Trik menghilangkan uban pakai masker dari 1 jenis bumbu dapur, rambut auto hitam berkilau

Trik menghilangkan uban pakai masker dari 1 jenis bumbu dapur, rambut auto hitam berkilau

Brilio.net - Memiliki rambut putih atau uban bisa jadi tidak menyenangkan bagi sebagian orang. Sebab, rambut beruban identik dengan orang yang sudah lanjut usia (lansia). Selain alasan usia, sebenarnya uban juga disebabkan oleh faktor genetik, kondisi kesehatan, kebiasaan merokok, atau sedang dalam proses pengobatan.

Uban adalah rambut yang kehilangan zat warna (pigmen) melanin sehingga tampak menjadi abu-abu atau putih. Setiap helai rambut memiliki akar yang dikelilingi oleh jaringan di bawah kulit yang disebut folikel rambut. Bagian folikel rambut inilah yang mengandung sejumlah sel pigmen yang memproduksi melanin untuk memberi warna pada helai rambut.

Seiring bertambahnya usia, sel-sel pigmen di folikel rambut secara bertahap akan mati. Ketika hal ini terjadi, sel pigmen pun akan turut berkurang dan melanin yang dihasilkan pun semakin sedikit. Oleh sebab itu, uban biasanya muncul pada orang-orang berusia lanjut. Meski begitu, uban dapat muncul pada usia berapa pun. Jika pada usia muda uban dalam bentuk rambut putih maupun rambut abu abu muncul hanya sehelai atau dua helai saja, ini tak perlu menjadi suatu kekhawatiran. Tetapi jika uban muncul dalam jumlah yang banyak, maka diperlukan perhatian yang lebih.



(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES