Trik hilangkan ketombe hanya pakai 1 jenis biji-bijian, antigatal dan bersih

Trik hilangkan ketombe hanya pakai 1 jenis biji-bijian, antigatal dan bersih

Brilio.net - Tidak hanya rambut rontok saja yang menjadi permasalahan bagi kulit kepala. Namun, munculnya ketombe dengan jumlah yang cukup banyak juga membuat sejumlah orang risau akan hal tersebut. Bahkan, ketombe yang muncul dipermukaan rambut dapat menurunkan rasa percaya diri. Lantaran, serpihan putih seringkali terlihat ketika menggunakan pakaian berwarna hitam.

Penyebab utama dari adanya ketombe adalah kondisi kulit kepala yang menghasilkan minyak berlebihan, sehingga memicu pertumbuhan jamur yang disebut Malassezia. Jamur ini adalah salah satu penyebab utama ketombe. Selain disebabkan adanya jamur, ketombe bisa muncul karena penggunaan produk hair care yang tidak tepat.

Jangan khawatir, kondisi kulit kepala berketombe ini bisa kamu atasi dengan berbagai cara. Salah satunya dengan merawat rambut menggunakan bahan alami. Kali ini bahan yang bisa kamu gunakan berasal dari biji-bijian yaitu fenugreek seed.

Bahan alami yang satu ini mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein, lemak sehat, serat, zat besi, kalsium, dan vitamin C. Kandungan ini membuat biji fenugreek bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, mencegah kerontokan, mengatasi ketombe, melembapkan, mengurangi peradangan, dan menyehatkan.

Sementara itu, kombinasi bahan dengan minyak kelapa dapat meningkatkan kelembapan rambut, mengurangi kerusakan, dan merawat kulit kepala. Pasalnya, coconut oil ini memiliki kandungan berupa sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dimilikinya membantu mengurangi peradangan, mengatasi ketombe, dan menjaga keseimbangan mikroba di kulit kepala.

Itulah beberapa manfaat dari fenugreek seed dan coconut oil yang bisa kamu dapatkan. Lantas bagaimana cara menggunakan bahan tersebut? Yuk, intip tutorial yang dibagikan pengguna YouTube Timetoshine, Senin (12/6).

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES