Trik memudarkan uban pakai masker dari 1 jenis bumbu dapur, bikin rambut auto hitam berkilau

Trik memudarkan uban pakai masker dari 1 jenis bumbu dapur, bikin rambut auto hitam berkilau

Brilio.net - Punya rambut yang sudah sebagian beruban memang dapat menurunkan kepercayaan diri. Biasanya, kondisi ini akan mulai muncul saat seseorang memasuki usia 30 tahun ke atas. Tapi ternyata uban juga bisa dialami oleh orang yang tergolong masih muda, seperti anak remaja. Hal ini karena ada berbagai faktor yang jadi pemicu, seperti penuaan, genetik, stres, perubahan hormon, hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Uban adalah rambut yang kehilangan zat warna (pigmen) melanin sehingga tampak menjadi abu-abu atau putih. Setiap helai rambut memiliki akar yang dikelilingi oleh jaringan di bawah kulit yang disebut folikel rambut. Bagian folikel rambut inilah yang mengandung sejumlah sel pigmen yang memproduksi melanin untuk memberi warna pada helai rambut.

Seiring bertambahnya usia, sel-sel pigmen di folikel rambut secara bertahap akan mati. Ketika hal ini terjadi, sel pigmen pun akan turut berkurang dan melanin yang dihasilkan pun semakin sedikit. Oleh sebab itu, uban biasanya muncul pada orang-orang berusia lanjut.

Uban yang muncul pada usia muda atau remaja disebut dengan uban prematur. Umumnya kondisi ini disebabkan oleh genetik atau keturunan. Jadi, jika orang tua mulai tumbuh uban saat usianya masih muda, maka anak dan keturunannya juga berpotensi mempunyai uban di usia muda. Meski begitu, gaya hidup dan stres juga memiliki peran besar dalam pertumbuhan uban dini.

Namun demikian, uban dapat muncul pada usia berapa pun. Jika pada usia muda uban dalam bentuk rambut putih maupun rambut abu abu muncul hanya sehelai atau dua helai saja, ini tak perlu menjadi suatu kekhawatiran. Tetapi jika uban muncul dalam jumlah yang banyak, maka diperlukan perhatian yang lebih.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan uban? Ada banyak langkah yang bisa kamu lakukan, antara lain dengan melakukan pewarnaan ulang. Cara inilah yang banyak ditempuh karena prosesnya cepat dan juga efektif. Sayangnya, hasil dari pewarnaan rambut cenderung tidak tahan lama dan akan kembali memutih. Sehingga beberapa orang mencoba cara lain untuk menghilangkan uban, yaitu dengan cara alami.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES