Tanpa hair oil, trik aesthetician bikin spray lawan uban & rambut rontok ini cuma pakai 1 jenis rempah

Tanpa hair oil, trik aesthetician bikin spray lawan uban & rambut rontok ini cuma pakai 1 jenis rempah

Brilio.net - Rambut merupakan salah satu fitur penting dalam penampilan manusia. Rambut memiliki fungsi utama untuk melindungi kulit kepala dari sinar matahari, menahan suhu ekstrem untuk masuk langsung ke dalam tubuh. Tak hanya itu, rambut juga menjadi alat bagi banyak orang untuk memperlihatkan keindahan melalui berbagai gaya rambut yang bisa diubah-ubah sesuai selera.

Namun begitu, seiring bertambahnya umur, biasanya seseorang akan semakin sering mengalami masalah pada organ tubuh mereka, termasuk pada rambut. Hal ini disebabkan penuaan membuat fungsi-fungsi organ tubuh perlahan menurun dengan cepat. Nah, rambut pun akan mengalami berbagai masalah seiring bertambahnya umur, salah satunya seperti kerontokan dan uban.

Kerontokan rambut pada dasarnya merujuk pada kondisi di mana helai-helai rambut lepas dari akar atau kulit kepala di luar batas normal. Meskipun sebenarnya kehilangan beberapa helai rambut adalah sebuah proses alami regenerasi rambut, kerontokan secara berlebihan justru bisa menyebabkan banyak masalah pada kepala. Beberapa hal seperti rambut pitak, kebotakan, hingga iritasi kulit kepala dapat dipicu oleh masalah ini.

Salah satu penyebab utama kerontokan berlebih yang sering dialami banyak orang ialah kering dan lemahnya akar rambut akibat paparan sinar UV matahari dan polusi udara. Kedua hal ini dalam prosesnya dapat membuat kelembapan alami rambut menguap sehingga kulit kepala dan batang rambut menjadi kering dan rapuh. Ujungnya, helai-helai rambut yang tidak mampu mempertahankan kekuatannya akan lepas dari kulit kepala satu per satu.

Sementara itu, uban atau rambut putih menjadi salah satu tanda penuaan yang dapat dengan mudah dilihat banyak orang. Secara ilmiah, kemunculan uban pada dasarnya disebabkan hilangnya pigmen warna melanin di folikel rambut akibat berkurangnya produksi sel-sel melanosit seiring bertambahnya umur. Hal ini kemudian menyebabkan warna hitam pada rambut lama-kelamaan akan memudar dan kemudian bertukar menjadi putih keabu-abuan.

Meskipun biasanya uban baru muncul kala usia menginjak 30-40 tahunan, nyatanya uban juga ditemukan pada banyak kalangan berusia muda. Faktor genetik, kekurangan nutrisi, stres, hingga kebiasaan buruk seperti merokok telah ditemukan dapat merusak proses produksi melanin di rambut. Semua faktor ini ujungnya akan mempercepat hilangnya warna alami rambut. Akibatnya, tidak mengherankan bila uban pun bisa dilihat pada orang yang masih berusia muda sekalipun.

Bagi kamu yang ingin mengatasi kedua masalah mengganggu ini, nggak perlu bingung. Soalnya, kamu bisa mencoba memanfaatkan campuran bahan alami untuk membuat spray rambut yang bisa melawan pertumbuhan uban dan kerontokan.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES