Tanpa produk pewarna, beauty vlogger ini tunjukkan cara hilangkan uban pakai semir dari 1 bubuk minuma

Tanpa produk pewarna, beauty vlogger ini tunjukkan cara hilangkan uban pakai semir dari 1 bubuk minuma

Brilio.net - Rambut beruban merupakan tanda penuaan yang tidak hanya terjadi pada orang lanjut usia, tetapi juga mereka yang berusia 20 tahunan. Penyebabnya tidak hanya berasal dari penuaan, melainkan timbul dari stres, faktor genetik, gaya hidup, dan kondisi medis tertentu.

Rambut manusia memperoleh warna dari pigmen yang disebut melanin. Melanin terdiri dari dua jenis yaitu eumelanin (memberikan warna gelap) dan pheomelanin (memberikan warna terang).

Saat seseorang memasuki usia tertentu, biasanya sekitar usia 30-an atau 40-an, produksi melanin oleh melanosit mulai menurun. Kondisi tersebut menyebabkan perubahan warna rambut dari hitam menjadi abu-abu atau putih. Hal ini terjadi karena melanin tidak lagi diproduksi dalam jumlah cukup untuk memberikan warna rambut. Akibatnya, rambut mulai kehilangan warna alaminya dan tampak beruban.

Memberikan tampilan yang cukup mengganggu, tak heran jika sejumlah orang mencari cara menghilangkan uban. Biasanya mereka memilih untuk menggunakan produk semir yang dijual di pasaran. Penggunaan produk semir memang bisa menutup uban, akan tetapi terlalu sering menggunakannya bisa membuat rambut jadi kering, mudah patah, dan cepat rusak.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan semir yang terbuat dari bahan alami. Seperti yang dilakukan beauty vlogger @deebasbeautyremedie. Dalam unggahan video di kanal YouTubenya, ia memanfaatkan bubuk kopi hitam dan tepung jagung. Kedua bahan tersebut punya manfaat untuk menghilangkan uban.

Dilansir dari hkvitals.com, Minggu (7/4) bahan alami ini mengandung kafein yang dapat merangsang folikel rambut dan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Kandungan kafein dipercaya mampu membantu dalam pertumbuhan rambut yang sehat.

(brl/psa)

tags

Advertising
Advertising
STORIES