Tanpa ditambah bawang merah, ini cara cegah munculnya uban prematur pakai serum dari 1 bubuk minuman

Tanpa ditambah bawang merah, ini cara cegah munculnya uban prematur pakai serum dari 1 bubuk minuman

Brilio.net - Perubahan warna pada rambut merupakan hal alami yang umum terjadi pada setiap orang. Lebih ketika usia sudah memasuki senja yang mana ditandai dengan munculnya uban. Namun kondisi ini juga ternyata bisa terjadi pada mereka yang masih muda lho. Kemunculan uban di usia 20 tahunan, ini disebut dengan uban prematur.

Uban prematur dipengaruhi oleh dua faktor penting, pertama yaitu kondisi tubuh yang stres. Kondisi ini dapat memicu pelepasan hormon tertentu, yang merusak folikel rambut. Akibatnya uban kehilangan melanin dalam waktu cepat.

Sedangkan faktor yang kedua berkaitan erat dengan rambut yang kekurangan nutrisi, seperti vitamin B12, dan D yang dapat memengaruhi kesehatan rambut secara menyeluruh.

Proses perubahan warna rambut (melanin) ini terjadi di dalam folikel rambut yang berada di lapisan kulit kepala. Ada dua jenis melanin yaitu eumelanin yang menghasilkan warna hitam atau cokelat, dan pheomelanin memberikan warna kuning atau merah.

Pada uban prematur, terjadi beberapa perubahan biologis di dalamnya, seperti penurunan aktivitas melanosit. Dalam fase ini melanosit menjadi kurang aktif atau mati lebih cepat dari yang seharusnya. Selain itu, adanya penumpukkan hidrogen peroksida yang terdapat di dalam tubuh dapat menghancurkan melanin. Inilah yang membuat uban lebih cepat muncul.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES