Tanpa cuka dan garam, beauty vlogger ini perlihatkan cara hilangkan kutu rambut gunakan 1 bahan rempah

Tanpa cuka dan garam, beauty vlogger ini perlihatkan cara hilangkan kutu rambut gunakan 1 bahan rempah

Brilio.net - Apakah kamu pernah mengalami kutu rambut yang bersarang di kulit kepala? Munculnya kutu rambut (Pediculus Humanus Capitis) di permukaan kulit, pastinya membuat sejumlah orang yang mengalaminya merasa tidak nyaman. Tidak hanya mengganggu penampilan kamu saja, kutu rambut dengan jumlah banyak menimbulkan rasa panas dan gatal. Hal ini membuat kamu selalu ingin menggaruk kulit kepala.

Biasanya muncul kutu rambut identik dengan kebersihan kulit kepala yang tidak terjaga dengan baik. Selain itu kutu rambut dapat menyebar melalui kontak langsung dengan seseorang yang sudah terinfeksi, misalnya melalui berbagi sikat rambut, topi, handuk, atau bantal. Orang yang tinggal atau berinteraksi secara dekat dengan orang yang terinfeksi kutu rambut, memiliki risiko lebih tinggi untuk tertular.

Agar kutu rambut ini hilang dari rambut, biasanya banyak orang yang menggunakan obat kutu dan menggunakan sisir serit. Selain cara tersebut, kamu juga bisa mengimbanginya dengan perawatan secara alami. Biasanya bahan alami yang sering digunakan masyarakat umum adalah garam dan cuka.

Cuka mengandung asam asetat yang membantu melarutkan lem pada telur kutu, sehingga mempermudah telur terangkat dari rambut. Sedangkan garam mempunyai sifat pengering yang bisa mengurangi kelembapan di kulit kepala. Sekedar informasi, kutu rambut ini biasanya hidup di lingkungan yang lembap. Dengan menggunakan garam dapat mengurangi populasi kutu rambut.

Namun kedua bahan ini tidak bisa digunakan secara rutin, lantaran bisa merusak kutikula rambut. Sebagai solusinya kamu bisa menggantikan kedua bahan tersebut dengan jahe dan air lemon. Hal inilah yang dilakukan oleh seorang beauty vlogger @smbeautylandstudio2. Dalam unggahan video di kanal YouTube-nya, ia mengkombinasikan jahe dan air lemon dengan sampo.

(brl/psa)

tags

Advertising
Advertising
STORIES