Trik mengatasi uban dan ketombe pakai masker dari 1 jenis buah, rambut auto sehat dan hitam berkilau

Trik mengatasi uban dan ketombe pakai masker dari 1 jenis buah, rambut auto sehat dan hitam berkilau

Brilio.net - Punya rambut yang bersih dan sehat tentu saja menjadi impian tersendiri bagi banyak orang. Karena rambut merupakan salah satu bagian yang memang terbukti menunjang penampilan. Rambut yang bersih dan sehat bisa menarik perhatian banyak orang. Akan tetapi rambut juga rentan sekali mengalami berbagai masalah.

Di antaranya ketombe dan uban. Kemunculan ketombe dan uban di kepala tentu saja membuat tak nyaman. Ketombe dan uban berpotensi memberikan efek gatal pada kepala. Uban dan ketombe sering kali dialami banyak orang termasuk kalangan muda. Meski uban sebagai salah satu tanda penuaan, akan tetapi tak sedikit pula orang yang masih berusia muda justru beruban. Hal tersebut disebabkan karena berbagai hal bisa dari genetik, atau pun gaya hidup yang kurang sehat.

Untuk mengatasi itu, banyak yang beralih menghilangkan uban dengan cara instan yakni semir. Hasilnya justru rambut rusak. Untuk menghilangkan ketombe, kebanyakan orang memilih produk yang tidak tepat. Hasilnya juga sama. Justru kulit kepala jadi tidak sehat dan ketombe tidak hilang.

Namun, kini tak perlu khawatir lagi. Pasalnya uban dan ketombe bisa dibasmi sekaligus dengan bahan alami. Bahkan kamu bisa menemukannya dengan mudah disekitarmu. Salah satunya yaitu seperti yang dibagikan oleh pemilik TikTok dengan nama akun @hannasusanti49 pada 12 April 2023 lalu.

Melalui unggahannya tersebut ia membagikan trik mengatasi uban dan ketombe pakai masker dari 1 jenis buah. Buah yang digunakan adalah jeruk nipis. Tak hanya jeruk nipis, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu kemiri dan minyak zaitun.

"Rambut Sehat Bebas Uban Dan Ketombe," tulisnya dalam keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @hannasusanti49, Jumat (9/6).

Trik mengatasi uban dan ketombe pakai masker dari 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Jeruk nipis menawarkan beragam nutrisi penting, termasuk kandungan vitamin C yang tinggi. Buah berbentuk kecil nan mungil ini juga memiliki kandungan nutrisi lain, seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, zat besi, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, kalium, folat, fosfor, dan magnesium.

Dari semua nutrisi yang terkandung dalam jeruk nipis, vitamin C dan asam sitrat dipercaya paling bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan rambut. Jeruk nipis memiliki manfaat untuk menyehatkan rambut, salah satunya mengatasi ketombe. Kandungan asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis dan buah-buahan citrus lain seperti lemon, dipercaya mampu mengatasi masalah ketombe dan kulit kepala yang mengering.

Manfaat jeruk nipis untuk rambut beruban juga cukup menjanjikan. Secara umum, kandungan nutrisi untuk rambut seperti seperti asam sitrat, kalsium, magnesium, vitamin C, pektin, dan flavonoid dalam jeruk nipis dipercaya mampu membantu meningkatkan kesehatan rambut dan mencegah timbulnya uban.

Sedangkan, kemiri tidak hanya memiliki kegunaan sebagai bumbu dapur semata. Ternyata kemiri memiliki manfaat lain, yakni untuk kesehatan rambut. Manfaat itu berasal dari berbagai kandungan yang ada dalam minyak kemiri, seperti gliserida, asam linoleat, protein, vitamin B1, vitamin E, dan mineral yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut.

Kemiri mampu mengurangi peradangan akibat ketombe. Manfaat ini didapatkan dari adanya asam linoleat, yang merupakan jenis asam lemak tak jenuh omega-6 yang memiliki fungsi sebagai antiinflamasi. Selain bersifat sebagai antiinflamasi, kandungan tersebut dikenal efektif untuk mengurangi peradangan kulit kepala akibat ketombe.

Tak hanya itu, kemiri juga bisa menjadi salah satu bahan untuk mengatasi uban. Manfaat kemiri untuk mencegah uban didapatkan dari adanya kandungan vitamin E sebagai antioksidan yang berfungsi mencegah tanda-tanda penuaan dini, satu di antaranya adalah rambut beruban.

Begitupun dengan minyak zaitun yang memiliki manfaat untuk menenangkan kulit kepalamu karena mengandung sifat antibakteri dan antijamur. Kandungan tersebut membantu mengurangi rasa gatal, mengatasi kekeringan, melawan ketombe dan melancarkan folikel rambut yang tersumbat. Kegunaan minyak zaitun untuk rambut yang juga penting adalah untuk mengurangi pertumbuhan uban.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES