Tanpa sampo khusus, ini cara atasi ketombe dan kulit kepala mengelupas cuma pakai 2 bahan dapur

Tanpa sampo khusus, ini cara atasi ketombe dan kulit kepala mengelupas cuma pakai 2 bahan dapur

Brilio.net - Bagi beberapa orang ketombe bukan lah masalah yang serius. Namun bagi sebagian lainnya, ketombe adalah masalah kulit kepala yang cukup meresahkan. Pasalnya dapat membuat rambut mudah lepek dan kotor. Masalah ini lebih sering muncul pada orang yang jarang memperhatikan kebersihan rambutnya.

Tak hanya itu saja, ketombe juga dapat muncul akibat produksi minyak atau sebum yang berlebihan di kulit kepala, efek stres, perubahan hormon, perubahan cuaca, penggunaan haircare yang tidak cocok, dan penyakit tertentu. Karena beberapa faktor tersebut, keseimbangan pH kulit kepala jadi terganggu sehingga ketombe mudah muncul dan terkadang akan menimbulkan rasa gatal.

Karena disebabkan oleh kulit kepala yang terlalu berminyak atau terlalu kering, ketombe sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu ketombe kering dan basah. Ketombe kering biasanya akan menimbulkan rasa yang gatal dan berbentuk serpihan seperti kerak yang mudah berguguran. Nah, ketombe kering ini disebabkan oleh sel kulit mati pada kulit kepala yang mengelupas.

Penyebab utama kulit kepala menjadi sangat kering adalah eksim, atau kondisi di mana kulit kepala menjadi gatal, bersisik, dan lama-kelamaan mengelupas seperti ketombe. Meski menjadi kedua hal yang berbeda, namun ketombe basah dan kulit kepala yang mengelupas sama-sama menghasilkan serpihan putih yang membuat rambut jadi tampak kotor.

Sebagai solusinya, kamu bisa mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Tanpa sampo khusus, karena pemilik akun TikTok @skincarebytanisha pada 17 Desember 2023, justru memakai 2 bahan dapur untuk mengatasi ketombe dan kulit kepala mengelupas. Bahan dapur yang dimaksud adalah minyak kelapa dan lemon.

"Dandruff on hair?? My favourite home remedy to get rid from dandruff. This remedy has been working great (Ketombe di rambut?? Obat rumahan favorit aku untuk menghilangkan ketombe. Obat ini telah bekerja dengan baik)," kata pemilik akun dalam keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @skincarebytanisha, Selasa (23/1).

Atasi ketombe dan kulit kepala mengelupas Berbagai sumber

foto: freepik.com

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES