Tanpa pewarna rambut, ini trik kurangi sekaligus pudarkan rambut beruban pakai 1 jenis rempah dapur

Tanpa pewarna rambut, ini trik kurangi sekaligus pudarkan rambut beruban pakai 1 jenis rempah dapur

Brilio.net - Uban merupakan kondisi perubahan warna alami rambut menjadi putih keabu-abuan. Uban biasanya menjadi salah satu ciri khas sekaligus pertanda telah masuknya seseorang ke fase penuaan. Umumnya, memutihnya rambut akibat uban ini mulai muncul di usia 30 hingga 40-an.

Kemunculan uban pada dasarnya terkait dengan berkurangnya kemampuan rambut untuk menghasilkan melanin dari sel-sel melanosit. Sama seperti kulit, melanin merupakan pigmen yang bertanggung jawab memberikan warna pada rambut seiring bertambahnya usia. Nah, proses inilah yang menyebabkan rambut yang tadinya hitam berangsur memudar menjadi putih.

Kendati sebagai penanda bahwa seorang telah berusia lanjut, uban nyatanya bisa muncul lebih awal pada generasi muda. Beberapa studi menunjukkan bahwa kondisi stres dapat mempercepat munculnya uban akibat hormon kortisol yang dilepasnya bersifat merusak sel rambut. Selain itu, merokok juga dapat merusak aktivitas sel melanosit di kepala karena nikotin dan senyawa kimia berbahaya yang terkandung di dalamnya.

Kamu bisa mengatasi masalah di atas dengan hanya memanfaatkan bahan alami saja lho. Salah satunya adalah dengan menggunakan cengkeh, sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari @unmasked_glamour di Instagram pada Kamis (9/11).

pudarkan rambut beruban  Instagram

pudarkan rambut beruban
freepik.com

Cengkeh adalah rempah yang mengandung senyawa-senyawa penting seperti eugenol, beta-kariofilin, dan flavonoid. Gabungan senyawa ini memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba. Melalui sifat antioksidan yang kuat, cengkeh dapat membantu melindungi sel-sel melanosit dari kerusakan oksidatif yang menghambat proses perubahan warna rambut. Cengkeh juga membantu meningkatkan peredaran darah ke folikel rambut sehingga dapat membantu mempertahankan kesehatan rambut.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES