Tanpa produk mahal, ini trik tumbuhkan rambut mudah rontok pakai serum dari 1 jenis biji-bijian

Tanpa produk mahal, ini trik tumbuhkan rambut mudah rontok pakai serum dari 1 jenis biji-bijian

Brilio.net - Rambut rontok merupakan salah satu permasalahan yang umum dialami kebanyakan orang. Penyebabnya bisa karena perawatan yang salah hingga kekurangan nutrisi. Masalah kerontokan rambut kerap disepelekan karena dinilai merupakan hal yang wajar terjadi dan dialami banyak orang. Padahal, jika terjadi secara terus menerus, permasalahan rambut rontok ternyata patut diwaspadai.

Sebab, hal ini bisa jadi merupakan pertanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius dalam tubuh. Bahkan, bila dibiarkan dan tak segera ditangani, masalah rambut rontok berkepanjangan juga bisa menyebabkan kebotakan. Pada dasarnya, ada beragam penyebab rambut rontok berlebih, mulai dari faktor genetik, hormon, usia, hingga kesehatan.

Stres juga sangat dapat memengaruhi kesehatan rambut. Ketika mengalami stres, tubuh akan menghasilkan hormon stres yang dapat mempercepat siklus rambut dan menyebabkan rambut rontok. Dalam beberapa kasus, rambut yang mudah rontok tidak membutuhkan pengobatan khusus. Rambut bisa kembali tumbuh dan tebal dalam beberapa bulan, terutama jika akar masalah atau penyebab rambut rontok parah sudah teratasi.

Namun, pada beberapa kasus rambut yang rapuh dan mudah rontok mungkin memerlukan perawatan ekstra. Untuk mendapatkan perawatan yang tepat, kamu bisa berkonsultasi ke dokter kulit. Jika kerontokan rambut dianggap sudah dalam tahap memerlukan perawatan khusus, maka dokter akan merekomendasikan obat-obatan, seperti minoxidil, pengangkatan sebagian kulit kepala, terapi laser untuk menumbuhkan rambut, atau mungkin operasi transplantasi rambut.

Namun semua hal tersebut memerlukan biaya yang tak sedikit. Sebagai solusinya, kamu bisa melakukan perawatan sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar untuk menumbuhkan rambut yang mudah rontok. Seperti halnya video unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @stylistic244.

Dalam video itu, pemilik akun membagikan trik menumbuhkan rambut yang mudah rontok pakai serum dari 1 jenis biji. Biji yang digunakan adalah flaxseed. Tak hanya itu, ia juga menambahkan bahan lain yaitu aloe vera gel dan minyak kelapa.

"DIY HAIR GROWTH serum," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @stylistic244, Senin (26/6).

Trik tumbuhkan rambut yang mudah rontok pakai serum dari 1 jenis biji Berbagai sumber

foto: freepik.com

Flaxseed atau biji rami memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan rambut. Manfaat flaxseed utamanya berasal dari kandungan asam lemak omega-3 dan zat lignin. Ada pula kandungan lain seperti mangan, tembaga, vitamin B1 dan serat, fosfor, magnesium dan selenium.

Manfaat flaxseed untuk rambut berasal dari kandungan vitamin esensial di dalamnya yang akan merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat dan kuat. Kandungan omega-3 membantu untuk menghindari kulit kepala kering dan bersisik serta menutrisi rambut dan meningkatkan elastisitas rambut, yang berarti mengurangi risiko rambut patah. Juga dapat mengurangi ketombe, eksim serta kondisi kulit kepala bermasalah lain.

(brl/jad)

tags

STORIES