Tanpa semir, beauty vlogger ini tunjukkan cara menyamarkan uban pakai masker rambut dari 1 biji-bijian

Tanpa semir, beauty vlogger ini tunjukkan cara menyamarkan uban pakai masker rambut dari 1 biji-bijian

Brilio.net - Munculnya rambut beruban di kulit kepala tidak hanya menjadi masalah bagi mereka yang sudah berusia di atas 40 tahunan. Kondisi ini juga bisa dirasakan oleh mereka yang masih berusia 20 tahunan.

Tentunya fenomena ini tidak terjadi begitu saja, ada faktor yang memengaruhi munculnya rambut beruban. Salah satunya adalah stres yang berlebihan. Kondisi tubuh stres secara tidak langsung memengaruhi kesehatan rambut kamu. Stres dapat memicu pelepasan hormon tertentu yang memengaruhi siklus pertumbuhan rambut dan produksi melanin.

Sementara itu, proses munculnya uban bermula dari pigmen melanin yang mulai menurun. Perlu kamu ketahui, warna alami rambut ditentukan oleh pigmen melanin yang diproduksi oleh melanosit di folikel rambut.

Ada dua jenis melanin yang berperan dalam pembentukan warna rambut, seperti eumelanin yang menghasilkan warna hitam dan cokelat. Kemudian ada pheomelanin yang menghasilkan warna kuning dan merah. Saat kamu memasuki fase penuaan, produksi melanin itu berkurang secara bertahap dan menyebabkan rambut kehilangan warnanya.

Selain disebabkan oleh produksi melanin secara alami, tumbuhnya rambut beruban juga disebabkan oleh kerusakan sel melanosit. Kondisi ini biasanya terjadi karena rambut terlalu sering terpapar sinar matahari, dan radikal bebas. Pengaruh tersebut mampu menghambat produksi melanin dan mempercepat munculnya rambut beruban.

Munculnya uban mungkin membuat kamu merasa tidak nyaman dan ingin menyamarkannya. Jika biasanya orang menyemir rambut, kamu tidak perlu melakukan itu. Cukup dengan mengaplikasikan hair mask saja.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES