Tanpa henna dan jintan, begini trik menghitamkan rambut uban ala rumahan dengan 1 jenis buah-buahan

Tanpa henna dan jintan, begini trik menghitamkan rambut uban ala rumahan dengan 1 jenis buah-buahan

Brilio.net - Rambut beruban adalah hal lumrah yang dialami oleh seseorang jika usianya sudah mulai menua. Uban adalah rambut yang berubah warna menjadi abu-abu kemudian putih. Rambut asli orang Indonesia pada umumnya memiliki warna hitam atau gelap karena memiliki kandungan kadar melanin yang lebih tinggi.

Saat rambut berubah menjadi putih dan menjadi uban, terjadi proses perubahan kadar melanin. Pada rambut yang berwarna putih melanin tidak lagi diproduksi, sehingga rambut baru tumbuh tanpa mendapatkan pewarnaan dari melanin. Timbulnya uban biasanya terkait dengan usia dan kemampuan tubuh untuk memproduksi melanin, sehingga biasanya uban mulai timbul pada usia 40 tahun ke atas.

Akan tetapi uban dapat muncul pada usia lebih muda karena adanya faktor genetis. Selain faktor genetis atau genetik, penyebab rambut beruban pada usia muda juga disebabkan oleh stres yang berlebihan. Hal ini lah yang membuat kebanyakan orang jadi tidak percaya diri.

Sehingga, banyak orang mencari cara untuk menghitamkan rambutnya yang beruban. Tanpa henna dan jintan, karena akun TikTok @teenarisk pada 30 Juli 2023, telah membagikan trik menghitamkan rambut uban ala rumahan dengan 1 jenis buah-buahan. Buah yang digunakan adalah tomat. Ia juga menambahkan bahan lainnya yaitu bubuk kopi dan minyak zaitun.

"Turn your gray hair DARK naturally, without the use of chemicals or dyes (Ubah uban kamu menjadi GELAP secara alami, tanpa menggunakan bahan kimia atau pewarna)," ungkapnya sebagai keterangan video unggahan yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @teenarisk, Senin (18/9).

Hitamkan rambut uban dengan 1 jenis buah-buahan Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tomat merupakan salah satu jenis buah yang penuh dengan vitamin dan mineral yang bermanfaat tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga untuk kulit dan rambut. Tomat dapat meningkatkan kualitas kulit, memperbaiki tekstur, melembapkan tubuh, menyediakan vitamin C untuk tubuh, dan membuat rambut super lembut dan halus.

Vitamin yang terkandung dalam tomat adalah stimulan yang bagus untuk rambut. Vitamin dan mineral dari tomat dipercaya dapat menyehatkan kulit kepala dan mengurangi uban. Tomat juga dapat mencegah rambut dari kerusakan oksidatif penyebab rambut beruban sekaligus membuatnya lebih kuat.

Sementara itu, kopi adalah bahan minuman yang juga dapat membantu mengatasi uban pada rambutmu. Kopi berwarna gelap, sehingga bisa bertindak sebagai noda pada rambut. Ini adalah cara cepat untuk menyembunyikan uban dan memiliki rambut cokelat atau hitam. Kandungan kafein didalamnya bahkan dapat memperbaiki penampilan dan tekstur rambut jadi lebih lembut.

Minyak zaitun selain dikenal mampu melembapkan kulit dan membuat rambut jadi lebih berkilau, ternyata juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi uban lho. Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan dan asam lemak yang dapat membantu menebalkan dan menghitamkan rambut.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES