Tanpa minyak kemiri, ini trik menghitamkan rambut penuh uban di usia muda pakai 1 jenis rempah

Tanpa minyak kemiri, ini trik menghitamkan rambut penuh uban di usia muda pakai 1 jenis rempah

Brilio.net - Ketika memasuki fase penuaan, organ pada tubuh setiap orang sejatinya akan mengalami proses penurunan fungsi kerjanya. Nah, tanda-tanda penuaan ini sendiri bisa dilihat secara jelas pada beberapa organ tubuh. Pada kulit misalnya, wajah yang awalnya terlihat kencang dan kenyal di masa muda lama-kelamaan akan menjadi kendur seiring bertambahnya usia, sehingga tampaklah keriput dan garis halus. Sementara itu, rambut justru memunculkan apa yang dikenal banyak orang sebagai uban.

Secara ilmiah, memutihnya rambut menjadi uban ini terjadi karena hilangnya pigmen warna melanin dari folikel rambut. Hal ini terjadi karena seiring bertambahnya usia, kemampuan rambut akan semakin berkurang dalam memproduksi melanosit sebagai sel yang membentuk pigmen warna rambut. Akibatnya, warna asli rambut seseorang lama-kelamaan akan memudar dan berubah menjadi putih keabu-abuan.

Tapi tahu nggak sih, kalau uban tidak selalu muncul berkaitan dengan usia? Soalnya, beberapa faktor seperti kurangnya asupan vitamin B12 dan zat bersi, tingkat stres yang tinggi, serta kebiasaan merokok ditemukan dapat menganggu proses pembentukan melanin di rambut sehingga memicu pertumbuhan uban. Apalagi dengan banyaknya generasi muda yang mengalami faktor-faktor di atas, sehingga tidak mengherankan bila uban dapat tumbuh pada anak-anak dan remaja sekalipun.


(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES