Tanpa tambahan jintan hitam, ini trik mencegah rambut memutih pakai masker dari 2 bahan alami

Tanpa tambahan jintan hitam, ini trik mencegah rambut memutih pakai masker dari 2 bahan alami

Brilio.net - Perubahan warna rambut dari hitam menjadi putih tidak hanya dialami oleh mereka yang berusia di atas 40 tahunan. Namun rambut memutih ini bisa saja dialami oleh orang berusia 20 tahunan. Kondisi ini tidak hanya dipengaruhi oleh proses penuaan secara alami. Tetapi ada beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya uban yang lebih cepat.

Terjadinya uban pada seseorang ini bisa terjadi karena rambut kehilangan pigmen warna atau melanin. Perlu kamu ketahui, rambut manusia memiliki pigmen yang memberikan warna dan terdiri dari dua jenis yaitu eumelanin (hitam dan cokelat), serta pheomelanin (kuning dan merah). Namun seiring dengan bertambahnya usia, sel-sel melanosit yang bertanggung jawab untuk produksi melanin ini mengalami penurunan kinerja. Hal ini menyebabkan rambut kehilangan pigmen dan berubah menjadi uban.

Penyebabnya bisa datang dari berbagai sumber. Jika uban cepat muncul di usia muda, penyebab utamanya adalah stres berat. Kondisi ini bisa menyebabkan uban berubah warna karena produk melanin menurun. Selain itu, kekurangan nutrisi, seperti vitamin B12 juga bisa mempengaruhi kondisi tersebut.

Walaupun begitu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar rambut tidak mudah berubah warna. Salah satunya adalah rutin melakukan perawatan dan memenuhi nutrisi rambut. Untuk memenuhi nutrisi tersebut kamu bisa menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami.

Bukan jintan hitam yang kali ini dimanfaatkan. Ada bahan alternatif lain yang bisa kamu gunakan yaitu bubuk amla. Bahan ini dikenal sebagai bubuk Emblica officinalis atau Indian gooseberry adalah produk alami yang berasal dari buah amla yang kaya akan vitamin C dan antioksidan.

Kandungan tersebut bisa mencegah penuaan dini pada rambut, sehingga mencegah munculnya uban. Selain itu, vitamin C dan antioksidan di dalam bahan ini bisa memperkuat akar rambut, mengurangi kebotakan, dan meningkatkan produksi melanin di dalam rambut.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES