Tanpa tambahan lemon, cara wanita hempas ketombe dan gatal di kepala ini cuma pakai 2 bahan dapur

Tanpa tambahan lemon, cara wanita hempas ketombe dan gatal di kepala ini cuma pakai 2 bahan dapur

Brilio.net - Lemon adalah salah satu buah citrus yang memiliki manfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Selain mampu menyeimbangkan pH kulit kepala dan mengurangi produksi minyak di rambut, lemon ternyata juga ampuh untuk mengatasi ketombe. Ini berkat kandungan asam sitrat di dalamnya.

Meski berkhasiat, namun penggunaan lemon yang terlalu sering dapat menyebabkan iritasi di kulit kepala bagi sebagian orang. Untuk itu, penggunaannya tetap harus diawasi.

Terlepas dari hal itu, ketombe sebenarnya merupakan masalah umum yang dialami kebanyakan orang. Masalah rambut ini lebih sering muncul pada orang yang jarang keramas atau kurang menjaga kebersihan rambut. Tak hanya itu, ketombe juga disebabkan oleh beberapa faktor lain, seperti produksi minyak yang berlebihan di kulit kepala, efek stres, perubahan hormon, penggunaan hair care yang tidak cocok, hingga penyakit tertentu. Seperti kulit kepala berjamur, psoriasis, dan dermatitis seboroik.

Walaupun sebenarnya tidak berbahaya, namun ketombe dapat mengganggu penampilan. Bahkan ketombe juga akan menimbukan rasa gatal yang tak tertahankan, sehingga membuat siapapun yang mengalaminya ingin terus menggaruk. Padahal menggaruk bukanlah sebuah solusi, karena justru akan melukai kulit kepala dan bisa menyebabkan iritasi.

Untuk menghilangkan ketombe dan mengurangi rasa gatal di kepala, kamu bisa lho memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti yang dibagikan seorang wanita melalui akun TikTok pribadinya @lysie.m_ pada 4 Juli 2023.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES