Tanpa dipotong, ini trik mengatasi ujung rambut bercabang pakai hair oil dari 4 bahan alami

Tanpa dipotong, ini trik mengatasi ujung rambut bercabang pakai hair oil dari 4 bahan alami

Brilio.net - Jika kamu memiliki rambut kering dan kusut, risiko untuk mengalami masalah rambut bercabang akan semakin besar. Rambut bercabang adalah suatu kondisi ketika rambut kamu sudah mengalami kerusakan. Rambut bercabang terjadi ketika ujung rambut menjadi kering, rapuh, dan kusam sehingga terbelah menjadi dua bagian atau lebih. Hal ini umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari, kebiasaan styling rambut, atau penggunaan produk rambut tertentu.

Maka dari itu, tak disarankan terlalu sering menggunakan alat hair styling, melakukan perawatan seperti gonta-ganti warna atau rebonding, smoothing, maupun terpapar panas matahari langsung karena memang berisiko membuat rambut jadi bercabang. Tak hanya penyebab tersebut, ternyata kondisi cuaca juga termasuk sebagai penyebab bercabang. Misalnya pada kondisi berangin membuatnya mudah kusut dan penguapannya cenderung tinggi, sehingga berakibat menjadi kering dan akhirnya bercabang.

Sebenarnya ada cara simpel untuk mengatasi rambut bercabang, yaitu dengan memotong bagian ujungnya yang terbelah dua. Tujuannya supaya bisa memicu adanya pertumbuhan baru. Tak semua orang ingin memotong rambutnya ketika sudah panjang, padahal sudah banyak bercabang. Maka dari itu, supaya hal ini tidak terjadi, sebaiknya kamu pun perlu mengetahui bagaimana cara mengatasinya bercabang tanpa dipotong.

Selain rutin menggunakan berbagai produk hair care di pasaran, kamu juga bisa kok memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada disekitarmu. Seperti video yang di-upload oleh pemilik akun TikTok @swankylexiss pada (2/10/2022). Melalui akun TikTok pribadinya tersebut, pemilik akun membagikan trik mengatasi ujung rambut bercabang pakai hair oil dari 4 bahan alami. Bahan alami yang digunakan adalah minyak alpukat, gliserin, castor oil, dan vitamin E.

"DIT HOT OIL TREATMENT FOR DRY ENDS," katanya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @swankylexiss, Jumat (19/5).

Trik mengatasi ujung rambut bercabang pakai hair oil dari 4 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Buah alpukat tidak hanya enak dikonsumsi sebagai santapan yang menyehatkan. Minyaknya juga sangat berguna untuk kesehatan kulit dan rambut. Minyak alpukat (avocado oil) memiliki sederet manfaat yang tidak terduga. Manfaat minyak alpukat berasal dari sejumlah kandungan zat penting untuk kulit, seperti asam lemak omega-3, vitamin A, D, dan E.

Manfaat minyak alpukat untuk rambut dipercaya mampu melembapkan, menutrisi, dan memperkuat rambut agar tidak mudah patah, kering, dan bercabang. Hal ini dibuktikan dalam studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Trichology yang menyebut, kandungan mineral, seperti kalium dan magnesium, dilaporkan dapat membantu menutup celah-celah sel kutikula.

Mengoleskan minyak alpukat untuk rambut juga diyakini dapat membuatnya lebih lembut, terutama saat disisir. Tak hanya itu, manfaat minyak alpukat untuk rambut dapat mencegah rambut agar tidak kusut, dan melindunginya dari kerusakan.

Begitupun dengan gliserin yang juga menyimpan banyak manfaat untuk kecantikan rambut. Mulai dari melembapkan rambut dan kulit kepala, mengurangi rasa gatal pada rambut, hingga mempercepat proses pertumbuhan rambut. Jika kamu memiliki masalah ketombe atau rambut bercabang, gliserin juga merupakan salah satu kandungan yang mampu mengatasi kedua masalah rambut tersebut.

Sementara itu, castor oil atau dikenal juga sebagai minyak biji jarak, mengandung enzim yang disebut risin. Proses pemanasan membuat risin aman digunakan dan bermanfaat untuk kecantikan. Selain itu, minyak jarak kaya akan asam risinoleat, asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menutrisi rambutmu.

Castor oil membantu menghaluskan dan menyehatkan rambut yang stres. Bahan alami ini bisa memberikan kilau pada rambut serta mengembalikan helai rambut dari yang bercabang menjadi sehat terawat.

Sedangkan vitamin E, termasuk golongan antioksidan yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan pada rambut. Selain itu, jenis vitamin ini dapat memperbaiki struktur pada rambut, dan sangat efektif untuk mencegah rambut rontok. Oleh karena itu, vitamin E yang digunakan dalam waktu yang lama pada rambut mampu mengatasi masalah rambut bercabang.

(brl/pep)

tags

STORIES