Gliese 667 C.

6. Wolf 1061c.

planet mirip bumi  © 2016 brilio.net

Planet Wolf 1061c diyakini memiliki empat kali massa Bumi. Planet ini adalah salah satu dari tiga planet yang ditemukan di sekitar bintang Katai Merah yang dikenal sebagai Wolf 1061. Planet ini mengitari bintang induknya tiap 18 hari.

7. Kepler-22b.

planet mirip bumi  © 2016 brilio.net

Kepler-22b merupakan planet pertama di luar tata surya yang ditemukan di zona layak huni. Planet tersebut ditemukan pada 2011 silam dan berukuran 2,4 kali lebih besar dibanding Bumi.

Kepler-22b mengelilingi bintang yang mirip matahari dan memiliki orbit mirip Bumi. Waktu yang dibutuhkan planet ini untuk mengelilingi bintang induknya yakni 290 hari, dengan suhu permukaan 22 derajat celcius. Jaraknya sekitar 600 tahun cahaya dari Bumi.

8. Proxima Centauri b.

planet mirip bumi  © 2016 brilio.net

Proxima b berukuran sekitar 1,3 kalinya Bumi, dan berada di zona yang memungkinkan adanya air dalam bentuk cair. Jaraknya sekitar 4,2 tahun cahaya dari Bumi dan mengelilingi bintang katai Proxima Centauri.