Tanpa perlu disemir, begini cara mengatasi rambut beruban ala rekomendasi dokter pakai 2 bahan dapur

Tanpa perlu disemir, begini cara mengatasi rambut beruban ala rekomendasi dokter pakai 2 bahan dapur

Brilio.net - Uban merupakan kondisi di mana rambut seseorang kehilangan pigmen warna dan berubah menjadi putih atau abu-abu. Biasanya rambut beruban sering dianggap sebagai proses penuaan secara alami dan bisa terjadi pada siapapun, termasuk mereka yang masih berusia 25 tahun. Kondisi tersebut biasanya disebut dengan fenomena uban prematur.

Sudah pasti timbulnya rambut beruban ini tidak terjadi begitu saja. Uban yang cepat muncul di usia muda bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor pertama adalah genetik yang mengambil peran penting dalam pembentukan uban. Jika anggota keluarga memiliki riwayat mengalami uban di usia muda, kemungkinan hal tersebut bisa diwariskan pada keturunan.

Faktor kedua yaitu stres berlebihan. Diketahui, tekanan emosional yang terjadi pada seseorang dapat memicu rambut beruban muncul lebih awal. Hal ini dikarenakan stres membuat produk hormon kortisol pada rambut meningkat. Tidak hanya itu, hormon tersebut juga menyebabkan siklus pertumbuhan rambut jadi terhambat.

Faktor yang ketiga, rambut beruban bisa terjadi karena folikel rambut yang kekurangan nutrisi, seperti vitamin B12, vitamin D, zat besi, dan asam amino. Kekurangan beberapa nutrisi tersebut bisa membuat penuaan pada rambut muncul lebih cepat dan memengaruhi kesehatan kulit kepala.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES