Tumbuh lebih lebat, YouTuber ini tunjukkan trik atasi rambut botak depan pakai 1 bahan rempah

Tumbuh lebih lebat, YouTuber ini tunjukkan trik atasi rambut botak depan pakai 1 bahan rempah

Brilio.net - Rambut botak depan memang bisa dialami oleh hampir semua orang. Biasanya kondisi rambut botak depan ini banyak dialami kaum pria, seiring bertambahnya usia. Meskipun begitu, tak dipungkiri bahwa masalah rambut botak depan juga bisa terjadi pada wanita.

Bagi para pria, rambut botak depan terjadi umumnya setelah masa pubertas. Mereka mengalami kebotakan rambut depan saat memasuki usia 30 tahun ke atas. Saat menginjak usia tersebut, secara perlahan garis rambut mulai bergeser dan tanpa kamu sadari, kebotakan hampir mencapai setengah dari kepala.

Selain disebabkan oleh usia yang semakin bertambah, rambut botak depan juga bisa terjadi karena perubahan hormonal. Perubahan hormonal, terutama pada pria, dapat menyebabkan penipisan rambut dan kebotakan di bagian depan. Hormon dihydrotestosterone (DHT) bisa menyebabkan folikel rambut menjadi lebih kecil dan akhirnya berhenti menghasilkan rambut baru.

Stres berlebihan juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kerontokan rambut. Ketika stres, tubuh melepaskan hormon-hormon tertentu yang bisa merusak folikel rambut. Cara mengatasinya, kamu bisa mengelola stres, menjaga pola makan seimbang, dan menghindari perawatan rambut yang berlebihan. Selain itu, imbangi dengan perawatan rambut yang sesuai seperti halnya mengaplikasikan hair oil.

Kamu bahkan bisa membuat hair oil sendiri dengan memanfaatkan satu bahan rempah yaitu star anise atau bunga lawang. Sama halnya yang dilakukan seorang YouTuber @HairTransformation. Dalam unggahan video di kanal YouTube nya, ia memanfaatkan bunga lawang yang dikombinasikan dengan minyak kelapa, castor oil, dan lidah buaya.

Bunga lawang atau bunga cengkeh adalah bunga yang terkait erat dengan khasiat obat tradisional. Meskipun lebih dikenal sebagai bumbu dapur, minyak esensial yang diekstrak dari bunga lawang memiliki beberapa manfaat yang telah lama diakui dalam perawatan rambut, termasuk untuk mengatasi masalah kebotakan. Minyak esensial bunga lawang memiliki sifat-sifat yang merangsang pertumbuhan rambut baru. Sehingga dapat membantu meningkatkan kekuatan dan ketebalan, serta mempercepat proses regenerasi sel-sel rambut.

Bunga lawang memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan di kulit kepala. Hal tersebut penting karena peradangan dapat menyebabkan kerusakan pada folikel rambut dan menyebabkan kerontokan rambut.

Minyak kelapa telah lama digunakan dalam perawatan rambut karena kandungan nutrisi dan sifat-sifatnya yang melembapkan. Bahan alami ini diklaim mampu melembapkan kulit kepala dan menjaga folikel rambut tetap sehat. Pijatan dengan minyak kelapa dapat meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut, mempromosikan pertumbuhan rambut yang sehat. Asam lemak dalam minyak kelapa membantu memperkuat akar rambut dan mencegah kerontokan rambut.

Minyak castor, terutama minyak castor hitam, telah terbukti efektif dalam merangsang pertumbuhan rambut. Minyak castor kaya akan vitamin E, protein, serta mineral seperti zat besi dan selenium, yang penting untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Kandungan antioksidan dalam minyak castor membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan kerontokan.

Kemudian lidah buaya atau aloe vera adalah bahan alami yang dikenal karena berbagai manfaatnya untuk kesehatan kulit dan rambut. Gel lidah buaya mengandung enzim dan nutrisi penting yang membantu menyuburkan kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut baru. Kandungan proteolitik dalam lidah buaya membantu membersihkan pori-pori kulit kepala dari sebum dan kotoran, sehingga mencegah kebotakan.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES